Cara Mudah Menulis Teks Laporan Hasil Percobaan

Blogdope.com – Cara mudah menulis teks laporan hasil percobaan sesuai kaidah kebahasaan yang berlaku. Faktanya kita semua tahu bahwa keterampilan menulis merupakan bentuk keterampilan berbahasa yang produktif.

Produktif di sini memiliki makna kemampuan dalam melahirkan ide atau gagasan untuk kemudian sampai kepada pembaca.

cara menulis teks laporan hasil percobaan
5 Cara Mudah Menulis Teks Laporan Hasil Percobaan

Artikel Terpopuler:

Inilah Struktur Teks Negosiasi yang Tepat beserta Contoh Telaahnya

Pahami Kaidah Kebahasaan Teks Negosiasi dan Contohnya yang Tepat

Cara Mudah Menulis Teks Laporan Hasil Percobaan

Salah satu bentuk teks sebagai tolok ukur keterampilan berbahasa yang produktif adalah teks laporan hasil percobaan.

Agar dapat memproduksi hasil tulisan yang baik dan bermutu, kita perlu mempelajari bagaimana cara yang mudah dan tepat untuk menulis teks laporan hasil percobaan.

Artikel ini akan membahas secara lengkap cara menulis teks laporan hasil percobaan dengan teknik yang mudah dan tepat.

Untuk menghasilkan tulisan berbentuk teks laporan hasil percobaan yang tepat dan bermutu, kita perlu mengetahui terlebih dahulu cara menulis teks laporan percobaan.

5 Cara Menulis Teks Laporan Percobaan

Terdapat lima cara menulis teks laporan percobaan. Adapun kelima cara menulis teks laporan percobaan tersebut yaitu:

1. Pertama, cara menulis dengan kerangka

2. Kedua, dengan menulis bebas

3. Ketiga, cara menulis buritan

4. Keempat, menulis dengan foto

5. Kelima, menulis dengan data.

Pembahasan secara lengkap mengenai 5 cara menulis teks laporan hasil percobaan dengan mudah dan tepat berikut ini.

1. Penyusunan Kerangka Teks

Teknik pertama untuk menulis teks laporan percobaan dengan tepat ialah menggunakan teknik menulis dengan kerangka.

Cara menulis teks laporan percobaan dengan menyusun kerangka teks merupakan teknik mendasar  pada pembelajaran Bahasa Indonesia mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tinggi.

Adapun inti dari teknik menulis teks laporan percobaan dengan kerangka ini ialah penggunaan kerangka teks yang kemudian dikembangkan lebih lanjut menjadi tulisan.

Faktanya, teknik ini tidaklah sulit. Tugas utama kita sebagai penulis adalah menyusun dan menulis kerangka teks terlebih dahulu.

Kerangka teks tersebut akan menjadi kunci penting untuk mengembangkan tulisan.

Namun demikian, meskipun cara menulis teks laporan percobaan dengan teknik kerangka ini terkesan mudah akan tetapi tidak cocok untuk semua orang.

2. Teknik Menulis Bebas

Menulis teks laporan percobaan dengan teknik menulis bebas secara tidak langsung banyak diterapkan oleh berbagai penulis.

Bahkan seorang JK. Rowling, penulis buku seri Harry Potter, pernah mengatakan bahwa ia hanya menulis apa-apa yang ia bisa.

Sebagaimana hakikat manusia, bahwa setiap orang itu unik dan memiliki ciri khas. Ia pasti memiliki sesuatu yang dia pasti bisa lakukan. Termasuk di dalamnya adalah kemampuan dalam hal menulis.

Cara menulis teks laporan percobaan dengan teknik menulis bebas bisa dilakukan dengan menuliskan apa saja yang muncul dalam pikiran kita secara bebas.

Kita tidak perlu memusingkan terlebih dahulu tata bahasa, gaya bahasa, ejaan, struktur, dan lain-lain. Terlalu fokus pada hal-hal tersebut justru akan membuat kita ragu untuk memulai menulis.

Tidak perlu takut salah, terus saja menulis sampai merasa cukup. Hasil tulisan akan bagus kalau sudah berwujud dan selesai.

Ada tips sederhana yang sangat bermanfaat dalam menulis bebas, yaitu lupakan hal-hal yang membuat kita ragu untuk menulis bebas dan selalu percaya pada apa yang keluar dari pikiran tanpa perlu mengkritisinya.

Kemudian kita perlu menulis dengan jumlah kata yang cukup banyak, misalkan berkisar antara 500 sampai dengan 1.000 kata.

Setelah selesai kita baca kembali. Sekiranya menurut kita perlu perbaikan, silahkan perbaiki. Setelah melalui beberapa kali perbaikan, tulisan ini akan menunjukkan wujud yang sebenarnya.

Menulis bebas merupakan cara mudah menulis teks laporan percobaan yang penting dan menguntungkan bagi siapa pun.

Cara menulis teks laporan percobaan dengan teknik menulis bebas ini secara khusus sangat mudah diterapkan oleh penulis nonlinear.

Dengan menggunakan teknik menulis bebas akan merangsang pikiran untuk memunculkan ide-ide ke permukaan untuk kemudian diwujudkan dalam tulisan.

3. Teknik Menulis Buritan

Cara menulis teks dengan teknik menulis buritan dapat digunakan apabila penulis telah memastikan topik atau bagian utamanya, atau bagian konfliknya, atau juga pesan yang ingin disampaikan dalam teks.

Caranya adalah dengan menuliskan bagian utama teks laporan percobaan terlebih dahulu, kemudian mengembangkan tulisan bagian utama tersebut menjadi satu paragraf.

Selanjutnya dari paragraf bagian utama ini kita ulas mundur untuk memperoleh cerita atau alasan mengapa bagian utama ini bisa terjadi. Dengan teknik yang demikian, proses penulisan teks laporan hasil percobaan akan mengalir.

Pemanfaatan cara menulis teks laporan percobaan dengan teknik buritan ini sangat bermanfaat untuk jenis-jenis teks yang bersifat narasi. Misalnya cerita atau yang lainnya.

Teknik menulis dengan buritan ini secara tidak langsung menepiskan pemikiran tentang kesulitan menulis. Banyak di antara penulis yang kebingungan harus mulai menulis dari mana.

Selama ini kebiasaan umum yang berlaku di kalangan penulis ialah proses penulisan teks berlangsung dengan sistematis, artinya teks di awal ke tengah kemudian sampai pada bagian akhir. Implementasi nyatanya adalah teknik menulis dengan kerangka dan menulis bebas.

Kesimpulannya dengan menggunakan cara menulis teks teknik buritan dapat menghilangkan pemikiran kesulitan menulis dari awal karena prosesnya berawal dari pembuatan inti tulisan kemudian penulis mengembangkannya ke dalam paragraf.

4. Cara Menulis dengan Teknik Foto

Teknik menulis dengan foto banyak bermanfaat untuk menuliskan berita atau kegiatan. Sebelumnya memerlukan sekumpulan foto dari sebuah kegiatan percobaan. Kaitannya dengan teks laporan hasil percobaan, foto kegiatan selama pelaksanaan percobaan mutlak menjadi syarat utama.

Foto-foto tersebut kemudian dipilih dan penulis mengurutkannya berdasarkan urutan kegiatan percobaan, waktu pengambilan, atau objek yang akan penulis ceritakan.

Kemudian pada foto-foto yang sudah urut tersebut disematkan judul dan deskripsi singkat kegiatan yang ada dalam foto.

Dari setiap deskripsi singkat tersebut kemudian berkembang menjadi tulisan yang mengalir.

Kesimpulannya, teknik menulis teks laporan hasil percobaan dengan foto memang mudah, dengan syarat penulis harus memiliki sekumpulan foto yang mendukung.

5. Menulis dengan Cara Data Sampling

Cara menulis teks dengan data merupakan cara menulis yang banyak dilakukan untuk menghasilkan tulisan ilmiah atau karya ilmiah.

Data menjadi sumber informasi terpenting yang harus ada untuk dapat menghasilkan teks dengan cara ini. Kemudian data-data tersebut diolah dengan baik.

Prasyarat utama yang harus ada pada diri penulis ialah kemampuan membaca data. Perwujudan data dapat berupa tabel atau grafik.

Teknik menulis, gaya bahasa, tata bahasa, dan lain-lain tidak perlu menjadi pertimbangan utama bagi penulis saat mulai menulis teks untuk pertama kali.

Setelah tulisan selesai, penulis kemudian melakukan revisi atau perbaikan, mengurangi kesalahan tata bahasa, dan yang lainnya sesuai dengan Panduan Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Hal Penting yang Harus Diperhatikan dalam Menulis Teks Laporan Hasil Percobaan

Dalam menulis teks laporan hasil percobaan, setidaknya terdapat dua hal yang harus menjadi titik perhatian penulis. Kedua hal penting yang harus diperhatikan dalam menulis teks laporan hasil percobaan tersebut meliputi :

1. Pertama, struktur teks laporan hasil percobaan

2. Kedua, kaidah kebahasaan teks laporan hasil percobaan.

Pada struktur teks laporan hasil percobaan, di dalamnya mencakup judul, tujuan percobaan, alat dan bahan, langkah-langkah, hasil percobaan, dan simpulannya.

Baca Juga: Pengertian Teks Laporan Hasil Percobaan Lengkap dengan Ciri, Struktur, Format, dan Contohnya.

Sedangkan pada kaidah kebahasaan teks laporan hasil percobaan misalnya memuat penggunaan istilah ilmiah, kata kerja langkah kegiatan atau metode penelitian.

Pembahasan lengkap mengenai kaidah kebahasaan teks laporan hasil percobaan terdapat pada artikel Analisis Struktur dan Kebahasaan Teks Laporan Hasil Percobaan.

Langkah-langkah Menulis Teks Laporan Hasil Percobaan

Berikut ini adalah langkah-langkah menulis teks laporan hasil percobaan yang tepat.

1. Menentukan tema kegiatan observasi

2. Tentukan tujuan observasi

3. Melakukan proses observasi

4. Menyusun kriteria aspek laporan.

5. Membatasi aspek pelaporan.

6. Mulai mendeskripsikan unsur-unsur sesuai aspeknya.

7. Melengkapi teks laporan hasil observasi dengan data dan gambar.

8. Membuat simpulan hasil observasi.

Format Teks Laporan Hasil Percobaan

Secara umum, format teks laporan hasil percobaan yang baik tersusun dalam bentuk sebagai berikut.

Nama                           : …………………..

Kelas                            : ………………….

Tujuan Percobaan     : ………………….

Hipotesis Percobaan : ………………….

Alat dan bahan          : ………………….

Prosedur                    : ………………….

Data                            : ………………….

Hasil                           : ………………….

Simpulan                   : ………………….

Demikianlah paparan lengkap mengenai cara mudah menulis teks laporan hasil percobaan yang cepat dan tepat. Semoga dapat bermanfaat.

Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: