Ciri-Ciri Penanda Persuasi dan Contohnya yang Tepat Perlu Diketahui

Blogdope.comCiri-ciri Penanda Persuasi dan Contohnya. Pembahasan terkait ciri-ciri penanda persuasi dan contohnya merupakan bagian dari materi jenis teks persuasi. Sedangkan pembelajaran materi jenis teks persuasi untuk peserta didik kelas 8 SMP semester 2.

Sebagaimana kita tahu, bahwa ciri-ciri penanda persuasi dan contohnya termasuk kategori aspek pengetahuan.

Aspek pengetahuan maksudnya adalah aspek-aspek yang terdapat pada materi pembelajaran untuk menambah wawasan peserta didik.

Pembelajaran Kurikulum 2013 mencakup perampingan materi pembelajaran tertentu, sedangkan sisi lain juga mencakup penambahan materi. Demikian pula halnya dengan pengetahuan tentang ciri-ciri penanda persuasi dan contohnya ini merupakan aspek bahasa reseptif.

Pengertian aspek bahasa reseptif merupakan kemampuan untuk memahami bahasa lisan dan tulis.

Secara umum, peserta didik yang duduk pada jenjang kelas 8 SMP semester 2 seyogyanya dapat menguasai materi tentang ciri-ciri penanda persuasi. Pengukuran capaian kompetensi pengetahuan penanda persuasi dapat melalui capaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).


Baca Juga: Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Apa dan Bagaimana Cara Menentukannya?

Selengkapnya pembahasan terkait ciri-ciri penanda persuasi dan contohnya yang tepat sebagai berikut.

Ciri-ciri Penanda Persuasi dan Contohnya

Tindakan persuasi dapat berarti membujuk atau meyakinkan seseorang.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2005) menjelaskan bahwa persuasi adalah bujukan atau ajakan kepada seseorang dengan cara memberikan alasan dan prospek yang meyakinkan.

Keraf (2007:118) memberikan pengertian persuasi adalah suatu seni verbal yang bertujuan meyakinkan seseorang agar melakukan sesuatu yang dikehendakipembicara pada waktu itu  atau pada waktu yang akan datang.

Adapun tujuan akhir persuasi adalah agar pembaca melakukan sesuatu. Sementara itu, tindakan persuasi dapat tergolong pula dalam cara-cara untuk “mengambil keputusan”.

Mereka yang menerima persuasi harus mendapatkan keyakinan, bahwa keputusannya merupakan keputusan yang benar dan bijaksana serta suka rela tanpa paksaan.

ciri-ciri penanda persuasi dan contohnya

Ciri-Ciri Penanda Persuasi

Teks persuasi memiliki ciri-ciri penanda yang khas dan membedakannya dari jenis teks yang lain.

Adapun ciri-ciri penanda persuasi yang membedakannya dengan jenis teks yang lain selengkapnya sebagai berikut.

1. Motto

Kata motto memiliki makna kalimat, frasa, atau kata yang berfungsi sebagai semboyan, pedoman, atau juga prinsip.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (2005: 756) mengartikan motto sebagai suatu kalimat, frasa, atau kata yang tertera atas sesuatu yang menggambarkan sifat atau kegunaan benda itu.

2. Data atau fakta

Penanda persuasi yang kedua ialah data atau fakta. Baik data maupun fakta keduanya memiliki pengertian yang hampir sama. Keduanya dapat berarti keterangan yang benar dan nyata.

Selanjutnya, dalam penanda persuasi data atau fakta merupakan keterangan yang benar dan nyata atas sesuatu hal.

3. Keunggulan

Ciri penanda persuasi berikutnya ialah keunggulan.  Sedangkan keunggulan itu sendiri merupakan sebuah penanda persuasi yang mengangkat citra suatu produk, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Jadi, sebuah teks persuasi harus bisa menunjukkan kelebihan produk yang ditawarkan.

4. Pengukuhan

Secara umum, pengukuhan merupakan suatu proses, cara, atau perbuatan untuk mengukuhkan suatu keyakinan atau kepercayaan terhadap sesuatu.

Tindakan pengukuhan merupakan salah satu ciri-ciri penanda persuasi yang mengarahkan orang lain untuk ikut meyakini apa yang sedang dilakukan.

Nah, agar lebih memahami materi penanda ciri-ciri penanda persuasi dan contohnya, berikut disajikan contoh teks persuasi yang tepat.

ciri-ciri penanda persuasi dan contohnya

Baca Juga:

Contoh Teks Persuasi yang Tepat

Berikut ini adalah contoh teks persuasi yang tepat.

Gerakan Hidup Sehat Untuk Angka Harapan Hidup Tinggi

Hidup sehat diperlukan bagi semua orang dan dapat diterapkan dalam setiap waktu.

Dengan melakukan hidup sehat setiap hari, maka Anda akan dapat meningkatkan angka harapan hidup Anda. Bahkan hidup sehat itu juga mudah dan murah.

Jadi Anda tidak perlu untuk melakukan ke Gym setiap hari untuk berolahraga.

Berolahraga justru dapat Anda lakukan dimana saja dan kapanpun itu.

Misalkan saja, Anda bisa saja jogging berkeliling rumah atau kompleks dan Anda juga bisa melakukan skipping di halaman rumah Anda.

Hidup sehat itu juga termasuk ke dalam mengkonsumsi makanan yang sehat.

Makanan yang sehat ini tidak harus selalu makanan yang mahal. Bahkan mengkonsumsi makanan yang sehat itu justru murah dan mudah. Contohnya adalah dengan memakan sayur-sayuran.

Hampir seluruh harga sayur itu termasuk murah dibandingkan dengan harga daging.

Selain itu, kurangi makan-makanan yang mengandung zat kimia tidak alami, seperti micin, pewarna makanan sintetis, dan pengawet makanan.

Zat kimia yang tidak alami tersebut akan berdampak buruk bagi tubuh, terutama ginjal.

Hal itu disebabkan oleh zat kimia sintetis bersifat racun di dalam tubuh, sehingga tubuh pasti akan berusaha keras untuk menyaring dan membuang zat tersebut.

Hanya saja bila jumlah zat kimia sintetis yang ada di dalam tubuh seseorang itu terlalu banyak, maka tubuh sudah tidak akan mampu lagi untuk melakukan penyaring. Akibatnya adalah orang tersebut pasti akan mudah sakit.

Memakai Masker

Selain itu, pakailah masker ketika sedang berkendara. Ini adalah salah satu cara yang digunakan untuk merawat paru-paru Anda sejak dini.

Dengan menggunakan masker setiap hari saat berkendara keluar, maka akan dapat membantu tubuh dalam menyaring partikel kecil yang dapat melukai paru-paru Anda.

Hal lain yang paling penting adalah merokok pada tempatnya. Merokok di sembarangan tempat akan membuat orang lain yang tidak merokok jadi terkena imbasnya.

Ingatlah untuk selalu menjaga diri dari tindakan merugikan orang lain dengan jalan merokok pada tempat khusus perokok.

Sebisa mungkin juga untuk mengurangi intensitas dari merokok itu sendiri bagi perokok yang sangat aktif.

Seiring dengan berjalannya waktu, maka tubuh akan menua. Saat tubuh sudah menjadi semakin tua, sudah pasti daya tahan tubuh dan fungsi tubuh akan terus berkurang.

Jadi bagi perokok aktif, suatu saat diharuskan untuk mengurangi jumlah rokok yang dihisap.

Itu juga demi angka harapan hidup untuk diri sendiri. Dengan mengurangi intensitas merokok atau berhenti sama sekali dapat menaikkan angka harapan hidup secara signifikan.

Baca Juga:

Demikianlah pembahasan mengenai Ciri-ciri Persuasi dan Contohnya.  Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *