* Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Matematika untuk Kelas 10 11 12 SMA

Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Matematika untuk Kelas 10 11 12 SMA

Blogdope.comContoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Matematika untuk Kelas 10 11 12 SMA. Sajian contoh-contoh Tujuan Pembelajaran (ATP) Matematika untuk kelas 10 kelas 11 12 SMA ini sebagai referensi untuk guru dalam mengembangkan ATP untuk mata pelajaran Matematika SMA.

Guru dapat memodifikasi dan mengembangkan ATP Matematika SMA ini sesuai dengan kebutuhan dalam belajar dalam kurikulum merdeka.

Pengertian dan Fungsi Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dalam Kurikulum Merdeka

contoh alur tujuan pembelajaran kelas 10 11 12 sma
Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Matematika Kelas 10 11 12 SMA

Artikel Terkait : Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka yang Wajib Diketahui

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah serangkaian tujuan pembelajaran yang telah diatur secara sistematis dan logis dalam fase pencapaian belajar secara keseluruhan dari awal hingga akhir. ATP memang diatur linier dalam urutan kegiatan belajar dengan tujuan mengukur pencapaian belajar.

Alur tujuan pembelajaran (ATP) adalah pencapaian tiga aspek kompetensi, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperoleh oleh siswa dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran.

ATP diatur secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu yang merupakan prasyarat untuk keberhasilan pencapaian belajar.

Tujuan pembelajaran pada dasarnya dibuat untuk memfasilitasi guru dalam mencapai keberhasilan materi yang akan dicapai oleh guru yang lebih diarahkan untuk mengajar.

Secara umum, alur tujuan pembelajaran memiliki fungsi yang sama dengan silabus, yaitu untuk merujuk pada perencanaan pembelajaran.

Alur tujuan pembelajaran tidak hanya digunakan sebagai referensi atau panduan untuk guru, tetapi juga siswa dalam mencapai prestasi belajar di akhir fase.

Alur tujuan pembelajaran diatur sebagai panduan atau serangkaian tujuan pembelajaran untuk guru dan siswa dari awal hingga akhir setiap fase prestasi pembelajaran (CP).

Plot Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Setiap Jenjang Pendidikan

Pemerintah menetapkan pencapaian pembelajaran dari kurikulum independen secara fase, yaitu fase A untuk level kelas 1 dan kelas 2, fase B untuk level kelas 3 dan 4, fase C untuk kelas 5 dan 6, fase D untuk kelas 7 dan 8, fase E untuk Kelas 9 dan 10, serta Fase F untuk Kelas 11 dan 12.

Baca : Perencanaan Pembelajaran dan Asesmen dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Plot ini adalah panduan bagi guru dan siswa untuk melakukan prestasi belajar di akhir fase. Tujuan pembelajaran diatur secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.

Ketika guru menyusun alur tujuan pembelajaran, guru memiliki hak untuk mengatur aliran pembelajaran masing -masing yang terdiri dari serangkaian tujuan pembelajaran.

Namun, guru masih perlu memperhatikan beberapa set plot yang telah digunakan oleh pemerintah sebagai contoh pengembangan kurikulum yang siap digunakan.

Kriteria Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Matematika Kelas 10 11 12 SMA

Dalam mengembangkan kurikulum operasional satuan Pendidikan (KOSP), setiap satuan pendidikan akan membuat dokumen rencana pembelajaran dalam bentuk alur tujuan pembelajaran dan modul pengajaran.

Pemerintah Pusat telah menetapkan prestasi belajar yang dapat dikembangkan menjadi tujuan pembelajaran dan modul pengajaran oleh masing -masing sekolah.

Prestasi pembelajaran yang ditetapkan oleh pemerintah adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa setiap pengembangan untuk setiap mata pelajaran di sekolah.

Ada beberapa kriteria untuk menentukan tujuan pembelajaran sebagai berikut.

1. Jelaskan urutan pengembangan kompetensi yang harus dicapai oleh siswa.

2. Setiap fase dalam alur tujuan pembelajaran menggambarkan ruang lingkup dan tahap pembelajaran linier dari awal fase hingga akhir fase.

3. Alur tujuan pembelajaran yang dibuat untuk semua fase menggambarkan ruang lingkup dan tahap pembelajaran di mana ada tahap pengembangan kompetensi antara fase dan level.

cara menyusun alur tujuan pembelajaran
Cara Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Cara Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran Mapel Matematika Kelas 10 11 12 SMA

Alur tujuan pembelajaran akan membentuk tujuan pembelajaran dari awal fase hingga akhir fase pencapaian pembelajaran.

Guru dapat menetapkan tujuan pembelajaran kronologis dalam urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.

Guru juga dapat mengumpulkan aliran belajar satu sama lain yang berisi serangkaian tujuan pembelajaran.

Pemerintah akan membantu memberikan serangkaian tujuan pembelajaran. Set ini akan digunakan sebagai contoh pengembangan kurikulum dari setiap unit pendidikan dan pedoman untuk menyusun perangkat pengajaran.

Baca : Bagaimana Cara Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kurikulum Merdeka?

Aspek Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Matematika SMA Kelas 10 11 12

Berdasarkan komponen operasional dari tujuan pembelajaran, ada 3 (tiga) aspek dalam alur tujuan pembelajaran, yaitu kompetensi, konten, dan variasi.

1. Kompetensi

Pengertian kompetensi adalah kemampuan yang dimiliki dan dapat ditunjukkan atau diaktualisasikan oleh siswa dalam bentuk produk dan kinerja, baik abstrak atau konkret.

Jadi, kompetensi ini menunjukkan bahwa siswa telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran. Keberhasilan dalam memiliki kompetensi ini dapat dilihat setelah siswa berpartisipasi dalam serangkaian kegiatan belajar di kelas.

Saat menentukan kompetensi dalam alur tujuan pembelajaran, guru dapat menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati sesuai dengan taksonomi mekar yang direvisi.

Misalnya, siswa dapat memberikan solusi untuk mengatasi perubahan lingkungan karena faktor manusia.

2. Konten

Konten adalah konten atau materi sains inti dan konsep utama yang dapat diperoleh oleh siswa melalui pemahaman selama proses pembelajaran di akhir 1 (satu) unit pembelajaran.

Guru dapat menentukan pengetahuan apa atau konsep utama yang harus dipahami siswa di akhir satu unit pembelajaran.

Selain itu, guru juga dapat merumuskan pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa setelah berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran unit. Contoh konten adalah perubahan alami yang terjadi pada permukaan bumi karena faktor manusia.

3. Variasi

Alur tujuan pembelajaran juga perlu memenuhi aspek variasi, yaitu beberapa keterampilan berpikir siswa yang harus dikuasai untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Variasi dalam keterampilan berpikir ini, seperti pemikiran kritis, kreatif, dan pemikiran tingkat tinggi, seperti analisis evaluasi, prediksi, penciptaan, dan lainnya.

Guru dapat menentukan variasi keterampilan berpikir siswa yang harus dikuasai. Salah satu penggantiannya adalah menggunakan pertanyaan HOTS.

Sebagai contoh, siswa dapat menganalisis hubungan manusia dengan perubahan alami di permukaan bumi dan kemudian membuat kesimpulan dari faktor utama.

Dalam hal ini, siswa diharuskan memiliki variasi pemikiran untuk mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, dan membuat kesimpulan materi.

Contoh ATP Matematika Kelas 10 11 12 SMA

Sajian contoh ATP Matematika tingkat sekolah menengah ini untuk memberikan gambaran tentang bentuk alur tujuan pembelajaran Matematika sekolah menengah berdasarkan pada prestasi pembelajaran yang ditetapkan.

Adapun contoh Tujuan Pembelajaran (ATP) Matematika untuk Kelas 10 11 12 SMA lebih banyak dapat dibaca dan diunduh di tautan berikut.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Matematika – DOWNLOAD

Link Download Contoh ATP Semua Mata Pelajaran Jenjang SMA

Contoh ATP sekolah menengah untuk mata pelajaran lain juga dapat diunduh di tautan di bawah ini.

1. [DOWNLOAD] Contoh ATP SMA mata pelajaran Biologi
2. [DOWNLOAD] Contoh ATP SMA mata pelajaran Ekonomi
3. [DOWNLOAD] Contoh ATP SMA mata pelajaran Informatika
4. [DOWNLOAD] Contoh ATP SMA mata pelajaran Fisika
5. [DOWNLOAD] Contoh ATP SMA mata pelajaran Geografi
6. [DOWNLOAD] Contoh ATP SMA mata pelajaran Kimia
7. [DOWNLOAD] Contoh ATP SMA mata pelajaran Bahasa Arab
8. [DOWNLOAD] Contoh ATP SMA mata pelajaran Bahasa Indonesia
9. [DOWNLOAD] Contoh ATP SMA mata pelajaran Bahasa Inggris
10. [DOWNLOAD] Contoh ATP SMA mata pelajaran Bahasa Jepang
11. [DOWNLOAD] Contoh ATP SMA mata pelajaran Bahasa Jerman
12. [DOWNLOAD] Contoh ATP SMA mata pelajaran Bahasa Korea
13. [DOWNLOAD] Contoh ATP SMA mata pelajaran Bahasa Mandarin
14. [DOWNLOAD] Contoh ATP SMA mata pelajaran Bahasa Perancis
15. [DOWNLOAD] Contoh ATP SMA mata pelajaran PJOK
16. [DOWNLOAD] Contoh ATP SMA mata pelajaran PPKn
17. [DOWNLOAD] Contoh ATP SMA mata pelajaran Sejarah
18. [DOWNLOAD] Contoh ATP SMA mata pelajaran Seni Musik
19. [DOWNLOAD] Contoh ATP SMA mata pelajaran Seni Rupa
20. [DOWNLOAD] Contoh ATP SMA mata pelajaran Seni Tari
21. [DOWNLOAD] Contoh ATP SMA mata pelajaran Seni Teater
22. [DOWNLOAD] Contoh ATP SMA mata pelajaran Sosiologi
23. [DOWNLOAD] Contoh ATP SMA mata pelajaran Antropologi
24. [DOWNLOAD] Contoh ATP SMA mata pelajaran Pendidikan Agama Islam

Artikel Penting Lainnya:

Demikianlah sajian contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) mata pelajaran Matematika kelas 10 11 12 SMA yang dapat admin sajikan pada kesempatan kali ini.

Akhirnya admin berharap semoga dapat menambah rujukan untuk Anda semua. Terima kasih sudah berkenan berkunjung.

Leave a Reply

%d bloggers like this: