Contoh Teks Eksplanasi Peristiwa Sosial yang Tepat

Contoh Teks Eksplanasi Peristiwa Sosial

Blogdope.com – Contoh teks eksplanasi merupakan salah satu jenis teks yang wajib dikuasai peserta didik kelas VIII semester 1. Jenis teks ini tergolong teks nonfiksi yang berdasarkan fakta. Pada postingan berikut disajikan contoh teks eksplanasi peristiwa sosial yang tepat.

Agar dapat mengenali teks eksplanasi dengan baik, pada kesempatan kali ini akan disajikan mengenai contoh teks eksplanasi berkaitan dengan peristiwa sosial.

Contoh teks eksplanasi kali ini akan disajikan eksplanasi yang berkaitan dengan terjadinya peristiwa sosial.

Peristiwa sosial merupakan peristiwa-peristiwa yang terjadi di dalam definisi masyarakat dan dapat diamati serta dikaji dalam ilmu sosial.

Fenomena sosial terjadi akibat banyak ragam yang terdapat di lingkungan sosial, khususnya perkotaan, yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda.

Pengertian fenomena sosial adalah gejala-gejala atau peristiwa yang terjadi dan diamati dalam kehidupan sosial. Fenomena sosial dapat diartikan sebagai gejala sosial. Fenomena sosial dapat terjadi dipengaruhi oleh beberapa bentuk perubahan sosial.

Contoh Teks Eksplanasi Peristiwa Sosial

Macam-macam peritiwa sosial antara lain kemiskinan, kelaparan, mudik, kepadatan penduduk, kriminal, kenakalan remaja, dll.

Faktor Penyebab Terjadinya Peristiwa Sosial

Adapun faktor-faktor penyebab terjadinya fenomena sosial:

Faktor kultural, Faktor kultural faktor yang mengandung nilai sosial yang tumbuh dan berkembang dalam lingkungan masyarakat.

Faktor struktural, Faktor struktural merupakan faktor yang mempengaruhi struktur masyarakat yang tersusun oleh suatu pola tertentu.

Contoh Teks Ekplanasi Peristiwa Sosial

Jenis Peristiwa Sosial

Berikut ini merupakan jenis-jenis fenomena sosial yang ada di dalam kehidupan masyarakat, antara lain sebagai berikut;

Ekonomi, Fenomena ekonomi terjadi dalam bentuk fenomena kepadatan penduduk, banyaknya beragam jenis pengangguran, dan kemiskinan.

Budaya, Fenomena dalam definisi budaya merupakan fenomena yang terjadi akibat pertentangan antara dua budaya yang saling bertabrakan.

Lingkungan alam, Fenomena lingkungan yang berkaitan dengan sosial adalah berupa bencana alam maupun penyakit.

Psikologis, Fenomena psikologis yang biasa terjadi dalam masyarakat adalah berupa gangguan jiwa sebagai akibat dari kegagalan dari jenis interaksi sosial dalam masyarakat.

Baca Juga:

  • Jenis-Jenis Teks Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs
  • Contoh Teks Eksplanasi Terjadinya Peristiwa Alam yang Tepat
  • Cara Menulis Teks Eksplanasi dengan Teknik yang Mudah dan Cepat
  • Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tentang Perubahan Budaya

Contoh Teks Eksplanasi Berkaitan dengan Peristiwa Sosial

KEMISKINAN
Pernyataan Umum

Kemiskinan adalah suatu keadaan masyarakat di mana penghasilannya terlalu rendah sehingga kebutuhan pokok sehari-harinya tidak dapat terpenuhi. Kebutuhan pokok yang dimaksud meliputi makan dan minum, pendidikan, dan tempat tinggal.

Pada umumnya, masyarakat miskin tinggal di tempat-tempat seperti kolong jembatan, gubuk atau pinggiran sungai. Tidak jarang juga masyarakat miskin membangun rumah sendiri di atas tanah milik negara.

Kemiskinan terdapat di seluruh penjuru dunia, terlebih lagi di negara-negara berkembang seperti Indonesia.

Urutan Sebab-Akibat

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kemiskinan, di antaranya adalah keterbatasan pemenuhan kebutuhan sehari-hari dan perlengkapan pendidikan.

Di samping itu, musibah, perbudakan, bangkrut dan struktur sosial juga ikut menjadi faktor penyebab kemiskinan.

Perilaku menjadi dominasi serta struktur sosial yang tidak seimbang juga dapat menjadi penyebabnya.

Selain itu, gengsi, perilaku konsumtif dan pengeluaran uang yang tidak sesuai dengan pemasukan juga termasuk di dalamnya.

Faktor struktur sosial cenderung mengarah kepada masalah turun temurun dari keluarga. Sedangkan mementingkan keinginan dibanding kebutuhan merupakan akar dari perilaku gengsi.

Sebetulnya sudah banyak upaya yang dilakukan pemerintah dan masyarakat untuk mengatasi masalah kemiskinan.

Seperti menaikkan upah minimum kerja, pendidikan gratis, tempat tinggal dengan harga terjangkau, dan memperluas lapangan pekerjaan.

Yang pasti, usaha-usaha tersebut harus selalu didukung dengan perilaku yang menghindari gengsi, tidak menghambur-hamburkan uang, menabung dan juga membantu orang sekitar.

Dengan begitu, kerjasama antara pemerintah dan masyarakat dapat mengatasi kemiskinan.

Interpretasi

Apabila kita mau menerima dan bersyukur atas yang sudah dimiliki, seharusnya tidak ada kemiskinan di Indonesia. Sifat-sifat buruk yang sudah disebutkan di atas harus dihilangkan.

Pemerintah dan masyarakat juga sama-sama berperan penting dalam menghilangkan masalah kemiskinan di Indonesia.

Untuk memperluas wawasan, contoh teks ekplanasi peristiwa sosial dapat diunduh pada link di bawah ini.

Contoh teks eksplanasi peristiwa sosial (UNDUH) di sini.

Demikian sajian artikel contoh teks eksplanasi berkaitan dengan peristiwa sosial. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *