Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tentang Perubahan Budaya

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Perubahan Budaya

contoh teks eksplanasiBlogdope.com – Contoh teks eksplanasi tentang perubahan budaya menjadi salah satu rujukan pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VIII semester 1.

Pada paparan berikut akan disajikan contoh teks eksplanasi budaya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, teks eksplanasi merupakan jenis teks nonfiksi yang penyusunannya berdasarkan fakta.

Teks eksplanasi menjadi tagihan wajib pembelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa kelas VIII SMP.

Berikut disajikan contoh teks eksplanasi tentang perubahan budaya.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tentang Perubahan Budaya

Pengertian perubahan budaya di sini ialah bentuk-bentuk perubahan yang terjadi pada nilai-nilai budaya, kebiasaan, dan norma yang berlaku di tengah masyarakat.

Contoh perubahan budaya yang terjadi di tengah masyarakat misalnya pandangan terkait harkat wanita yang dulunya dianggap lebih rendah daripada laki-laki.

Zaman dulu derajat, harkat, dan martabat wanita dipandang tidak setara dengan laki-laki. Pandangan semacam ini sudah menjadi budaya umum tidak hanya pada masyarakat Jawa, melainkan juga pada masyarakat etnis lain.

Hak wanita terkait pendidikan pun setali tiga uang.

Wanita dianggap tidak berhak untuk memperoleh pendidikan di jenjang yang tinggi. Pendidikan tinggi hanya diperuntukkan untuk laki-laki.

Sedangkan wanita melulu hanya berurusan dengan tanggung jawab rumah tangga.

Sebaliknya pada zaman sekarang, wanita bebas menempuh pendidikan hingga setinggi mungkin. Bahkan tidak jarang ditemukan wanita yang juga bekerja pada bidang yang identik dengan laki-laki.

Perubahan Budaya

Budaya tidak selalu identik dengan hal-hal yang bersifat tradisional, seperti: pakaian, bahasa, kesenian, makanan khas, dan lainnya.

Tetapi seringkali saat kita mendengar kata “budaya” maka yang terlintas di pikiran adalah simbol budaya dari suatu daerah atau negara, seperti: pakaian, bahasa, makanan, bentuk bangunan, adat istiadat, tari-tarian, musik, dan sebagainya.

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang yang dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Oleh karena itu antara satu daerah dengan daerah yang lain mempunyai budaya yang berbeda. Budaya yang ada pada suatu daerah juga dipengaruhi oleh masa lampau dan kini.

Hasil budaya dikelompokkan menjadi 3 jenis, yaitu kepercayaan, pengetahuan, dan estetika. Ketiga hal ini saling berpengaruh satu sama lain yang menghasilkan produk budaya seperti hukum, bahasa, adat istiadat, teknologi, pakaian, makanan, tempat tinggal, dan lainnya.

Faktor Perubahan Budaya

Budaya selalu berkembang dan berubah seiring berjalannya zaman. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

Karena kita sebagai manusia berhubungan satu dengan yang lainnya secara langsung maupun tidak langsung antar daerah atau wilayah. Saat ini, perkembangan teknologi dapat dengan mudah saling mempengaruhi antara satu budaya dengan budaya lain.

Manusia selalu berkembang sehingga menghasilkan terjadinya perubahan cara hidup, kebutuhan hidup, dan sebagainya sehingga memberikan pengaruh pada perubahan budaya.

Terjadinya perubahan lingkungan yang lumayan ekstrim.

Oleh karena itu, perubahan budaya akan selalu terjadi, dan wacana mengenai pelestarian budaya hanya akan berbentuk wacana yang simbolis saja karena manusia sudah pasti tidak bisa hidup dengan menggunakan cara hidup yang lama.

Tetapi perlu kita perhatikan bahwa budaya lama tetap akan menjadi acuan untuk melahirkan budaya baru, sehingga dapat dikatakan bahwa budaya baru merupakan hasil modifikasi budaya lama.

Tidak selamanya perubahan budaya berarti buruk walaupun ada beberapa hal dari budaya lama yang punah atau hilang dan hal ini sangat disayangkan.

Menjadi sebuah ironi bahwa di satu sisi hilangnya budaya lama sangat disayangkan, tetapi di sisi lain manusia tidak sanggup untuk berada di satu titik saja.

Baca Juga:  Penjelasan Ragam Penokohan dalam Cerpen

Berikut disajikan contoh lain teks eksplanasi budaya tentang perubahan budaya.

Contoh Lain Teks Eksplanasi Budaya tentang Perubahan Budaya

Penyebab Lunturnya Budaya Indonesia

Budaya di Indonesia terasa semakin hari semakin luntur karena kurangnya kesadaran masyarakat, kurangnya pembelajaran budaya, dan kurangnya komunikasi budaya.

Hal tersebut terbilang turun drastis karena kebanyakan dari kita memilih budaya asing yang lebih praktis dan sesuai dengan perkembangan zaman.

Kita sering beranggapan bahwa budaya asing lebih praktis dan keren. Padahal hal itu belum tentu benar. Banyak budaya luar yang dianggap keren tetapi tidak sesuai dengan jati diri dan budaya bangsa Indonesia.

Akibatnya, kebudayaan kita tidak lagi diurus dan perlahan-lahan semakin menghilang atau pun diklaim oleh Negara lain.

Kemampuan Berkomunikasi

Oleh karena itu, kemampuan berkomunikasi sangatlah penting agar tidak terjadi pemahaman yang salah tentang budaya yang dianut. Kurangnya komunikasi juga dapat menyebabkan pertikaian antar suku yang berdampak pada persatuan dan kesatuan.

Selain itu, kita juga harus memperhatikan komunikasi antar masyarakat dengan saling mengenalkan budaya satu sama lain dan ke generasi penerus bangsa dengan tujuan agar budaya asli tetap hidup.

Kurangnya pembelajaran budaya mengakibatkan budaya kita sedikit demi sedikit menghilang. Mempelajari budaya sejak usia dini sangat baik oleh karena itu, saat ini sudah ada mata pelajaran di sekolah yang membahas tentang budaya.

Namun sayangnya, banyak orang tua ataupun siswa sekolah yang tidak menganggap penting untuk mempelajari materi budaya.

Padahal dengan mempelajari budaya, sebagai masyarakat Indonesia kita dapat membangun budaya bangsa dan mempertahankan budaya lokal di era globalisasi seperti pada saat ini.

Baca Juga:

Baca Juga:  Pengertian Teks Tanggapan Dilengkapi Penjelasan Struktur dan Contohnya

Jika Anda berkeinginan untuk memperluas pemahaman terkait teks eksplanasi budaya tentang perubahan budaya, dapat mengunduh contoh teks eksplanasi budaya pada tautan ini.

Kiranya cukup itu dulu paparan terkait contoh teks eksplanasi budaya pada kesempatan kali ini.

Terima kasih dan semoga bermanfaaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *