Contoh Teks Eksplanasi yang Tepat Tentang Peristiwa Alam

Inilah Contoh Teks Eksplanasi yang Tepat Tentang Terjadinya Peristiwa Alam.

contoh teks eksplanasiBlogdope.comContoh teks eksplanasi dikategorikan ke dalam teks nonfiksi berdasar fakta. Materi teks eksplanasi merupakan teks wajib untuk dikuasi peserta didik kelas VIII SMP.

Pada artikel ini akan disajikan beragam contoh teks eksplanasi yang tepat dengan tema yang bervariasi.

Pada contoh teks eksplanasi yang disajikan di bawah, erat kaitannya dengan peristiwa alam.

Fenoma atau peristiwa alam merupakan suatu kejadian yang penyebab utamanya adalah karena faktor alam.

Akibat yang terjadi oleh karena faktor alam tersebut cenderung mengandung banyak sisi negatif bagi manusia dan makhluk lainnya.

Dilatarbelakangi oleh hal tersebut, maka sebuah peristiwa alam seringkali dimaknai sebagai bencana alam, meskipun sebenarnya tidak tepat seperti itu.

Sedangkan bencana alam itu sendiri merupakan suatu peristiwa yang dapat mengganggu dan mengancam kelangsungan hidup dan kehidupan masyarakat.

Tidak jarang pula terjadinya bencana alam menimbulkan korban jiwa baik manusia maupun hewan, kerusakan lingkungan hidup, timbulnya kerugian harta benda, dan efek yang berbahaya dalam jangka panjang berupa trauma psikologis.

Fenomena atau peristiwa alam yang seringkali terjadi banyak macamnya. Diantaranya adalah hujan, gunung meletus, pelangi, gempa bumyi, banjir, tanah longsor, kebakaran hutan, tsunami, kekeringan, dan sebagainya.

Contoh Teks Eksplanasi Peristiwa Alam

Terjadinya Pelangi

Pelangi terbentuk karena adanya pembiasan sinar matahari (cahaya) yang dibelokkan berpindah tempat ke arah lain dari perjalanan satu medium ke medium lainnya oleh tetesan air yang ada di atmosfer. Sinar matahari melewati tetasan air.

Bagaimana proses terbentuknya pelangi? Berikut ini tahapannya.

Pembelokkan Cahaya (Pembiasan)

Pelangi akan terjadi apabila cahaya mengalami pembiasan ketika cahaya matahari terkena air hujan. Pelangi hanya dapat dilihat pada saat hujan dan disertai cahaya matahari.

Bahkan posisi pengamat juga menentukan yaitu diantara hujan dan sinar matahari lalu sinar matahari ada di belakang pengamat sehingga akan terjadi garis lurus antara matahari, pengamat, dan busur pelangi dan akan terbentuk lah menjadi pelangi dari hasil proses pembiasan tadi.

Pembiasan Sinar Matahari

Pelangi terbentuk karena adanya pembiasan sinar matahari (cahaya) yang dibelokkan berpindah tempat ke arah lain dari perjalanan satu medium ke medium lainnya oleh tetesan air yang ada di atmosfer.

Sinar matahari melewati tetasan air. Ketika cahaya matahari melewati tetesan air maka cahaya tersebut akan dibengkokkan sehingga akan membuat warna-warna tersebut berpisah dengan warna lainnya.

Pembelokkan Cahaya

Setiap warna-warna pelangi akan dibelokkan pada sudut yang berbeda sehingga akan memberikan warna yang indah pada pelangi.

Terbentuklah warna pelangi. Warna yang akan pertama di belokkan adalah warna ungu, sedangkan warna terakhir yang akan di belokkan adalah warna merah.

Serta akan menyusul warna pelangi lainnya yaitu jingga, kuning, hijau, biru, dan nila maka kita akan melihat warna pelangi secara utuh yang disebabkan oleh geometri optik dalam proses penguraian warna.

Bagaimana warna-warna pelangi bisa terbentuk?

Prosesnya berawal dari cahaya matahari karena cahaya matahari memiliki beberapa warna yang memiliki peran penting dalam pembentukan pelangi. Cahaya matahari tersebut dinamakan polikromatik.

Cahaya yang akan ditangkap oleh kasat mata manusia ada 7 warna yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu yang akan muncul pada langit yang disebut dengan cahaya tampak.

Menurut ilmu fisika cahaya tampak merupakan gelombang elektromagnetik yang terjadi akibat adanya medan magnet dan medan listrik. Cahaya tampak memiliki panjang yang berbeda-beda dimulai dari 4000 A sampai 7000 A dan tampak cahaya juga memiliki frekuensi 4,3 x 1014 Hz.

Mengapa Urutan Warna Pelangi Selalu Sama?

Nah yang sekarang menjadi pertanyaan adalah mengapa warna merah dan ungu selalu ada di atas dan di bawah warna pelangi lainnya?

Hal ini disebabkan karena cahaya warna merah merupakan bagian dari spektrum cahaya tampak yang memiliki frekuensi paling rendah.

Atau memiliki panjang gelombang paling panjang bila dibandingkan dengan cahaya tampak yang lainnya dan cahaya ungu memiliki frekuensi paling tinggi serta panjang gelombang paling pendek.

Maka dari hal ini yang menyebabkan warna merah dan ungu tidak akan saling bertemu. Warna merah berada paling ujung pelangi dan warna ungu berada di paling bawah pelangi dan diantara warna merah dan ungu dikelilingi dengan warna, jingga, kuning, hijau, biru, nila sehingga warna pelangi akan menjadi sempurna.

Baca Juga:  Penjelasan Ragam Penokohan dalam Cerpen

Baca Juga:

Contoh Lain Teks Eksplanasi Peristiwa Alam

Petir

Petir, kilat, atau halilintar adalah gejala alam. Biasanya muncul pada musim hujan saat langit memunculkan kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan. Beberapa saat kemudian disusul dengan suara menggelegar yang disebut guruh.

Perbedaan waktu kemunculan ini disebabkan adanya perbedaan antara kecepatan suara dan kecepatan cahaya.

Petir terjadi karena ada perbedaan potensial antara awan dan bumi atau dengan awan lainnya. Proses terjadinya muatan pada awan karena dia bergerak terus menerus secara teratur.

Dan selama pergerakannya dia akan berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan negatif akan berkumpul pada salah satu sisi (atas atau bawah), sedangkan muatan positif berkumpul pada sisi sebaliknya.

Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka akan terjadi pembuangan muatan negatif (elektron) dari awan ke bumi atau sebaliknya untuk mencapai kesetimbangan.

Pada proses pembuangan muatan ini, media yang dilalui elektron adalah udara. Pada saat elektron mampu menembus ambang batas isolasi udara inilah terjadi ledakan suara.

Petir lebih sering terjadi pada musim hujan, karena pada keadaan tersebut udara mengandung kadar air yang lebih tinggi sehingga daya isolasinya turun dan arus lebih mudah mengalir.

Karena ada awan bermuatan negatif dan awan bermuatan positif, maka petir juga bisa terjadi antar awan yang berbeda muatan.

Baca Juga:  Materi Asking and Giving Permissions Beserta Contoh Soal
Download Contoh Teks Eksplanasi tentang Peristiwa Alam

Silahkan unduh atau download contoh teks eksplanasi tentang peristiwa alam.

Itulah paparan terkait contoh teks eksplanasi tentang peristiwa alam yang dapat disajikan pada artikel ini.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *