Contoh Teks Persuasi yang Tepat dan Perlu Diketahui

Blogdope.com Contoh Teks Persuasi yang Tepat. Pembahasan teks persuasi merupakan salah satu materi ajar untuk peserta didik kelas 8 SMP dan MTs. Untuk meningkatkan pemahaman terkait teks persuasi, guru seyogyanya melengkapi materi teks persuasi dengan contoh teks persuasi yang tepat.

Adapun materi teks persuasi termasuk ke dalam aspek pengetahuan berbahasa. Sedangkan aspek pengetahuan berbahasa itu sendiri adalah aspek yang terdapat dalam materi pembelajaran untuk menambah wawasan peserta didik.

Dari segi pengetahuan berbahasa, materi teks persuasi dan contohnya yang tepat tergolong ke dalam aspek berbahasa reseptif. Aspek berbahasa reseptif adalah kemampuan untuk memahami bahasa lisan dan tulisan.

Pengukuran penguasaan kompetensi peserta didik terhadap contoh teks persuasi yang tepat  bisa tergambar pada capaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Baca : Cara Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

contoh teks persuasi yang tepat

Ruang Lingkup Pembelajaran Bahasa Indonesia

Standar Kompetensi Dasar untuk peserta didik jenjang SMP dan MTs menjabarkan ruang lingkup pembelajaran bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra.

Keduanya masing-masing meliputi empat keterampilan berbahasa, yaitu:

  • menyimak/mendengarkan;
  • berbicara
  • membaca
  • menulis

Adapun pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya pada materi contoh teks persuasi yang tepat ini bertujuan agar peserta didik:

1. berkomunikasi dengan efektif dan efisien sesuai etika yang berlaku baik secara lisan maupun tertulis.

2. menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara;

3. memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.

4. menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual serta kematangan emosional dan sosial;

5. menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperluas budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa; dan

6. menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia (Depdiknas, 2006: 38).

Contoh Teks Persuasi yang Tepat

Pengertian Teks Persuasi

Teks persuasi merupakan bentuk teks atau karangan yang memiliki tujuan untuk membujuk atau mengajak pembaca agar mau melakukan sesuatu. Persuasi dapat berarti juga membujuk atau meyakinkan.

Pengertian teks persuasi ini juga terjabarkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2005), yang menyatakan bahwa pengertian teks persuasi adalah bujukan atau ajakan kepada seseorang dengan cara memberikan alasan dan prospek yang meyakinkan.

Sementara seorang ahli Bahasa Indonesia, Keraf (2007: 18) menyatakan bahwa pengertian teks persuasi adalah suatu seni verbal yang bertujuan meyakinkan seseorang agar melakukan sesuatu yang diinginkan pembicara pada waktu itu atau pada waktu yang akan datang.

Baca Juga:

Tujuan Teks Persuasi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa tujuan akhir sebuah teks persuasi adalah agar pembaca mau melakukan sesuatu sesuai keinginan penulis.

Oleh sebab itu, teks persuasi dapat juga tergolong dalam cara-cara untuk “pengambilan keputusan”.

Orang-orang yang menjadi objek persuasi harus memperoleh keyakinan sepenuhnya bahwa keputusannya merupakan keputusan yang benar dan bijak serta tanpa paksaan.

Seorang penulis akan berusaha dan mencoba mengubah pandangan pembaca tentang suatu permasalahan tertentu melalui teks persuasi.

Dalam teks persuasi tersebut juga tersaji fakta dan opini yang sekiranya membantu pembaca untuk mengerti lebih dalam tentang sesuatu hal.

Secara umum, teks persuasi juga bertujuan agar pembaca menerima sudut pandang penulis terhadap topik bahasan dalam tulisan secara tepat.

Terakhir harapannya agar pembaca mengadopsi cara berpikir penulis tentang topik bahasan dalam tulisan secara tepat.

Contoh Teks Persuasi yang Tepat

Contoh bentuk teks persuasi yang tepat dan seringkali digunakan dalam masyarakat diantaranya tajuk rencana, iklan-iklan advertorial, dan juga selebaran.

Pembahasan selengkapnya terkait contoh bentuk teks persuasi sebagai berikut.

1. Tajuk Rencana

Pengertian tajuk rencana adalah sebuah karangan yang menjadi pokok surat kabar, berisi fakta serta opini singkat dan menarik. Penulisan tajuk rencana bertujuan untuk menarik perhatian pembaca dan mempengaruhi pendapatnya.

Tajuk rencana merupakan salah satu contoh bentuk teks persuasi yang tepat.

Agar lebih memahami bagaimana sebuah tajuk rencana disajikan, berikut contoh teks persuasi berupa tajuk rencana surat kabat.

PEMASARAN PENDIDIKAN

Keluhan yang datang berulang kali. Orang tua mengeluhkan mahalnya biaya sekolah negeri dan swasta yang keduanya sengit dalam penarikan mereka.

Istilah pemasaran pendidikan sedang populer saat ini. Bertentangan dengan tahun lalu, keluhan pemasaran tahun ini lebih masif. Demonstrasi publik menyoroti keluhan orang tua.

Klaim pemerintah, penarikan dapat dilakukan selama mereka dikendalikan dan non-komersial, mereka dapat menjadi kontraproduktif.

Penegasan itu tidak dianggap sebagai larangan, tetapi pembenaran. Sekolah negeri dan universitas negeri tidak lebih murah daripada yang swasta.

Misalnya, biaya pendaftaran untuk siswa sekolah menengah baru di Jakarta Timur adalah IDR 7.375.000, sedangkan di sekolah menengah swasta Jakarta pusat adalah Rp 11.718.000. Meja sekolah? Luar biasa!

Kecemasan orangtua mengingatkan para pengambil keputusan. Meskipun Indonesia telah merdeka selama lebih dari 60 tahun, pendidikan tidak pernah ditangani secara serius.

Ujian mengajukan pertanyaan, buku yang belum selesai, resume, kualitas menurun dan sebagainya.

Memang, setelah reformasi dibandingkan dengan era sebelumnya, telah ada langkah maju di jalan.

Baca Juga: Ciri-ciri Penanda Persuasi dan Contohnya yang Tepat

Subsidi Pendidikan Tidak Tepat Sasaran

Sebelumnya hanya terbatas pada pentingnya pendidikan (pengembangan sumber daya manusia), sekarang alokasi 20 persen telah ditambahkan ke total anggaran nasional.

Hingga tahun ini, hanya 8 persen yang telah dicapai. Pro dan kontra masih bergolak, termasuk daya dukung direktorat Departemen Pendidikan.

Oleh karena itu, tidak perlu heran ketika Jepang mengalokasikan anggaran pendidikan 100 kali dibandingkan dengan Indonesia.

Sebaliknya, mereka harus terkejut ketika Bangladesh, negara kecil dan miskin, mengalokasikan anggaran 2,9% dari anggaran nasionalnya; sedangkan Indonesia di era yang sama hanya 1,4 persen.

Pendidikan adalah tugas masyarakat dan pemerintah. Ketika mempraktikkan pendidikan tidak lagi dominan sebagai kegiatan sosial tetapi sebagai sebuah perusahaan, hukum komersial ada sedemikian rupa sehingga harga berkembang.

Organisasi pendirian pendidikan mirip dengan perusahaan komersial. Memang, lembaga pendidikan swasta juga berkembang dari sana.

Ketika pemerintah melakukan praktik yang sama, muncul pertanyaan: mengapa publik dan swasta sama? Institusi sekolah umum juga terlibat dalam pelaksanaan berbagai pajak. Parodi pendidikan hanya menghasilkan air mata pembenaran.
………

Anggaran yang cukup bukanlah segalanya. Ketersediaan anggaran baru memenuhi salah satu dari banyak persyaratan praktik pendidikan. Namun, ketersediaan anggaran mencerminkan keseriusan perhatian, keberanian untuk memprioritaskan dan sesuatu yang tidak selesai hanya pidato yang berkepanjangan.

2. Iklan advertorial

Contoh bentuk teks persuasi yang tepat berikutnya adalah iklan-iklan advertorial. Iklan advertorial adalah sarana informasi untuk menyampaikan publik untuk mengangkat citra suatu produk dengan memberikan sosialisasi.

Berikut contoh teks persuasi berbentuk iklan advertorial.

Contoh teks persuasi iklan advertorial.

Mau baju gratis? Gampang banget tinggal like coment dan mention teman kalian di postingan kita ya

Foto Asli 100%
Isabella Tunik
Harga 91.000
Bahan : Tile polkadot ( full furing bagian badan dan tangan)
Detail :
Resleting depan
Aksen renda pada bagian dada
Terdapat karet pada bagian tangan (Wudhu friendly)
Bagian perut terdapat karet untuk penyesuai bentuk badan
Ukuran :
Lingkar Dada : 100 cm
Panjang Tunik : 110 cm
2 pilihan warna :
White
Mocca

Teks persuasi berupa iklan advertorial di atas bermaksud mengajak pembaca agar mendukung penulis. Caranya adalah dengan memberikan like ke artikel mereka. Pembaca juga diharapkan untuk mengajak teman-temannya ikut serta.

3. Selebaran

Selebaran merupakan contoh bentuk teks persuasi yang tepat berikutnya. Pengertian selebaran bermakna sebagai sebuah tulisan yang berguna untuk menyebarkan informasi tentang suatu kepentingan tertentu.

Teks persuasi berbentuk selebaran juga dapat bermakna sebagai bentuk iklan kertas yang bertujuan untuk distribusi secara luas.

Pada umumnya, selebaran terdistribusikan pada tempat-tempat umum atau dapat juga secara perorangan baik langsung maupun melalui pos.

Contoh bentuk teks persuasi berupa selebaran merupakan bentuk paling sederhana dari brosur. Perbedaan antara selebaran dan brosur terletak pada isi yang terkandung di dalamnya.

Brosur lebih menampilkan deskripsi produk sampai dengan kelebihan sebuah produk, sedangkan selebaran hanya terbatas menampilkan sesuatu yang sifatnya sementara.  Informasi yang termuat pun hanya berupa informasi secara garis besar saja.

Selebaran biasanya hanya digunakan pada waktu-waktu tertentu.  contohnya saat sedang melakukan promosi cuci gudang sebuah produk, diskon peringatan hari besar, publikasi sebuah program baru dari toko, dan sebagainya.

Intinya, selebaran bertujuan untuk menyampaikan promosi yang bersifat sementara serta harus segera tersebar kepada konsumen.

Mengingat sifatnya yang sementara dan membutuhkan waktu penyebaran yang cepat, maka biasanya selebaran terbuat menggunakan kertas dengan kualitas yang biasa.

Pada sisi inilah terdapat kelebihan selebaran jika dibandingkan dengan jenis publikasi komersial lainnya. Akan tetapi jenis media promosi ini tentu saja tidak dapat digunakan pada setiap kesempatan.

Contoh Teks Persuasi Berupa Selebaran

Perhatikan contoh teks persuasi berupa selebaran di bawah ini.

contoh teks persuasi yang tepat

Simpulan dari contoh teks persuasi berupa selebaran tersebut bahwa isi selebaran tersebut adalah mengajak orang lain untuk melakukan vaksinasi Covid-19 tidak bersamaan dengan vaksinasi jenis lainnya.

Anda dapat juga menyimak penjelasan terkait contoh teks persuasi yang tepat dari video pembelajaran berikut.


Baca Juga:

Demikian paparan mengenai Contoh Teks Persuasi yang Tepat. Terima kasih dan Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: