* Fakta Ilmiah Tumbuhan Eceng Gondok. Mulai Sekarang Jangan Remehkan!

Fakta Ilmiah Tumbuhan Eceng Gondok. Mulai Sekarang Jangan Remehkan!

Blogdope.comFakta Ilmiah Tumbuhan Eceng Gondok, Mulai Sekarang Jangan Remehkan! Tumbuhan eceng gondok seringkali diremehkan dan dipandang sebelah mata. Akan tetapi ternyata tumbuhan eceng gondok memiliki rangkaian fakta ilmiah beragam. Jadi, mulai sekarang jangan remehkan eceng gondok!

Nama latin tumbuhan eceng gondok adalah Eichhornia crassipes. Tanaman ini termasuk tumbuhan air yang bersifat invasif.

Fakta Ilmiah Tumbuhan Eceng Gondok

tumbuhan eceng gondok
Perairan yang Penuh dengan Tumbuhan Eceng Gondok Sedang Berbunga

Baca Juga : Bunga Pukul Empat, Fakta Unik Tanaman yang Hanya Mengembang pada Waktu Sore

Sifat invasif pada tumbuhan eceng gondok berdasarkan fakta bahwa ia bukanlah organisme asli dari suatu perairan. Eceng gondok juga cenderung dapat menyebar dengan sangat cepat.

Kemampuan untuk beradaptasi dan bertahan hidup di lingkungan yang baru membuat eceng gondok dapat dengan mudah kita temui di sebarang perairan.

Oleh karena itulah eceng gondok memiliki kontribusi besar dan signifikan terhadap perubahan ekologi.

Kalangan masyarakat umum menganggap eceng gondok sebagai jenis tanaman liar karena kemampuan berkembang yang sangat cepat.

Di bawah ini beragam fakta ilmiah dan unik seputar tanaman eceng gondok yang admin sarikan dari beragam sumber.

Fakta 1 – Eceng Gondok Mudah Ditanam

Eceng gondok termasuk jenis tanaman yang sangat mudah ditanam dan berkembang biak. Cukup dengan meletakkan eceng gondok di atas permukaan air. Seiring waktu, eceng gondok akan menyebar begitu saja.

Akar eceng gondok bercabang panjang dan berat, hampir menyerupai kumis hitam. Inilah yang membuat tanaman eceng gondok sangat efektif untuk membuang kotoran ikan dari dalam air.

Fakta 2 – Memiliki Kecepatan Tumbuh yang Sangat Tinggi

Kecepatan pertumbuhan yang dimiliki oleh eceng gondok termasuk sangat tinggi. Sehingga masyarakat menganggap eceng gondok sebagai sejenis gulma. Tanaman ini dipercaya dapat merusak kadar air di suatu lingkungan.

Tanaman eceng gondok dapat tumbuh dan menyebar luas sampai kepada saluran air dan badan air. Jika kandungan nutrien di dalam air tinggi, itu akan merangsang eceng gondok untuk semakin cepat tumbuh dan menyebar.

Cepatnya pertumbuhan eceng gondok harus dikendalikan. Karena jika tidak dikendalikan akan menurunkan jumlah cahaya yang masuk dalam air dan mempengaruhi kelarutan oksigen.

fakta tumbuhan eceng gondok
Eceng Gondok Memiliki Beragam Manfaat

Baca : Tak Melulu Soal Kuburan…Simak Ragam Manfaat Bunga Kamboja Bagi Kesehatan Manusia

Fakta 3 – Ternyata, Eceng Gondok Mampu Memurnikan Air

Salah satu fakta ilmiah yang telah terbukti adalah kemampuan eceng gondok untuk memurnikan air. Berdasarkan serangkaian penelitian, terdapat potensi yang besar dari tanaman eceng gondok.

Kesimpulan dari hasil studi tersebut menyatakan tanaman eceng gondok dapat dipakai untuk memurnikan air.

Kekuatan sistem akar eceng gondok yang sangat luar biasa mampu menyerap beragam jenis kotoran dari dalam air.

Dengan demikian, eceng gondok dapat merubah kualitas air dan menambah kejernihan air.

Selain itu, eceng gondok juga menurunkan produksi fitoplankton, oksigen terlarut, nitrogen, fosfor, logam berat, dan konsentrasi kontaminan lainnya.

Fakta 4 – Pertumbuhan Ganggang dalam Kolam Dikendalikan dengan Eceng Gondok

Ganggang yang tumbuh dalam kolam pertumbuhannya dapat dikendalikan dengan keberadaan eceng gondok. Sudah sejak lama ganggang disebut sebagai tanaman yang dapat menghabiskan kadar oksigen dalam kolam.

Eceng gondok yang dapat menyebar dengan cepat dan menutup permukaan kolam selanjutnya mengurangi jumlah sinar matahari yang masuk ke dalam kolam.

Sehingga ganggang mengalami kekurangan napas. Di samping itu, eceng gondok juga menyedot habis nutrisi yang dibutuhkan oleh ganggang agar dapat tumbuh.

Fakta 5 – Meningkatkan Produksi Zooplankton

Tidak semua fakta eceng gondok bernilai negatif. Ada saja fakta ilmiah yang membuktikan berharganya tanaman eceng gondok.

Misalnya kemampuan eceng gondok untuk meningkatkan produksi zooplankton di dalam perairan.

Selain peningkatan produksi zooplankton, jumlah fitoplankton juga terpengaruh oleh keberadaan eceng gondok.

Apabila kedua jenis organisme tersebut dapat tumbuh subur, dapat dipastikan jumlah populasi ikan juga turut meningkat.

Fakta 6 – Eceng Gondok Mempengaruhi Jumlah Ragam Unggas

manfaat eceng gondok
Rumpun Eceng Gondok Menjadi Sarang Beragam Unggas

Artikel Terkait: Kenali Beragam Fakta dan Manfaat Tanaman Cocor Bebek Bagi Kesehatan Tubuh

Tidak banyak orang yang tahu bahwa ternyata eceng gondok mempengaruhi jumlah dan ragam unggas di sekitarnya.

Faktanya, jumlah dan ragam unggas dapat meningkat karena keberadaan tanaman eceng gondok.

Pertumbuhan eceng gondok menciptakan habitat hidup yang ideal bagi sejumlah unggas. Beberapa jenis unggas juga akan tertarik karena luasnya daerah yang tertutup eceng gondok.

Unggas-unggas tersebut dapat mencari ikan di sela-sela tumbuhan eceng gondok. Selain itu, mereka juga dapat membuat sarang dan bereproduksi di area tersebut.

Fakta 7 – Tidak Dapat Tumbuh pada Perairan dengan Kandungan Garam Tinggi

Perairan dengan kandungan garam yang tinggi ternyata dapat membuat tumbuhan eceng gondok tidak dapat hidup dengan baik. Oleh karena itulah, kita tidak akan pernah menjumlah eceng gondok di permukaan laut.

Tidak seperti halnya perairan air tawar yang kadar garamnya rendah. Pada kondisi kadar garam rendah, eceng gondok dapat tumbuh dengan baik. Misalnya pada kolam, danau, rawa, aliran air, serta sungai.

Fakta 8 – Berbunga Satu Tahun Sekali

Tumbuhan eceng gondok hanya dapat berbunga satu kali dalam satu tahun. Oleh karena itu, jarang sekali kita menemui pemandangan eceng gondok yang tengah berbunga.

Secara umum, bunga eceng gondok berwarna ungu. Keberadaan eceng gondok yang tengah berbunga dapat menambah keindahan kolam.

Biasanya eceng gondok akan berbunga pada musim penghujan. Jika terjadi musim kemarau yang panjang, eceng gondok bahkan hanya akan berbunga sekali dalam dua tahun.

Fakta 9 – Tumbuhan Eceng Gondok dapat Didaur Ulang

Di balik segala fakta negatifnya, eceng gondok juga memiliki manfaat bagi kehidupan kita. Eceng gondok dapat didaur ulang.

Tumbuhan eceng gondok dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan tangan. Selain itu juga dapat dijadikan makanan ternak dan pupuk biogas.

Di daerah Rawa Pening Kabupaten Semarang, masyarakat sekitar danau banyak memanfaatkan eceng gondok untuk bahan kerajinan tangan. Misalnya berupa tas, hiasan kotak, tempat parcel, rak laci, lampu hias, dan sebagainya.

Hasil kerajinan tersebut bahkan sudah merambah sampai ke luar daerah, bahkan mulai menjajaki pasar luar negeri.

Fakta-fakta Menarik Lainnya:

Nah, itulah serangkaian fakta ilmiah dan menarik seputar tumbuhan eceng gondok yang dapat admin sajikan pada kesempatan kali ini.

Akhirnya admin berharap semoga artikel fakta eceng gondok di atas dapat menambah luas pengetahuan dan wawasan Anda semua.

Pastikan Anda sudah subscribe email ke blogdope.com agar tidak ketinggalan update informasi dan artikel terbaru.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply