* 7 Fakta Unik Burung Cendrawasih, si Burung dari Surga Asli Papua

7 Fakta Unik Cendrawasih, Spesies Burung Surga Asli dari Papua

Blogdope.comCendrawasih terkenal dengan julukan birds of paradise atau burung dari surga. Julukan ini diberikan merujuk pada keindahan warna bulunya yang begitu mengagumkan. Selain bulu yang indah, masih banyak lagi fakta unik cendrawasih yang dapat kita gali.

Burung cendrawasih merupakan spesies burung asli dari tanah Papua. Dalam ranah ilmu pengetahuan, burung cendrawasih tergabung dalam famili Paradisaeidae.

Mengenal 7 Fakta Unik Cendrawasih si Burung dari Surga

Artikel Menarik Lain:

Cantiknya Burung Merak dengan Warna-warni Bulu dan Segudang Fakta Unik Lainnya

Menurut cerita, penyematan julukan burung dari surga ini bermula dari para ilmuwan yang melaksanakan tugas penelitian tentang burung tersebut. Adapun tugas penelitian itu ditugaskan oleh Uskup Villadolid di Roma.

Pada tahun 1522, Antonio Pigafetta dan Magelhan kembali ke Sevilla dari perjalanan ekspedisi keliling dunia. Mereka membawa kulit cendrawasih kuning sebagai oleh-oleh Raja Bacan dari Kerajaan Maluku Utara.

Kulit cendrawasih kuning tersebut dipersembahkan untuk Raja Spanyol yang bertahta pada saat itu.

Selanjutnya, oleh Raja Spanyol kulit cendrawasih tersebut dikirim pada Uskup Villadolid untuk kemudian dipelajari secara ilmiah.

Kalangan ilmuwan dibuat terkagum-kagum dengan keindahan bulu burung cendrawasih yang berwarna kuning keemasan dan coklat. Sementara pada bagian leher, bulu cendrawasih berwarna hijau zamrud.

Seiring perkembangan zaman, masyarakat di benua Eropa berpendapat bahwa burung cendrawasih tidak pernah ditemukan di muka bumi. Burung cendrawasih diyakini hanya melayang di dekat surga atau ruang angka.

Oleh karena itu, burung cendrawasih dianggap sebagai burung dari surga.

Rangkaian Fakta Unik Cendrawasih, Spesies Burung Asli Papua

Salah satu fakta unik burung cendrawasih adalah makanannya yang berupa embun. Selain itu, karena burung ini tidak pernah berada di daratan, maka ketika kawin pun dilakukan tetap di udara.

Seekor burung cendrawasih betina akan mengerami telurnya dengan cara duduk di punggung cendrawasih jantan. Sekali lagi, karena burung cendrawasih tidak pernah berada di daratan.

fakta unik burung cendrawasih
Burung Cendrawasih, Spesies Burung dari Surga Asli Tanah Papua

Baca Juga :

Beragam Fakta Unik dan Menarik di balik Keindahan Bunga Teratai

Pada saat sudah merasakan lelah terbang, maka burung cendrawasih akan beristirahat di pepohonan. Ia akan mengaitkan bulu ekornya yang panjang ke cabang sebuah pohon.

Akan tetapi cerita tentang cendrawasih sebagai burung dari surga sebenarnya hanya rekayasa para pedagang Eropa.

Mereka banyak membawa bulu burung cendrawasih dari tanah Papua untuk kemudian dijual di Eropa dengan harga yang sangat mahal.

Selain julukan burung dari surga, burung cendrawasih masih memiliki beragam fakta unik lainnya. Berikut ulasan fakta unik cendrawasih yang admin sarikan dari berbagai sumber.

Fakta 1 – Habitat Asli Burung Cendrawasih

Populasi burung cendrawasih banyak ditemukan di sekitar wilayah Papua, Papua Nugini, dan negara Australia bagian Timur.

Faktanya, habitat hidup asli burung cendrawasih berada di kedalaman hutan hujan tropis, hutan mid-montana, dan padang rumput atau sabana terbuka.

Fakta 2 – Jenis-jenis Burung Cendrawasih

Secara ilmiah, burung cendrawasih terdiri tas 14 genus dan 43 spesies. Dari jumlah tersebut, 30 spesiesnya ditemukan di Indonesia.

Berdasarkan jenisnya, burung cendrawasih terbagi menjadi dua jenis.

7 fakta unik burung cendrawasih
Burung Cendrawasih dan Kumpulan Fakta Unik Seputarnya

Pertama, burung cendrawasih biru atau Paradisaea rudolphiKedua, burung cendrawasih merah atau Paradisaea rubra.

Simak Artikel Menarik Lainnya:

Katak, Hewan Amfibi dengan Segudang Fakta Unik dan Menakjubkan

Fakta 3 – Bobot Tubuh Burung Cendrawasih

Menurut catatan penelitian, burung cendrawasih memiliki ukuran tubuh mulai dari 15cm untuk jenis cendrawasih Raja. Sedangkan untuk burung cendrawasih paruh hitam sabit memiliki ukuran 110cm.

Adapun burung cendrawasih yang memiliki bobot tubuh terbesar adalah cendrawasih Maukod Jambul Bergulung. Jenis burung cendrawasih ini memiliki bobot sampai dengan 430 gram.

Fakta 4 – Cara Mengajak Kawin Burung Cendrawasih Sangat Unik

Cara mengajak kawin burung cendrawasih sangat unik. Fakta ini menjadi salah satu fakta unik burung cendrawasih yang tidak dimiliki oleh jenis burung yang lain.

Burung cendrawasih jantan berusaha menarik perhatian burung cendrawasih betina dengan cara memamerkan keindahan bulu-bulunya.

Selain itu, cendrawasih jantan akan melakukan tarian dan bernyanyi agar burung cendrawasih betina mau diajak kawin.

Fakta 5 – Warna Bulu Burung Cendrawasih Jantan Lebih Indah

Warna bulu burung cendrawasih berkelamin jantan ternyata lebih indah dibandingkan burung cendrawasih betina.

Bulu burung cendrawasih jantan berwarna lebih cerah dan konturnya licin.

Kita juga dapat menemukan juntaian berbentuk mirip pipa yang panjang pada burung cendrawasih jantan. Pada beberapa spesies cendrawasih yang lain memiliki bulu kepala besar atau hiasan lain yang khas.

Fakta 6 – Cara Hidup Cendrawasih

Secara alamiah, burung cendrawasih termasuk burung yang hidup soliter atau menyendiri. Burung cendrawasih hanya berkumpul ketika akan kawin.

Pasangan burung cendrawasih kemudian membangun sarang mereka dari bahan yang lembut. Misalnya daun pakis, sulur pohon anggur. Bahan-bahan tersebut kemudian diletakkan pada ranting pohon.

Baca Juga :

11 Fakta Paling Unik Seputar Banteng, Si Sapi Perkasa

Fakta 7 – Predator Burung Cendrawasih

Predator alamiah untuk burung cendrawasih adalah burung elang dan ular. Kedua jenis hewan tersebut merupakan pemangsa alami dari telur dan anak burung cendrawasih.

Telur burung cendrawasih akan menetas setelah dierami selama kurang lebih 22 hari. Selama satu bulan berikutnya, bayi burung cendrawasih tetap tinggal bersama induknya.

Setelah itu mereka akan dilepas untuk hidup di alam bebas sebagaimana burung cendrawasih yang lainnya.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Nah, demikianlah rangkaian 7 fakta unik burung cendrawasih, si burung dari surga khas tanah Papua yang perlu Anda ketahui.

Admin berharap semoga artikel fakta unik cendrawasih di atas dapat menambah luas pengetahuan dan wawasan Anda.

Pastikan Anda telah subscribe e-mail ke blogdope.com untuk tetap memperoleh update berita dan informasi yang pastinya berguna.

Terima kasih telah berkenan berkunjung, semoga bermanfaat.

Leave a Reply