* Rangkaian 7 Fakta Unik Bunga Edelweis, Bunga Lambang Keabadian

Edelweis, Bunga Lambang Keabadian dengan Serangkaian Fakta Unik dan Menarik

Blogdope.comEdelweis, Bunga Lambang Keabadian dengan Serangkaian Fakta Unik dan Menarik. Bunga Edelweis sudah sejak lama dipakai sebagai lambang keabadian. Memiliki nama latin Leontopodium alptnum, bunga edelweis banyak tumbuh di dataran tinggi dan pegunungan.

Oleh sebab itulah, bunga edelweis ini selalu menjadi daya tarik bagi para pendaki gunung. Meskipun sudah jelas ada larangan untuk memetik bunga Edelweis, tetap saja ada 1-2 orang yang mengabaikannya.

Bunga Edelweis Lambang Keabadian
Fakta Unik dan Menarik Seputar Bunga Edelweis Lambang Keabadian

Artikel Terkait: Beragam Fakta Unik dan Menarik di balik Keindahan Bunga Teratai

Edelweis, Bunga Lambang Keabadian dengan Serangkaian Fakta Unik dan Menarik

Bunga Edelweis tergolong tanaman endemik. Artinya hanya dapat tumbuh pada daerah-daerah tertentu. Umumnya, tanaman Edelweis hanya tumbuh di daerah pegunungan. Ketinggian daerah tempat tumbuhnya bunga Edelweis berkisar 1.800 sampai 3.000 meter dpl.

Ciri umum yang biasa terdapat pada bunga Edelweis adalah warna putih pada kelopak bunga. Bunga Edelweis biasa mekar pada rentang bulan April sampai bulan Agustus.

Warna dan bentuk bunga Edelweis merupakan faktor yang membuat bunga ini menjadi sangat terkenal. Selain itu, bunga Edelweis tidak dapat layu. Oleh karena itulah, Edelweis memiliki julukan bunga abadi.

Undan-undang konservasi sumber daya hayati dan ekosistem lingkungan hidup di negara kita mengamanatkan perlindungan terhadap kelestarian bunga Edelweis.

Tindakan untuk mencabut, memetik, dan membawa bunga Edelweis turun dari gunung merupakan tindakan pelanggaraan hukum yang dapat dikenai sanksi pidana.

Di bawah ini admin sampaikan beragam fakta unik dan menarik seputar bunga Edelweis yang perlu untuk Anda ketahui. Informasi ini disarikan dari berbagai sumber.

Ragam Fakta Unik dan Menarik Seputar Bunga Edelweis

Fakta Unik Edelweis 1 – Bunga Edelweis adalah Bunga Abadi
fakta unik seputar edelweis
Bunga Edelweis Tumbuhan Langka yang Dilindungi Undang-undang

Baca Juga : Cantiknya Burung Merak dengan Warna-warni Bulu dan Segudang Fakta Unik Lainnya

Pada awal pembahasan artikel ini, admin telah menyampaikan bahwa bunga Edelweis dikenal oleh dunia sebagai bunga lambang keabadian. Dengan kata lain bunga Edelweis adalah bunga abadi.

Pemberian julukan ini erat kaitannya dengan kemampuan bunga Edelweis untuk bertahan lama dan tidak menjadi layu.

Bunga Edelweis tidak mudah gugur dan rontok karena kandungan hormon etilen.

Etilen merupakan hormon khusus pada bunga Edelweis yang mampu membuat bunga Edelweis mekar sampai setidaknya 10 tahun lamanya.

Fakta Unik Edelweis 2 – Banyak Dipakai Sebagai Logo dan Simbol

Fakta unik bunga Edelweis berikutnya adalah ternyata bunga ini banyak dipakai sebagai logo dan simbol di negara-negara Eropa.

Banyaknya bunga Edelweis yang tumbuh tersebar di dataran tinggi di benua Eropa menjadi dasar penggunaan Edelweis sebagai lambang, logo, maupun simbol lembaga.

Di negara kita, Indonesia, bunga Edelweis pernah menjadi salah satu ornamen gambar pada perangko yang diterbitkan oleh PT Pos Indonesia sekira tahun 2003.

Fakta Unik Edelweis 3 – Asal Kata Edelweis

Tahukah Anda, darimana asal kata “Edelweis”? Ternyata kata “Edelweis” berasal dari bahasa Jerman. Kata “Edelweis” terdiri atas dua suku kata, yaitu “edel” yang berarti “agung dan mulia”, dan “Weis atau Weiss” yang berarti “putih”.

Satu lagi keunikan Edelweis, ternyata bunga Edelweis yang tumbuh di Indonesia berbeda dengan Edelweis yang tumbuh di Eropa.

Edelweis yang tumbuh di Indonesia bernama latin Anaphalis javanica. Sehingga lazim disebut dengan Edelweis Jawa.

Fakta Unik Edelweis 4 – Dilindungi Undang-undang
fakta unik bunga edelweis
Bunga Edelweis, Hanya Terdiri 3 Jenis di Seluruh Dunia

Artikel Menarik Lain:

Katak, Hewan Amfibi dengan Segudang Fakta Unik dan Menakjubkan

Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Hayati Ekosistem jelas mengamanatkan upaya negara untuk mencegah kepunahan bunga Edelweis.

Tindakan hukum akan diberlakukan bagi para pelanggar undang-undang. Termasuk bagi para pendaki gunung yang seringkali mengabaikan larangan memetik bunga Edelweis.

Fakta Unik Edelweis 5 – Penemuan Bunga Edelweis di Indonesia

Caspar Georg Carl Reinwardt adalah orang pertama yang menemukan keberadaan bunga Edelweis di Indonesia. Dia berprofesi sebagai seorang naturalis atau ahli ilmu alam berkebangsaan Jerman. Penemuannya terjadi sekira pada tahun 1819.

Adapun tempat penemuan bunga Edelweis pertama ini terjadi di Gunung Gede, Jawa Barat.

Fakta Unik Edelweis 6 – Mampu Hidup dan Berkembang di Tanah Tandus

Tidak banyak jenis tanaman atau tumbuhan yang mampu bertahan hidup di tanah tandus. Bunga Edelweis merupakan salah satu pengecualian.

Jenis tumbuhan ini mampu hidup dan berkembang bahkan di tanah yang tandus sekalipun.

Meskipun habitat utama bunga Edelweis berada di daerah pegunungan, tetapi ternyata Edelweis juga dapat hidup di tanah yang tandus.

Kemampuan bunga Edelweis bertahan hidup di tanah tandus disebabkan karena Edelweis mampu membentuk mikoriza.

Mikoriza inilah yang dapat memperluas cakupan penyerapan akar-akar tumbuhan Edelweis. Selain itu, mikoriza juga dapat memaksimalkan pencarian zat hara yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang.

Fakta Unik Edelweis 7 – Dapat Dipakai sebagai Obat Herbal Alami

Peradaban kuno mengenal bunga Edelweis sebagai salah satu bahan pembuat obat herbal alami. Obat-obatan herbal dari Edelweis banyak dipakai untuk mengobati beragam penyakit. Misalnya TBC, diare, difteri, dan sebagainya.

Zat antioksidan yang terkandung di dalam Edelweis bersifat sebagai anti mikroba. Sehingga mampu mencegah tumbuhnya jamur. Selain itu, Edelweis juga dapat bersifat sebagai zat anti peradangan (anti inflamasi).

Baca Juga :

Nah, itulah sederet fakta unik seputar bunga Edelweis yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahuinya, maka kita dapat turut serta menjaga kelestarian Edelweis sebagaimana yang diamanatkan oleh undang-undang.

Akhirnya, admin berharap semoga ulasan fakta unik Edelweis di atas dapat menambah luas wawasan dan pengetahuan Anda semua.

Pastikan Anda sudah subscribe email ke blogdope.com agar tidak ketinggalan update artikel terbaru.

Terima kasih.

Leave a Reply