* Cantiknya Burung Merak dengan Warna-warni Bulu dan Segudang Fakta Unik Lainnya - BlogDope.com

Cantiknya Burung Merak dengan Warna-warni Bulu dan Segudang Fakta Unik Lainnya

Blogdope.comCantiknya Burung Merak dengan Warna-warni Bulu dan Segudang Fakta Unik Lainnya. Keindahan warna bulu burung merak sudah lama menjadi pembicaraan masyarakat. Tidak hanya di tingkat lokal, bahkan dunia.

Ketika seekor burung merak tengah mengepakan sayap dan mengembangkan ekornya, siapa pun akan menjadi terpesona.

Cantiknya Burung Merak dengan Warna-warni Bulu

fakta unik burung merak
Burung Merak, Hewan Cantik nan Eksotis dengan Beragam Fakta Unik

Artikel Terkait: Beragam Fakta Unik dan Menarik di balik Keindahan Bunga Teratai

Bulu pada ekor burung merak yang panjang dan memiliki motif mata sangat cantik untuk dilihat. Belum lagi kemampuan rambut-rambut kecil pada bulu ekor yang mampu memantulkan cahaya.

Cahaya hasil pantulan rambut itu berubah menjadi sebentuk gelombang panjang dengan beberapa macam warna. Kemudian warna-warna tersebut membentuk bulatan kecil menyerupai bola mata.

Sebenarnya, tanpa rambut-rambut halus itu bulu burung merak hanyalah biasa saja. Tanpa warna.

Pada saat bulu-bulu tersebut menyatu dan kemudian mekar, munculah aneka warna yang demikian indahnya.

Selain fakta unik tersebut, burung merak masih memiliki rangkaian fakta unik lainnya.

Simak ulasan lengkap fakta unik burung merak yang admin sajikan pada postingan ini. Disarikan dari beberapa sumber.

Rangkaian Fakta Unik Seputar Burung Merak

Fakta 1 – Keindahan Bulu Merak dapat Mengelabui Musuh

Bulu burung merak tidak hanya indah dipandang saja. Ternyata, ada fakta unik di baliknya.

Keindahan bulu burung merak juga dapat digunakan untuk mengelabui musuh yang berada di dekatnya. Ketika seekor burung merak merasa terancam oleh musuhnya, dengan segera ia akan membuka lebar bulunya.

Musuh burung merak akan mengiria berhadapan dengan ratusan mata merak. Karena motif bulatan mirip bola mata yang terdapat pada bulu burung merak.

Fakta 2 – Merak Jantan Suka Pamer

Kalau menurut Anda merak betina yang suka memamerkan bulu ekornya, maka Anda 100% salah. Justru merak berjenis kelamin jantan-lah yang suka memamerkan keindahan bulu ekornya.

Merak jantan akan berlomba-lomba memamerkan keindahan bulu ekornya, terutama pada saat tiba musim kawin bagi merak. Itu dilakukan semata-mata untuk menarik perhatian lawan jenisnya.

Pada saat mekar, ekor burung merak membentuk kipas dengan serabut halus dan berwarna-warni yang indah dipandang mata.

fakta unik merak
Fakta Unik dan Menarik tentang Burung Merak Dengan Keindahan Bulunya

Baca Juga : Katak, Hewan Amfibi dengan Segudang Fakta Unik dan Menakjubkan

Fakta 3 – Merak Betina Berukuran Lebih Kecil

Fakta unik burung merak berikutnya berkaitan dengan ukuran fisik burung merak itu sendiri. Tahukah Anda, ternyata burung merak berjenis kelamin betina memiliki ukuran tubuh lebih kecil daripada merak jantan?

Selain ukuran tubuhnya lebih kecil daripada merak jantan, merak betina juga memiliki warna bulu-bulu yang lebih cokelat.

Selain itu, merak betina juga memiliki mahkota indah di kepalanya sebagaimana merak jantan.

Fakta 4 – Merak Bersaudara Dekat dengan Ayam Domestik

Secara ilmiah, burung merak dikelompokkan satu keluarga atau famili dengan ayam domestik. Baik burung merak maupun ayam domestik masuk dalam keluarga Galliformes.

Famili Galliformes terdiri atas beragam unggas penghuni tanah. Termasuk di dalamnya adalah ayam, kalkun, kuau, dan sempidan.

Kesamaan ciri yang terdapat pada famili unggas ini adalah kebiasaan mencari makan di tanah, bentuk kaki yang kuat untuk mengais, pola terbang yang terkesan berat dan jarang. Selain itu masing-masing spesies memiliki suara yang khas.

Fakta 5 – Burung Merak Hanya Terdiri 3 Jenis di Seluruh Dunia

Burung merak terdiri atas dua genus, yaitu Pavo dan Afropavo. Pada genus Pavo memiliki dua spesies, yaitu merak hijau atau Pavo musticus dan merak biru atau Pavo cristatus.

Sebaran habitat merak hijau (Pavo musticus) banyak terdapat di daratan Indochina, Semenanjung Malaya, dan kedua ujung timur Pulau Jawa. Sedangkan spesies merak biru (Pavo christatus) habitatnya hanya terdapat di daratan India.

Genus merak Afropavo hanya memiliki satu spesies, yaitu merak Kongo (Afropavo congoensis). Burung merak ini merupakan burung endemik di negara Kongo, Afrika Barat.

fakta unik tentang burung merak
Burung Merak Biru, Hanya Terdapat di India
Fakta 6 – Bentuk Primitif Burung Merak ada di Kongo

Merak Kongo merupakan burung merak jenis baru dari genus yang sama sekali berbeda. Burung merak jenis ini pertama kali dijumpai pada sekira abad ke-19.

Merak Kongo tidak memiliki ekor yang panjang. Tentu saja ini membedakannya dengan merak Asia pada umumnya. Oleh sebab itulah merak Kongo disebut sebagai burung merak dengan bentuk primitif dari masa lampau.

Baca Juga :

Nah, itulah rangkaian fakta unik burung merak yang dapat admin sajikan pada kesempatan kali ini. Semoga dapat menambah luas wawasan dan pengetahuan Anda semua.

Pastikan Anda sudah subscribe email di blogdope.com agar tidak ketinggalan update artikel-artikel terbaru lainnya.

Terima kasih.

Leave a Reply