Tidak Banyak Orang yang Tahu! Inilah 7 Fakta Unik dan Menarik tentang Kadal

Blogdope.com – Inilah 7 fakta unik dan menarik tentang kadal yang tidak banyak orang tahu. Kadal adalah hewan reptil unik dan memiliki banyak jenis. Secara fisik kadal memiliki ciri-ciri layaknya hewan reptil lainnya. Cara berjalan kadal adalah dengan merayap.

Kadal memiliki permukaan kulit yang kering, bersisik, dan berkaki empat. Binatang kadal juga tergolong ke dalam jenis hewan berdarah dingin dan mempunyai kemampuan adaptasi yang luar biasa.

fakta unik tentang kadal
Fakta unik dan menarik tentang kadal

Binatang-binatang yang termasuk dalam keluarga kadal antara lain komodo, tokek, cicak, iguana, dan juga bunglon.

Tahukah Anda bahwa kadal ternyata memiliki beragam fakta unik dan menarik yang tidak banyak orang tahu?

Inilah 7 fakta unik dan menarik tentang kadal selengkapnya.

7 Fakta Unik dan Menarik Tentang Kadal

Fakta 1: Komodo adalah spesies terbesar kadal

komodo spesies kadal terbesar
Komodo, Hewan Reptil Asli Indonesia adalah Spesies Kadal Terbesar

Baca Juga: Fakta Unik Otak Manusia yang Perlu Diketahui

Spesies terbesar dari kadal adalah komodo. Hewan komodo merupakan spesies karnivora yang memiliki panjang tubuh antara 2-3 meter. Habitat asli komodo berasal dari Kepulauan Komodo, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Bobot tubuh komodo dewasa bisa mencapai 170 kilogram. Luar biasa!

Meskipun komodo memiliki pergerakan yang tergolong lambat, tetapi ia mampu menangkap mangsa secara efektif dengan cara mengejutkan mangsanya.

Kualitas penglihatan komodo tergolong sangat baik di malam hari. Selain itu, komodo juga mampu mencium bau darah dalam radius beberapa meter.

Komodo memiliki bentuk cakar yang panjang, melengkung, dan tentu saja mematikan bagi setiap mangsanya. Bahkan, bakteri yang terdapat dalam mulut komodo akan turut menginfeksi mangsanya segera setelah mangsa tersebut digigit.

Hal ini tentu saja akan mempercepat waktu kematian hewan yang menjadi mangsa komodo. Infeksi bakteri dari mulut komodo ini bisa berlangsung selama beberapa hari sampai dengan seminggu.

Selain bersifat predator, ternyata komodo juga tergolong pemakan bangkai karena kebiasaannya memangsa binatang yang telah mati akibat gigitannya beberapa hari sebelumnya.

Fakta 2: Kadal yang mampu mengekspresikan suasana hati? Bunglon jawabannya.

bunglon, spesies kadal unik
Bunglon, Spesies Kadal Unik yang Mampu Berekspresi

Baca Juga: Inilah Fakta Unik dan Menarik tentang Porifera Hewan Air yang Berongga

Suasana hati dapat diekspresikan dengan baik oleh bunglon. Pengekspresian suasana hati oleh kadal jenis bunglon ini dilakukan dengan mengubah warna kulit sesuai dengan kondisi habitat hinggapnya.

Di sisi lain, bunglon memiliki jari kaki yang menyatu, sangat mirip seperti lobster. Sedangkan pada ekornya, bunglon dapat memegang benda atau mangsa.

Bunglon juga memiliki lidah yang panjang dan mampu meluncur denan cepat untuk menangkap mangsanya.

Fakta 3: Phrynosoma, kadal bertanduk yang mampu menyemprotkan darah dari matanya

Kadal bertanduk atau Phrynosoma merupakan spesies kadal yang sangat unik dan menarik. Kadal ini memiliki tanduk di atas kepalanya. Tanduk tersebut sangat tebal dan berduri.

Faktanya, keunikan lain dari kadal Phrynosoma selain tanduk ialah kemampuannya untuk menyemprotkan aluran darah ke arah musuhnya.

Aliran darah yang disemprotkan oleh kadal ini berasal dari sudut-sudut mata mereka dan dapat mencapai jarak sampai dengan 5 meter.

fakta unik kadal bertanduk
Phrynosoma, Kadal Bertanduk yang Unik

Baca Juga: 10 Fakta Unik Tentang Burung Elang, Si Raja Angkasa

Fakta 4: Tokek, Jenis Kadal dengan kaki anti gravitasi

Jenis spesies kadal lain yang juga memiliki fakta unik adalah tokek. Binatang ini memiliki suara yang khas dan nyaring. Bahkan banyak orang yang mengeluhkan suara nyaring dan khas tokek ini.

Tokek juga memiliki kemampuan untuk menembakkan kotoran ke arah musuhnya dengan akurat.

Ajaibnya lagi, tokek adalah jenis kadal yang memiliki kaki antigravitasi. Kemampuan anti gravitasi ini disebabkan oleh keberadaan helai rambut halus dan kecil yang terdapat pada telapak kaki tokek.

Helai rambut pada telapak kaki tokek ini mampu memicu terjadinya tarikan molekul udara. Inilah yang menyebabkan tokek terlihat ringan saat menempel di dinding dan berlari.

Fakta 5: Fosil spesies kadal tertua yang tidak mempunyai kaki

Spesies Adriosaurus microbacris merupakan fosil spesies kadal tertua dan diperkirakan umurnya mencapai 95 juta tahun.

Fosil spesies kadal tertua ini tidak memiliki kaki. Seiring berjalannya waktu, ia berevolusi menjadi kadal berkaki sebagaimana yang kita kenal saat ini.

Baca Juga: Belajar Kesetiaan Terhadap Pasangan Dari Burung Bangau

Secara sepintas, kadal tidak berkaki sangat mirip dengan ular. Sulit bagi kita untuk membedakannya secara fisik karena keduanya sama-sama memiliki tubuh yang bersisik, berbentuk simetris memanjang, lidahnya bercabang, serta merayap.

Perbedaan di antara keduanya terletak pada jenis makanannya. Mangsa kadal tidak berkaki memiliki ukuran yang lebih kecil, sedangkan ular memangsa hewan yang memiliki ukuran tubuh lebih besar dari tubuhnya.

Kemampuan ular untuk memangsa hewan yang ukurannya lebih besar dari tubuhnya sendiri disebabkan oleh keberadaan rahang yang bersifat fleksibel pada ular.

Kadal tidak berkaki adalah spesies yang memiliki kelopak mata dan memungkinkannya untuk berkedip.

Fakta 6: Dalam satu tahun, kadal berganti kulit sebanyak 6 kali

Fakta unik dan menarik kadal yang lain adalah kemampuannya berganti kulit sebanyak 6 kali dalam setahun. Saat berganti kulit, lapisan epidermis luar pada tubuh kadal akan mengalami kornikasi dan kemudian terlepas untuk kemudian terganti oleh kulit yang baru (ekdisis).

Pada beberapa jenis kadal ada yang selongsong kulitnya terlepas utuh, sebaliknya ada pula yang selongsong kulitnya terlepas menjadi beberapa potong.

Proses pergantian kulit pada beberapa jenis kadal ini terpengaruh oleh adanya kelenjar adrenalin di dalam tubuhnya.

Fakta 7: Kadal betina menentukan jenis kelamin anak kadal

Fakta unik kadal hewan ovovivipar
Kadal, Salah Satu Spesies Hewan Ovovivipar

Perkembangbiakan kadal berlangsung dengan ovovivipar atau bertelur dan beranak. Telur kadal akan tersimpan di dalam rongga perut kemudian dilahirkan melalui jalan lahir kadal betina.

Fakta unik kadal kaitannya dengan perkembangbiakan atau reproduksi ialah kadal betina sebagai pemegang keputusan menentukan jenis kelamin anak atau tempat tinggal anak kadal.

Seluruh sperma kadal jantan dikumpulkan oleh kadal betina di dalam rongga perutnya sehingga membentuk spermatesa. Proses spermatesa ini membuat kadal betina dapat dengan bebas menentukan jenis kelamin anak-anaknya.

Demikian paparan lengkap mengenai 7 fakta unik dan menarik tentang kadal yang tidak banyak diketahui oleh orang. Semoga dapat memperluas khasanah pengetahuan dan wawasan Anda.

Terima kasih.

%d blogger menyukai ini: