* Fakta Unik dan Menarik tentang Laba-laba yang Perlu Diketahui

Fakta Unik dan Menarik tentang Laba-laba yang Perlu Diketahui

Blogdope.com – Anda tentu pernah melihat laba-laba bukan? Laba-laba termasuk hewan berbuku-buku (Anthropoda). Sedangkan kelas ilmiah laba-laba adalah Arachnida. Binatang ini memiliki rangkaian fakta unik dan menarik. Simak paparan fakta unik laba-laba berikut ini.

Fakta Unik Seputar Laba-laba yang Jarang Diketahui

Di seluruh dunia, terdapat setidaknya 30.000 jenis laba-laba. Jenis laba-laba ini tersebar ke seluruh penjuru dunia.

Binatang ini mampu memproduksi sutera untuk dijadikan jaring perangkap sekaligus pelindung bagi telur-telur mereka dari serangan predator.

Struktur Tubuh Laba-laba

fakta unik laba-laba
Laba-laba, Hewan Anthropoda dengan Segudang Fakta Unik

Baca Juga :

10 Contoh Hewan Monogami Paling Setia Terhadap Pasangannya Sampai Mati

Laba-laba memiliki rangka tubuh di luar atau eksoskeleton dan bagian tersebut tersegmentasi dengan tubuh serta kaki yang bersendi.

Secara umum, fisik seekor laba-laba terbagi menjadi tiga bagian, yaitu perut (abdomen), dada (thorax), dan kepala.

Khusus bagian kepala dan dada (thorax) laba-laba menyatu menjadi satu. Bagian ini kemudian disebut dengan cephathorax.

Umumnya, bagian cephathorax dari laba-laba terlindungi oleh bagian menyerupai cangkang yang sangat keras. Cangkang tersebut kita kenal dengan sebutan carapace.

Jumlah kaki laba-laba adalah empat pasang. Selain itu, binatang ini tidak memiliki sayap, tidak memiliki mulut pengunyah. Istimewanya, laba-laba memiliki 8 buah mata sederhana.

Rangkaian Fakta Unik dan Menarik Seputar Laba-laba

Di bawah ini dipaparkan secara mendetail rangkaian fakta unik dan menarik seputar laba-laba yang perlu diketahui. Admin sarikan dari berbagai sumber.

fakta unik seputar laba-laba
Laba-laba, Arachnida dengan Segudang Fakta Unik
Fakta 1 – Jaring Laba-laba Berfungsi sebagai Perangkap sekaligus Rumah

Jaring laba-laba selain berfungsi sebagai perangkap bagi hewan-hewan mangsanya, ternyata sekaligus berfungsi sebagai rumah bagi laba-laba itu sendiir.

Jenis jaring laba-laba terdiri atas jenis benang yang kuat dan tegang, jenis kendur dan spiral, serta jenis benang sebagai kerangka jaring.

Komponen jaring yang berupa benang kuat dan tegang adalah benang jaring yang mengarah ke bagian luar.

Sedangkan benang jaring laba-laba jenis kendur dan berbentuk spiral merupakan bagian paling lengket. Adapun kerangka jaring terbuat dari jenis benang di bagian luar jaring.

Fakta 2 – Laba-laba adalah Hewan Karnivora

Keseluruhan jenis laba-laba adalah hewan karnivora atau pemakan daging.

Laba-laba memakan serangga yang terperangkap ke dalam jaring yang telah mereka buat sebagai sarang. Untuk membuat sebuah perangkap berupa jaring benang, laba-laba adalah yang terbaik.

Seekor laba-laba tidak akan menunggu sampai serangga sebagai makanannya terperangkap ke dalam jaring. Melainkan laba-laba menjadikan jaringnya bergerak.

Fakta 3 – Kemampuan Penglihatan Sangat Tajam

Layaknya serigala, seekor laba-laba juga dikaruniai dengan kemampuan penglihatan yang sangat tajam. Mata laba-laba mampu melihat setiap gerakan di sekitarnya.

Bahkan gerakan yang paling lemah sekalipun.

Oleh karena itulah, serangga yang menjadi mangsa hampir tidak akan pernah dapat selamat dari sergapan dan sengatan laba-laba.

keunikan laba-laba
Serangga merupakan mangsa alami laba-laba

Baca : 7 Fakta Unik Cendrawasih, Spesies Burung Surga Asli dari Papua

Fakta 4 – Racun Laba-laba Sangat Mematikan

Racun atau bisa yang terdapat dalam tubuh laba-laba sangatlah mematikan. Racun tersebut digunakan untuk membunuh serangga yang akan dimangsa oleh laba-laba.

Cara kerja racun laba-laba terbagi menjadi dua skema efek. Pertama, efek primer untuk melumpuhkan mangsa. Kedua, efek sekunder untuk mematikan atau membunuh mangsa.

Setelah serangga atau hewan kecil lain yang berhasil terjaring oleh laba-laba tidak bergerak lagi, selanjutnya laba-laba akan membungkus hasil buruannya dengan jerat khusus.

Fakta 5 – Ukuran Laba-laba Jantan Lebih Kecil daripada Betina

Fakta unik tentang laba-laba berikutnya adalah ukuran tubuh laba-laba jantan yang ternyata lebih kecil daripada laba-laba betina.

Pada umumnya, ukuran tubuh laba-laba jantan justru lebih kecil daripada laba-laba betina.

Corak warna tubuh pada laba-laba jantan lebih variatif dengan warna yang cemerlang. Di sisi lain, waktu hidup seekor laba-laba jantan justru lebih pendek.

Fakta 5 – Kekuatan Jaring Laba-laba

Jangan salah, jaring laba-laba meskipun terbuat dari benang dari dalam tubuh ternyata sangat kuat. Bahkan jaring laba-laba tersebut dinyatakan oleh para ilmuwan memiliki kekuatan yang melebihi baja.

Konon, seekor laba-laba mampu membangun jaring yang sangat kuat untuk menghentikan laju pesawat terbang.

Tekstur benang laba-laba memiliki kekuatan lima kali lipat lebih kuat daripada serat baja. Sedangkan tingkat ketebalannya hampir sama.

Benang laba-laba mempunyai ketegangan 150.000 kg per meter persegi.

jaring laba-laba
Salah satu keunikan laba-laba adalah bentuk jaringnya

Baca Juga : 11 Fakta Paling Unik Seputar Banteng, Si Sapi Perkasa

Fakta 6 – Kemampuan Kamuflase

Kemampuan kamuflase adalah kemampuan untuk mengelabui musuh melalui upaya menyelaraskan diri dengan alam sekitar.

Bayi laba-laba juga memiliki kemampuan kamuflase yang bermanfaat untuk melindungi bayi laba-laba dari serangan musuh.

Tubuh bayi laba-laba hampir tidak berwarna, sehingga tidak dapat terlihat oleh hewan pemangsanya.

Fakta 7 – Penjaga Keseimbangan Ekosistem

Satu lagi fakta unik tentang laba-laba yang perlu diketahui. Ternyata, laba-laba memiliki peran penting sebagai penjaga keseimbangan ekosistem.

Keseimbangan ekosistem dapat terjaga oleh keberadaan laba-laba. Utamanya dalam mengendalikan populasi serangga.

Laba-laba akan memangsa serangga, membantu proses penyerbukan tanaman, dan mendaur ulang hewan serta tumbuhan yang telah mati.

Fakta 8 – Racun Nekrotoksin dan Neurotoksin

Laba-laba memiliki racun yang bersifat nekrotoksin dan neurotoksin sekaligus.

Racun nekrotoksin akan bereaksi pada darah dan ginjal. Oleh sebab itu, di dunia ini terdapat jenis laba-laba yang gigitannya dapat menyebabkan sel darah merah menjadi pecah.

Sedangkan racun neurotoksin menyebabkan gangguan impuls syaraf yang menjalar. Racun neurotoksin akan menyebabkan terhambatnya kinerja neuron, sehingga berefek pada ketidakmampuan mangsanya untuk bergerak.

laba-laba mematikan
Sengatan dan Bisa Laba-laba Mematikan

Baca Juga : 

Mengenal Orangutan, si Kera Besar Asli Asia dengan Berbagai Fakta Unik dan Menarik

Fakta 9 – Tidak Senang Menggigit

Meskipun memiliki racun nekrotoksin dan neurotoksin sekaligus, faktanya seekor laba-laba sebenarnya tidak senang menggigit.

Laba-laba tidak termasuk jenis hewan yang senang menggigit atau menyerang. Kecuali jika keberadaan laba-laba merasa terganggu. Serangan laba-laba akan dimulai dengan sengatan pada tubuh hewan yang akan mengganggunya.

Fakta 10 – Laba-laba Terbesar di Dunia

Laba-laba terbesar di dunia adalah jenis Goliath Birdeater. Rentang kaki laba-laba jenis ini memiliki panjang 28 cm.

Sedangkan ukuran laba-laba paling kecil di dunia adalah jenis Patu Digua. Ukuran tubuh laba-laba jenis hanya mencapai 0,37mm.

Artikel Terpopuler Lainnya:

Nah, demikianlah rangkaian fakta unik dan menarik seputar laba-laba yang perlu diketahui. Admin berharap semoga postingan fakta unik laba-laba tersebut dapat menambah luas wawasan dan pengetahuan Anda.

Pastikan Anda telah subscribe e-mail ke blogdope.com agar tidak ketinggalan update berita dan informasi terbaru yang pastinya akan sangat berguna.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply