Seluk Beluk Finlandia : Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Blogdope.com – Seluk-beluk Finlandia, Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia. Finlandia merupakan negara kecil di kawasan Eropa Utara. Meskipun kecil dan penduduknya relatif sedikit, akan tetapi sudah sejak lama Finlandia terkenal sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Dari beragam penelitian yang pernah dilakukan, kualitas pendidikan di Finlandia terutama bidang literasi membaca, sains, dan matematika mampu unggul dari Amerika Serikat sebagai negara adidaya.

negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia
Sistem Pendidikan Finlandia Terbaik di Dunia

Baca Juga: 2 Langkah Percepatan Peningkatan Kualitas Pendidikan

Bahkan berdasarkan hasil survei penilaian siswa internasional (PISA), Finlandia selalu memperoleh skor terbaik sejak tahun 2000.

Salah satu faktor yang menjadikan Finlandia sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia adalah keberadaan guru yang berkualitas.

Guru-guru yang mengajar di Finlandia merupakan guru-guru yang terseleksi dengan ketat. Seleksi guru mencakup aspek nilai, integritas, semangat dalam mengajar, dan karya-karya apa yang bisa diberikan oleh guru untuk menunjang pendidikan di negara tersebut.

Selain itu, guru juga harus memiliki kualifikasi akademik yang baik, meraih gelar master di bidangnya, serta harus termasuk dalam sepuluh besar lulusan terbaik dari sebuah universitas.

Fakta lain yang menjadikan Finlandia sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia cukup banyak. Selengkapnya dalam paparan di bawah ini.

Fakta tentang Finlandia, Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik

1. Fakta 1: Waktu Belajar di Sekolah Singkat

Tahukah Anda, ternyata Finlandia menerapkan waktu belajar di sekolah yang singkat? Bahkan jauh di bawah rata-rata jam wajib belajar di negara kita?

Singkatnya waktu belajar bagi peserta didik di Finlandia merupakan salah satu strategi paling ampuh yang menjadikan negara ini sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Pada jenjang sekolah dasar, Finlandia menerapkan waktu belajar di sekolah formal bagi peserta didik berkisar 4 sampai 5 jam setiap hari. Sedangkan untuk peserta didik pada jenjang SMP dan SMA, sistem belajar mengadopsi sistem belajar di bangku perkuliahan.

Para peserta didik pada jenjang SMP dan SMA hanya datang ke sekolah pada jam mata pelajaran yang mereka pilih saja.

Pemegang kebijakan pendidikan di Finlandia percaya bahwa durasi waktu belajar di sekolah formal yang singkat justru dapat meningkatkan produktivitas dan efektivitas belajar.

Finlandia menerapkan waktu belajar singkat
Waktu belajar di sekolah Finlandia singkat

Baca Juga: Pendidikan Berkualitas Kunci Generasi Emas

2. Fakta 2: Siswa memiliki waktu lebih banyak untuk istirahat dan bermain

Salah satu fakta unik tentang pendidikan di Finlandia ialah durasi waktu istirahat bagi peserta didik selama sekolah yang lebih lama. Di negara ini, waktu istirahat sekolah sekitar 45 menit. Selain itu, selama bersekolah kegiatan lebih banyak diisi dengan bermain.

Anak-anak yang belajar di sekolah formal di Finlandia sama sekali tidak dipaksa untuk terus menerus belajar, melainkan diberikan kesempatan yang luas untuk istirahat dan bermain.

Pemberian waktu istirahat dan bermain yang banyak bagi peserta didik akan merangsang mereka agar dapat lebih leluasa belajar.

Kesempatan mengistirahatkan otak selama siswa beristirahat dan bermain akan membuat mereka lebih mudah menyerap materi pembelajaran dengan baik. Selain itu, bermain juga dapat bermanfaat sebagai kegiatan pembelajaran alternatif.

3. Fakta 3: Siswa mulai bersekolah pada usia 7 tahun

Syarat seorang anak dapat masuk bangku sekolah di Finlandia adalah berumur minimal 7 (tujuh) tahun. Finlandia memberlakukan syarat ini secara ketat dan menjadi keharusan.

Dengan kata lain, bagi anak-anak yang masih berumur kurang dari 7 tahun maka tidak diperbolehkan untuk bersekolah.

Hal ini erat kaitannya dengan kesiapan mental anak pada saat mereka memasuki dunia sekolah. Kesiapan mental ini menjadi pertimbangan utama pendidikan di Finlandia.

usia minimal anak sekolah di Finlandia
Finlandia mewajibkan usia minimal anak sekolah 7 tahun

Baca juga: Model Penilaian Karakter pada Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

4. Fakta 4: Guru tidak memberikan pekerjaan rumah (PR)

Guru-guru yang mengajar di sekolah-sekolah di Finlandia tidak akan pernah memberikan pekerjaan rumah (PR) bagi peserta didik.

Ketiadaan pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru kepada peserta didik ini akan membuat para peserta didik memiliki waktu istirahat yang lebih panjang daripada peserta didik di negara lain.

Waktu istirahat tersebut kemudian dimanfaatkan oleh peserta didik untuk mengerjakan kegiatan lain di luar pembelajaran di sekolah. Misalnya untuk mengembangkan hobi dan bermain.

Pemerintah Finlandia merasa bahwa waktu belajar selama di sekolah formal sudah cukup bagi peserta didik dan tidak perlu menambahnya dengan pemberian pekerjaan rumah (PR). Dengan demikian, peserta didik tidak merasa tertekan dan terbebani oleh PR.

5. Fakta 5: Finlandia tidak menerapkan sistem ranking

Finlandia tidak menerapkan sistem rangking untuk menghindari terjadinya kesenjangan pendidikan antar peserta didik.

Dalam hal akademis, seluruh peserta didik dianggap sama dan setara, tidak ada yang pintar atau bodoh.

Hal ini akan membuat peserta didik merasa lebih leluasa bertemu dan belajar bersama peserta didik yang lain tanpa melihat nilai dan peringkat atau rangkingnya di sekolah.

6. Fakta 6: Ketiadaan ujian nasional

Ketiadaan ujian nasional di Finlandia membuktikan tingkat kepercayaan pemerintah terhadap guru dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran. Ini merupakan salah satu fakta unik yang menjadikan Finlandia memiliki sistem pendidikan terbaik.

Pemerintah berasumsi bahwa yang bisa menilai peserta didik dengan objektif adalah guru, karena guru yang lebih mengetahui kemampuan belajar mereka.

Peserta didik juga tidak merasa tertekan oleh keberadaan ujian nasional dan akhirnya dapat lebih mengasah kemampuan belajar sesuai bidang yang mereka minati.

7. Fakta 7: Biaya sekolah di Finlandia sepenuhnya gratis

Di Finlandia, tidak ada sekolah unggulan karena sekolah di manapun sama. Negara ini membebaskan biaya pendidikan bagi seluruh peserta didik yang bersekolah.

Selain biaya pendidikan yang gratis, pemerintah Finlandia juga menggratiskan biaya transportasi, makan siang, dan kesehatan bagi seluruh peserta didik.

8. Fakta 8: Fasilitas Pendidikan di Finlandia sangat lengkap

Fasilitas sekolah yang lengkap dan memadai merupakan faktor utama keberhasilan proses pendidikan. Pemerintah Finlandia menginvestasikan banyak biaya untuk membangun ruang-ruang bermain dan ruang diskusi, serta kelengkapan fasilitas sekolah yang lain.

Selain itu juga banyak tersedia fasilitas-fasilitas kebugaran di sekolah untuk menjaga kondisi fisik peserta didik agar selalu bugar dan fit sehingga memperlancar kegiatan belajar.

Demikian paparan mengenai 8 fakta unik tentang Finlandia, negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia yang perlu kita ketahui.

Artikel Terpopuler:

Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Bagian 2

Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Aktivitas Kelas 9 SMP MTs

Semoga dapat menambah khasanah pengetahuan dan wawasan kita semua.

Terima kasih.