Hiu Putih Raksasa, Hewan Predator Terbesar di Dunia!

Blogdope.com – Hewan predator terbesar di dunia adalah hiu putih raksasa (Carcharodon carcharias). Inilah 12 fakta unik hiu putih raksasa hewan predator terbesar di dunia.

Hiu putih raksasa dikenal memiliki sifat yang sangat kejam ketika menghabisi hewan-hewan yang menjadi mangsanya.

Ukuran tubuh hiu putih raksasa sangat besar. Panjang tubuhnya dapat mencapai kurang lebih 6 meter dan berat tubuh lebih dari 1,8 ton.

Daerah-daerah pesisir perairan pada seluruh permukaan lautan utama di dunia merupakan daerah teritori dari hiu putih raksasa.

Selain fakta unik tentang ukuran tubuhnya yang luar biasa, hiu putih ternyata juga memiliki fakta unik lain yaitu umur hidup. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, seekor hiu putih raksasa dapat mencapai umur hidup sampai dengan 70 tahun atau lebih.

Hal ini menjadikan ikan hiu raksasa menjadi ikan bertulang rawan yang memiliki umur hidup terpanjang di dunia.

Selain fakta-fakta unik di atas, inilah 12 fakta unik tentang hiu putih raksasa hewan predator terbesar di dunia yang perlu Anda ketahui.

Fakta 1 – Habitat hidup hiu putih raksasa

hiu putihDaerah-daerah di lepas pantai yang perairannya bersuhu antara 12 sampai dengan 24 derajat celsius menjadi daerah paling disukai oleh hiu putih raksasa untuk hidup dan berkeliaran mencari mangsa.

Beberapa contoh perairan yang merupakan habitat alami hiu putih raksasa terdapat di Amerika Serikat bagian timur laut dan pesisir California, Australia, New Zealand, Jepang, dan juga Afrika Selatan.

Fakta 2 – Kematangan seksual hiu putih raksasa

Seekor hiu putih raksasa jantan untuk mencapai kematangan secara seksual membutuhkan waktu sampai berumur 26 tahun. Sedangkan pada hiu putih raksasa berjenis kelamin betina perlu waktu sampai umur 33 tahun untuk siap bereproduksi.

BACA JUGA :   Otak Manusia, Organ Tubuh yang Rumit Tetapi Istimewa dan Misterius

Fakta 3 – Kecepatan hiu putih raksasa

hiu putih raksasaBerbanding terbalik dengan ukuran tubuh dan bobotnya yang luar biasa, hiu putih raksasa ternyata memiliki kecepatan luncuran ketika berenang yang sangat cepat.

Menurut penelitian yang telah dipublikasikan, seekor hiu putih raksasa mampu meluncur dengan kecepatan 56 km/jam hanya dengan sebuah gerakan badan yang singkat.

Bayangkan jika kemampuan itu dimiliki oleh seorang manusia perenang? Luar biasa ya..

Fakta 4 – Hiu putih raksasa memangsa anaknya sendiri

Seekor bayi hiu putih raksasa akan berenang ke lautan lepas dan menjaga kehidupan mereka sendiri bahkan semenjak baru dilahirkan.

Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan menjadi korban atau mangsa dari induknya sendiri. Seekor induk hiu putih raksasa sama sekali tidak mempedulikan hewan-hewan yang akan dimangsanya. Termasuk anak-anaknya sendiri!

Pantaslah hiu putih raksasa mendapatkan predikat predator yang kejam!

Fakta 5 – Warna dominan hiu putih raksasa

Badan seekor hiu putih raksasa memiliki warna abu-abu pada bagian punggung, dan warna putih pada bagian perut.

Bentuk badan hiu putih raksasa ramping memanjang yang dilengkapi dengan ekor yang sangat kuat. Bentuk ekor yang sangat kuat ini akan mampu membuat seekor ikan hiu putih raksasa dapat meluncur di dalam air dengan kecepatan tinggi.

Fakta 6 – Hiu putih raksasa tidak menyukai daging manusia

Daging manusia sama sekali bukanlah jenis daging yang disukai oleh hiu putih raksasa untuk dijadikan makanan. Meskipun demikian hiu putih raksasa tetap saja akan memangsa manusia yang berada di dekatnya.

BACA JUGA :   Berbentuk sederhana tapi mampu mengakhiri hidup manusia! Inilah 9 fakta unik tentang cacing pita.

Seekor hiu putih raksasa tidak memiliki kepekaan pada saraf-saraf perasa yang dimilikinya, sehingga tidak bisa membedakan antara daging yang kaya nutrisi dan kalori dengan yang tidak tidak.

Fakta 7 – Hiu putih raksasa memiliki 300 gigi tajam!

hiu putihDi dalam mulut seekor ikan hiu putih raksasa terdapat satu set gigi-gigi tajam yang siap digunakan untuk mencabik-cabik dan memangsa hewan-hewan korbannya.

Tahukah Anda berapa jumlah gigi dalam mulut seekor hiu putih raksasa? Jumlahnya adalah 300 buah gigi yang sangat taman dengan bentuk segitiga dan tersusun ke dalam tujuh baris gigi.

Fakta 8 – Ukuran mangsa hiu putih raksasa menyesuaikan umur

hiu putihPada saat seekor ikan hiu putih raksasa masih muda, ia akan memangsa hewan-hewan yang berukuran lebih kecil seperti sekelompok ikan pari.

Sebaliknya, pada saat seekor hiu putih raksasa sudah dewasa dan mencapai ukuran badan yang besar, maka ukuran hewan-hewan yang menjadi mangsanya juga cenderung membesar. Ia tidak lagi memangsa ikan-ikan kecil, melainkan memangsa hewan-hewan mamalia laut seperti anjing laut, singa laut, dan juga ikan paus kecil.

Ketika masih muda, hiu putih raksasa akan memakan mangsa kecil, seperti ikan dan pari. Akan tetapi, saat mereka lebih dewasa dan lebih besar, umumnya akan memangsa mamalia laut seperti singa laut, anjing laut, dan ikan paus kecil.

Fakta 9 – Hiu putih memiliki indera penciuman yang sangat tajam

Indera penciuman seekor hiu putih sangatlah tajam. Dengan menggunakan indera penciuman yang sangat tajam inilah, seekor hiu putih dapat menemukan dan mendeteksi koloni anjing laut sampai jarak kurang lebih dua mil jauhnya dari tempat ia berada.

BACA JUGA :   Memutus Bagian Tubuh untuk Berkembang Biak, Kok Bisa? Inilah 8 Fakta Unik tentang Cacing Pipih.

Lebih ajaib lagi, seekor hiu putih juga dapat mencium bau setetes darah yang berada di dalam 100 liter air. Luar Biasa!

Fakta 10 – Hiu putih menyerang dengan kejutan

Hiu putih melakukan perburuan dan penyerangan terhadap mangsanya dengan menggunakan efek kejutan. Hiu putih akan selalu memposisikan dirinya di bawah mangsa yang diincar. Hewan yang menjadi mangsa hiu putih kemudian akan didorong ke permukaan air untuk kemudian dihabisi.

Fakta 11 – Hiu putih puncak rantai makanan di laut

Hiu putih berada di puncak siklus rantai makanan di laut. Ukurannya yang luar biasa besar dan memiliki kekejaman luar biasa menjadikannya sebagai hewan predator yang tidak mungkin dibunuh oleh makhluk laut lainnya.

Fakta 12 – Keistimewaan indera penciuman hiu putih

Selain memiliki indera penciuman yang luar biasa tajam, ternyata hiu putih juga memiliki indera khusus yang digunakan untuk mencari dan menemukan mangsanya yang bersembunyi di dalam pasir.

Indera khusus yang digunakan oleh hiu putih untuk mencari dan menemukan mangsanya di dalam pasir berupa katup kecil yang terletak di kepalanya. Katup kecil yang terletak di kepalanya tersebut dapat mengindera pancaran sinyal listrik dari hewan yang menjadi mangsanya.

Demikian artikel mengenai 12 Fakta Unik Hiu Putih Raksasa, Hewan Predator Terbesar di Dunia. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *