* Inilah 10 Fakta Unik dan Menarik tentang Kuda Nil yang Perlu Anda Ketahui

Inilah 10 Fakta Unik dan Menarik tentang Kuda Nil yang Perlu Anda Ketahui

Blogdope.com – 10 Fakta Unik dan Menarik tentang Kuda Nil yang Perlu Anda Ketahui. Salah satu jenis hewan amfibi yang memiliki bentuk tubuh besar menyerupai bentuk tubuh gajah adalah Kuda Nil. Inilah 10 fakta unik dan menarik tentang Kuda Nil yang perlu Anda ketahui.

Binatang Kuda Nil atau dalam bahasa latin disebut Hippopotamus Amphibius merupakan hewan amfibi yang hidup di darat dengan ukuran tubuh terbesar nomor 3 setelah gajah dan badak putih.

fakta unik kuda nil
Kuda Nil, Salah Satu Jenis Binatang Darat Terbesar

Baca Juga: 12 Fakta Unik Hiu Putih Raksasa, sang Predator Terbesar di Dunia

Ciri Fisik Kuda Nil

Ciri tubuh Kuda Nil adalah memiliki fisik yang besar dan bobot badan yang berat, memiliki warna kulit yang kelabu cenderung gelap.

Binatang ini juga memikiki sepasang gading besar yang kadangkala digunakan untuk mempertahankan diri dari serangan hewan yang lain.

Kuda Nil juga memiliki ciri khas berupa bentuk mulut dan gigi yang sangat besar. Ukuran keempat kakinya pendek dan gemuk, serta badan yang polos tanpa rambut.

Watak binatang Kuda Nil cenderung agresif dan dikategorikan sebagai salah satu hewan paling berbahaya yang hidup di benua Afrika.

Lingkungan hidup dan habitat Kuda Nil selalu dekat dengan sumber air tawar seperti danau dan sungai. Kuda Nil banyak ditemukan di benua Afrika subsahara. Di daerah tersebut dapat ditemukan Kuda Nil dengan jumlah mencapai 125 ribu hingga 150 ribu ekor.

Komunitas Kuda Nil paling banyak dapat ditemukan di negara Zambia dan Tanzania.

Selain fakta-fakta tersebut, Kuda Nil ternyata juga memiliki fakta unik lainnya. Inilah 10 fakta unik dan menarik tentang Kuda Nil yang perlu Anda Ketahui.

Baca : Inilah 10 Fakta Unik dan Menarik tentang Kalkun yang Perlu Anda Ketahui

Fakta Unik dan Menarik tentang Kuda Nil

Fakta Unik 1 – Kuda Nil ternyata bisa berlari kencang

fakta unik kuda nil
Ternyata, Kuda Nil Mampu Berlari Cepat

Baca: Anda Perlu Tahu! Inilah Daftar Top 10 Jenis Hiu Terbesar di Dunia

Seekor Kuda Nil ternyata juga mampu berlari dengan kencang. Dengan ukuran tubuh yang besar serta bentuk keempat kakinya yang pendek tidak menghalangi kapabilitas Kuda Nil dalam berlari. Bahkan untuk Kuda Nil dewasa beratnya mencapai sekira 1,5 hingga 3 ton!

Kuda Nil mampu berlari kencang dengan kecepatan sampai dengan 30 km/jam untuk jarak pendek. Kecepatan ini bahkan melebihi kecepatan berlari rata-rata manusia pada umumnya.

Untuk jarak pendek, mereka mampu berlari secepat 30 km/jam, lebih cepat dari kecepatan lari manusia pada umumnya.

Fakta Unik 2 – Memiliki Sifat Buas dan Pembunuh

fakta unik kuda nil
Kadangkala Kuda Nil Juga Bisa Membunuh Manusia

Di benua Afrika, Kuda Nil ternyata juga dikenal sebagai hewan paling agresif dan berbahaya bagi manusia. Bahkan di beberapa negara, Kuda Nil dikelompokkan ke dalam hewan paling mematikan.

Dilihat dari bentuk fisiknya secara sekilas, Kuda Nil nampak tidak meyakinkan sebagai hewan buas yang berbahaya dan mematikan serta kejam.

Kenyataannya? Kuda Nil merupakan jenis hewan yang gemar melakukan serangan terhadap manusia serta melibatkan diri dalam pertempuran yang brutal.

Gigi-gigi Kuda Nil yang kuat dan tajam dapat mematahkan tulang dan merobek-robek daging korbannya tanpa kesulitan.

Menurut catatan, Kuda Nil merupakan hewan berbahaya dan bertanggungjawab terhadap banyak kematian pada manusia di benua Afrika. Demikian laporan yang dipublikasikan oleh jaringan BBC pada tahun 2015.

Setiap tahunnya tercatat setidaknya terdapat 500 orang di benua Afrika yang terbunuh karena Kuda Nil. Selain dengan kekuatan gigitannya, Kuda Nil ternyata juga dapat membunuh korbannya dengan cara menimpa tubuh korban dengan tubuhnya sendiri yang berukuran sangat besar.

Artikel Fakta Unik Lainnya:

Inilah 8 Fakta Unik Seputar Amoeba yang Perlu Anda Ketahui

Fakta Unik 3 – Sama sekali tidak pandai berenang

fakta unik kuda nil
Hidup di Air, Tapi Tak Pandai Berenang

Tahukah Anda bahwa meskipun habitatnya tidak lepas dari kubangan air yang digunakan untuk berendam, ternyata Kuda Nil sama sekali bukanlah perenang yang handal.

Apabila berada dalam sungai yang berarus deras, Kuda Nil dengan tubuhnya yang besar dan berat masih saja memiliki resiko untuk tenggelam dan terseret arus.

Itulah salah satu sebab mengapa seekor Kuda Nil lebih suka berendam di sungai yang relatif dangkal serta tidak berarus deras cenderung tenang.

Fakta Unik 5 – Kuda Nil tidak memiliki kelenjar keringat

fakta unik kuda nil
Binatang yang Tidak Memiliki Kelenjar Keringat

Secara biologis, Kuda Nil termasuk hewan yang sama sekali tidak memiliki kelenjar keringat. Untuk menghindari sengatan sinar matahari di benua Afrika yang sangat panas, Kuda Nil akan mengeluarkan semacam tabir surya di kulitnya.

Tabir surya pada permukaan kulit Kuda Nil memilik fungsi sama dengan kelenjar keringat pada hewan lainnya. Pigmen yang terdapat pada kulit Kuda Nil bahkan mampu menghindarkan Kuda Nil dari pertumbuhan bakteri penyebab penyakit.

Fakta Unik 6 – Nafsu makan Kuda Nil kecil

fakta unik tentang kuda nil
Nafsu Makan Kuda Nil Tak Sebesar Badannya

Tidak sebanding dengan ukuran tubuhnya yang luar biasa besar serta sifat yang agresif cenderung ganas dan kejam mematikan, ternyata nafsu makan seekor Kuda Nil dapat dibilang kecil.

Seekor Kuda Nil menurut penelitian bahkan terbukti mampu bertahan hidup tanpa makan selama kurang lebih tiga minggu. Normalnya, seekor Kuda Nil akan makan seberat 1 sampai dengan 1,5 persen dari total berat badan mereka setiap harinya.

Fakta Unik 7 – Umur hidupnya mencapai puluhan tahun

fakta unik seputar kuda nil
Kuda Nil Berumur Panjang

Jika hidup di lingkungan yang sesuai dan habitat yang mendukung pertumbuhannya, seekor Kuda Nil bisa bertahan hidup hingga mencapai umur kurang lebih 50 tahun atau lebih. Menurut penelitian yang telah dilakukan, Kuda Nil tertua yang pernah hidup bernama Donna The Hippo.

Kuda Nil tertua di dunia ini hidup di pengangkaran yang terletak di Mesker Park Zoo di Evansville, Indiana, Amerika Serikat.

Donna the Hippo, Kuda Nil tertua di dunia ini mati pada tahun 2012 dalam umur 61 tahun.

Fakta Unik 8 – Kuda Nil cenderung aktif di malam hari

fakta unik kuda nil
Binatang yang Aktif di Malam Hari

Kuda Nil cenderung lebih aktif di malam hari untuk beraktivitas. Dalam kondisi gelapnya malam, Kuda Nil dapat keluar dari air selama kurang lebih 4 sampai dengan 5 jam. Ia dapat berjalan menempuh jarak 10 kilometer selama waktu itu.

Kuda Nil termasuk hewan herbivora atau pemakan tumbuhan dan di dalam perutnya memiliki 4 bilik perut. Lain halnya seperti Antelop atau Sapi, Kuda Nil sama sekali bukanlah pemamah sejati.

Fakta Unik 9 – Menguapnya Kuda Nil merupakan indikator peringatan bahaya

fakta unik kuda nil
Hati-hati, Jika Kuda Nil Menguap Berarti Bahaya

Perilaku menguap yang dilakukan seekor Kuda Nil tidak semata-mata menandakan ia mengantuk sebagaimana layaknya hewan yang lain.

Tindakan membuka mulut dan menguap yang dilakukan oleh Kuda Nil dapat dimaknai bahwa Kuda Nil memberikan peringatan bagi hewan lain yang masuk ke wilayah kekuasaannya.

Seekor Kuda Nil hanya menguap ketika mereka berada atau berendam di dalam air. Hampir sepanjang hidup Kuda Nil dihabiskan di dalam air. Dengusan yang dilakukan oleh Kuda Nil juga merupakan indikasi dan peringatan bagi Kuda Nil lain untuk tidak datang mendekat.

Fakta Unik 10 – Kotoran Kuda Nil merupakan penanda teritorial

fakta unik kuda nil
Teritori Kekuasaan Kuda Nil Ditandai dengan Kotorannya

Cara unik yang dilakukan oleh Kuda Nil untuk menandai daerah teritorial kekuasaannya adalah dengan banyaknya kotorannya.

Seekor Kuda Nil akan menandai daerah kekuasaanya dengan cara membuang kotoran sebanyak mungkin di tempat tersebut.

Demikian artikel mengenai 10 fakta unik dan menarik tentang Kuda Nil yang perlu Anda Ketahui. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply