Inilah 7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal

Blogdope.comGinjal merupakan salah satu alat ekskresi manusia yang memiliki peran sangat penting. Saking pentingnya peran ginjal, maka kita wajib menjaga kondisi kesehatan ginjal. Artikel berikut memaparkan 7 cara mudah menjaga kesehatan ginjal.

Sebagai alat ekskresi manusia, ginjal merupakan organ tubuh yang vital dan perlu dijaga kesehatannya agar dapat berfungsi dengan baik.

Organ ekskresi atau pengeluaran merupakan organ yang berfungsi untuk mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme tubuh. Ginjal dalam hal ini merupakan organ ekskresi yang memiliki peran penting dalam pembentukan dan pengeluaran urine.

Apa itu urine dan bagaimana tahapan pembentukannya dapat Anda baca pada artikel 3 Tahapan Proses Pembentukan Urine yang Perlu Diketahui.

Jika ginjal mengalami kerusakan atau terganggu fungsinya, maka tubuh tubuh tidak dapat memproduksi urine dengan baik.

Faktanya, urine adalah zat sekret yang apabila tidak keluar dari dalam tubuh akan berubah menjadi racun.

Produksi urine dalam tubuh hanya dapat terjadi pada organ ginjal, dan tidak dapat tergantikan oleh organ tubuh yang lain. Jika ginjal dapat memproduksi urine dengan normal, maka tubuh juga akan terbebas dari racun.

Sebenarnya banyak sekali cara untuk menjaga kesehatan organ ginjal. Pada artikel ini akan dijabarkan 7 cara mudah menjaga kesehatan ginjal.

cara mudah menjaga kesehatan ginjal
Anatomi Ginjal

7 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal yang Mudah

1. Menjaga Kesehatan Ginjal dengan Aktif Bergerak dan Berolahraga

Kesehatan ginjal dapat terjaga dengan aktif bergerak dan berolahraga, menghindari kondisi tubuh yang diam tidak bergerak atau banyak duduk.

Aktivitas seperti berjalan kaki, berlari kecil, atau bersepeda termasuk cara menjaga kesehatan ginjal yang mudah. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh.

Olahraga yang dilakukan secara teratur juga akan membuat siklus peredaran darah menjadi lancar. Jika suplai darah ke ginjal lancar, maka ginjal lebih mudah melakukan penyaringan.

Ginjal kemudian akan menyaring darah dan pengotor yang terdapat dalam darah menjadi urine.

2. Ginjal Prima dengan Mengatur Pola Makan yang Sehat

Pola makan yang sehat juga termasuk dalam cara mudah menjaga kesehatan ginjal. Para ahli menganjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran setiap hari untuk menjaga kesehatan ginjal dan organ tubuh lainnya.

Mengatur pola makan yang sehat menjauhkan manusia dari resiko penyakit yang berasal dari ginjal. Seperti hipertensi, stroke, dan diabetes.

Dalam mengatur pola makan agar sehat juga perlu mempertimbangkan untuk mengurangi konsumsi garam.

3. Menghindari Konsumsi Rokok dan Alkohol untuk Ginjal Optimal

Zat yang terkandung di dalam rokok dan alkohol sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, utamanya kesehatan ginjal.

Kebiasaan mengkonsumsi rokok dan alkohol dalam kehidupan sehari-hari dapat menyebabkan pelambatan aliran darah ke organ ginjal.

Pelambatan aliran darah yang tidak cukup untuk dapat sampai ke dalam ginjal berakibat terganggunya fungsi ginjal dalam proses penyaringan darah maupun pembentukan urine.

Konsumsi rokok pun memperbesar resiko munculnya kanker ginjal. Menurut hasil penelitian, kemungkinan seseorang terkena kanker ginjal sekitar 50 persen apabila ia perokok.

4. Mengatur Berat Badan dan Menghindari Obesitas demi Ginjal yang Baik

Obesitas atau berat badan berlebih muncul akibat buruknya kombinasi makanan yang dikonsumsi atau kurangnya aktivitas tubuh.

Keseimbangan antara jumlah kalori yang masuk dengan jumlah kalori yang keluar berpengaruh terhadap pembentukan berat badan yang ideal.

Kondisi obesitas terjadi karena jumlah kalori yang masuk lebih besar daripada jumlah kalori yang keluar. Penyakit ginjal kronis sangat erat kaitannya dengan obesitas atau kelebihan berat badan.

Berat badan yang berlebih akan mengganggu proses hemodinamik yang terjadi pada organ ginjal, selain itu juga beresiko terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Untuk menjaga kesehatan ginjal setidaknya butuh 1,5 sampai dengan 2 liter konsumsi air putih setiap hari.

Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak akan sangat membantu ginjal dalam menyaring darah kotor sehingga unsur pengotor mudah diproses menjadi urine.

Asupan air putih hingga 2 liter setiap hari dapat mengurangi penurunan fungsi ginjal.

6. Menghindari Penggunaan Antibiotik dan Antiseptik

Konsumsi obat berbahan dasar kimia secara terus menerus seperti halnya antibiotik dan antiseptik dapat merusak fungsi ginjal.

Faktanya, penyakit kronis yang menyerang ginjal salah satunya muncul karena konsumsi obat-obat berbahan dasar kimia secara berlebihan.

7. Mengecek Kesehatan Ginjal secara Rutin

Melakukan tes kadar gula dalam darah juga menjadi cara mudah menjaga kesehatan ginjal yang lain.

Berdasarkan penelitian, separuh dari populasi penderita diabetes sangat rentan mengalami kerusakan pada ginjal mereka.

Sehingga resiko kerusakan ginjal yang bermula dari diabetes menjadi minim apabila rutin memeriksakan kadar gula darah pada tubuh.

Selain tes kadar gula dalam darah, perlu juga mempertimbangkan untuk melakukan pengecekan tekanan darah. Apabila tekanan darah tinggi, dapat berpotensi menimbulkan stroke dan penyakit jantung selain kerusakan pada organ ginjal.

Tekanan darah yang berpotensi merusak fungsi ginjal jika melebihi 120/80. Jika seseorang memiliki potensi darah tinggi, maka perlu untuk menjaga pola makan dan sejauh mungkin dari stres.

Demikian paparan mengenai cara mudah menjaga kesehatan ginjal. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

%d blogger menyukai ini: