Jenis Perkembangbiakan Vegetatif Alami pada Tumbuhan Beserta Contohnya

Blogdope.comJenis perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan beserta contohnya. Tumbuhan berkembangbiak dengan beberapa cara, salah satunya dengan perkembangbiakan vegetatif. Perkembangbiakan vegetatif dapat berlangsung secara alami maupun dengan campur tangan manusia.

Pengertian perkembangbiakan vegetatif itu sendiri dapat bermakna bentuk perkembangbiakan yang memanfaatkan bagian tubuh tumbuhan dan tanpa melalui proses perkawinan antar individu.

jenis perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan
jenis perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan

Tumbuhan atau individu baru yang terbentuk hasil perkembangbiakan vegetatif berasal dari perkembangan bagian tertentu dari tubuh tumbuhan induk.

Baca Juga: Jenis Perkembangbiakan Vegetatif pada Hewan dan Contohnya

Perkembangbiakan Vegetatif pada Tumbuhan

Adapun perkembangbiakan vegetatif yang terjadi pada tumbuhan terbagi menjadi dua, yaitu:

1. Pertama, perkembangbiakan vegetatif alami

2. Kedua, perkembangbiakan vegetatif buatan

Pada awal pembahasan telah disebutkan bahwa perkembangbiakan vegetatif buatan merupakan perkembangbiakan pada tumbuhan yang melibatkan campur tangan manusia pada prosesnya.

Sedangkan perkembangbiakan vegetatif alami merupakan jenis perkembangbiakan yang terjadi pada tumbuhan dengan tanpa melibatkan bantuan manusia.

Pada postingan ini akan dibahas jenis perkembangbiakan vegetatif alami tumbuhan dengan lengkap. Perkembangbiakan vegetatif alami yang terjadi pada tumbuhan terbagi lagi ke dalam beberapa jenis.

Berikut jenis perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan beserta contohnya yang lengkap.

1. Sistem Umbi Batang

Bentuk perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan yang paling banyak diketahui adalah dengan sistem umbi batang.

Perkembangbiakan sistem umbi batang berlangsung dengan cara batang tumbuhan yang tumbuh di dalam tanah, kemudian batang tersebut mengembang dan membentuk suatu umbi tumbuhan.

2. Akar Tinggal atau Rizoma

Akar tinggal atau rizoma merupakan istilah lain untuk rimpang. Rimpang ini memungkinkan batang tumbuhan dapat tumbuh dan menjalar pada permukaan tanah ataupun di dalam tanah.

perkembangbiakan vegetatif dengan rizoma
Rizoma, Jenis Perkembangbiakan Vegetatif Alami pada Tumbuhan

Baca Juga: Kenali 5 Jenis Alat Indra pada Manusia dan Fungsinya

Pada tiap buku akar tinggal atau rizoma tersebut akan tumbuh tunas tumbuhan yang baru.

Sedangkan contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan akar tinggal atau rizoma di antaranya adalah jahe, kunyit, kencur, dan lengkuas.

3. Umbi Lapis

Umbi lapis merupakan bagian tumbuhan yang berupa pelepah daun tipis yang berlapis-lapis. Pada bagian atas umbi lapis akan tumbuh daun. Sedangkan pada bagian bawah umbi lapis akan tumbuh akar serabut yang berbentuk cakram.

Adapun contoh tumbuhan yang mengalami perkembangbiakan vegetatif dengan umbi lapis adalah bawang putih, bawang merah, bunga bakung, bunga tulip

4. Umbi Akar

Cara perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan berupa umbi akar berlangsung pada tumbuhan singkong, lobak, wortel, dahlia.

Umbi akar merupakan bagian akar yang menjadi tempat untuk cadangan makanan tumbuhan induk.

5. Geragih atau Stolon
jenis perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan
Perkembangbiakan Vegetatif Alami Tumbuhan dengan Stolon

Baca Juga: Manfaat Tanaman Ciplukan, Si Kecil Ajaib Obat Stroke

Geragih atau stolon merupakan bagian batang yang tumbuh secara mendatar pada permukaan tanah. Pada bagian tumbuhan yang bersinggungan dengan tanah tersebut nantinya akan tumbuh akar.

Contoh tumbuhan yang perkembangbiakannya menggunakan geragih atau stolon diantaranya stroberi, arbei, antanan, dan rumput.

6. Tunas

Tunas merupakan bagian tanaman yang tumbuh dalam tanah di sekitar induk tumbuhan, sehingga nantinya akan membentuk rumpun.

Contoh perkembangbiakan vegetatif alami dengan tunas terjadi pada tumbuhan pisang, bambu, tebu, rumput gajah, dan sebagainya.

7. Tunas Adventif

Berbeda dengan tunas biasa, tunas adventif merupakan tunas yang tumbuh pada bagian tepi daun atau akar. Sedangkan contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan tunas adventif misalnya tanaman cocor bebek.

Tanaman cocor bebek sangat mudah dikembangbiakan, cukup dengan meletakkan bagian daun cocor bebek yang tua di atas permukaan tanah. Pada daun tersebut nantinya akan tumbuh tunas-tunas yang baru.

8. Spora

Spora merupakan alat persebaran biji pada tumbuhan berpembuluh. Faktanya, spora adalah sel-sel yang terbungkus oleh lapisan tipis yang berfungsi sebagai pelindung.

Baca Juga: 

Inilah Fakta Unik dan Menarik tentang Porifera Hewan Air yang Berongga

Wow! Inilah 8 Fakta Unik Cicak yang Jarang Diketahui Orang

Tidak Banyak Orang yang Tahu! Inilah 7 Fakta Unik dan Menarik tentang Kadal

Contoh tumbuhan yang perkembangbiakannya dengan spora adalah suplir, tumbuhan paku, dan lumut.

Itulah 8 jenis perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan beserta contohnya. Semoga bisa menambah khasanah pengetahuan dan wawasan Anda.

Terima kasih.

%d blogger menyukai ini: