Jenis Teks Cerita Inspiratif dan Contohnya yang Tepat

jenis teks cerita inspiratif dan contohnya
Blogdope.com – Halo, Sahabat! Semoga Anda semua dalam keadaan sehat tidak kurang suatu apa. Pada pertemuan ini kita akan sama-sama belajar mengenai jenis teks cerita inspiratif dan contohnya yang tepat.

Pengertian jenis teks cerita inspiratif di sini adalah macam-macam teks cerita inspiratif.  Atau dapat juga bermakna ragam teks cerita inspiratif.

Nah, artikel ini akan membahas secara jelas dan lengkap ragam teks cerita inspiratif yang lengkap dengan contohnya yang tepat.

Sebelumnya, mari kita ingat kembali pengertian teks cerita inspiratif dan tujuan penyusunannya.

Simak juga: Pola Pengembangan Teks Cerita Inspiratif dan Contohnya yang Tepat

Pengertian dan Tujuan Teks Cerita Inspiratif

Jika melihat dari asal-usul kata, kata inpiratif berasal dari kata inspirasi. Adapun makna dari kata inspirasi ialah percikan ide-ide kreatif atau ilham akibat hasil proses belajar dan peduli pada sekeliling kita.

Cerita inspiratif biasanya dibuat oleh seseorang yang sudah dalam taraf pemikiran yang bijak.

Orang yang berada dalam taraf pemikiran bijak tidak selalu terwujud dalam rupa seorang kakek berjanggut dan berjubah putih serta memegang tongkat.

Semua orang bisa saja memiliki pemikiran yang bijak. Pemikiran yang bijak itu sendiri berawal dari pengamatan dan pengalaman hidup yang menyentuh hati.

Teks cerita inspiratif merupakan bahan tertulis yang berfungsi sebagai media untuk memperoleh ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan sebagaimana harapan.

Kesimpulannya, tujuan teks cerita inpiratif ialah untuk menambah dan menggugah motivasi, semangat, rasa percaya diri seseorang dalam menghadapi semua tantangan hidup dalam rangka pencapaian tujuan.

Baca Juga : Struktur Teks Cerita Inspiratif dan Penjelasannya

Jenis Teks Cerita Inspiratif Berdasarkan Isinya

Teks cerita inspiratif dapat dikategorikan berdasarkan isinya. Secara umum terdapat dua jenis teks cerita inspiratif, yaitu

Pertama, teks cerita inspiratif jenis fiksi

Kedua, teks cerita inspiratif jenis nonfiksi

Berikut pembahasan selengkapnya mengenai jenis teks cerita inspiratif.

1. Teks Cerita Inspiratif Jenis Fiksi

Teks cerita inspiratif jenis fiksi menceritakan kisah fiksi atau khasal, tidak nyata serta menggunakan tokoh dan latar cerita yang bersifat rekaan.

Di sekeliling kita dapat kita temukan banyak sekali contoh jenis teks cerita inspiratif fiksi, misalnya: fabel, legenda, dan lain sebagainya.

Berikut admin sajikan contoh teks cerita inspiratif jenis fiksi.

Contoh Teks Cerita Inspiratif Fiksi

Suatu ketika, hiduplah seorang tua yang bijak. Pada suatu pagi, datanglah seorang anak muda yang sedang dirundung banyak masalah. Langkahnya gontai dan air muka yang ruwet. Tamu itu, memang tampak seperti orang yang tak bahagia.

Tanpa membuang waktu, orang itu menceritakan semua masalahnya. Pak Tua yang bijak, hanya mendengarkannya dengan seksama. Ia lalu mengambil segenggam garam, dan meminta tamunya untuk mengambil segelas air.

Ditaburkannya garam itu ke dalam gelas, lalu di aduknya perlahan. “Coba, minum ini, dan katakan bagaimana rasanya..”, ujar Pak tua itu.

“Pahit. Pahit sekali”, jawab sang tamu, sambil meludah ke samping.

Pak Tua itu, sedikit tersenyum. Ia, lalu mengajak tamunya ini, untuk berjalan ke tepi telaga di dalam hutan dekat tempat tinggalnya.

Kedua orang itu berjalan berdampingan, dan akhirnya sampailah mereka ke tepi telaga yang tenang itu.

Pak Tua itu, lalu kembali menaburkan segenggam garam, ke dalam telaga itu. Dengan sepotong kayu, dibuatnya gelombang mengaduk-aduk dan tercipta riak air, mengusik ketenangan telaga itu.

“Coba, ambil air dari telaga ini, dan minumlah. Saat tamu itu selesai mereguk air itu, Pak Tua berkata lagi, “Bagaimana rasanya?”.

“Segar.”, sahut tamunya.

“Apakah kamu merasakan garam di dalam air itu?”, tanya Pak Tua lagi.

“Tidak”, jawab si anak muda.

Dengan bijak, Pak Tua itu menepuk-nepuk punggung si anak muda. Ia lalu mengajaknya duduk berhadapan, bersimpuh di samping telaga itu. “Anak muda, dengarlah.

Pahitnya kehidupan, adalah layaknya segenggam garam, tak lebih dan tak kurang. Jumlah dan rasa pahit itu adalah sama, dan memang akan tetap sama.

“Tapi, kepahitan yang kita rasakan, akan sangat tergantung dari wadah yang kita miliki. Kepahitan itu, akan di dasarkan dari perasaan tempat kita meletakkan segalanya. Itu semua akan tergantung pada hati kita.

Jadi, saat kamu merasakan kepahitan dan kegagalan dalam hidup, hanya ada satu hal yang bisa kamu lakukan. Lapangkanlah dadamu menerima semuanya. Luaskanlah hatimu untuk menampung setiap kepahitan itu.”

Pak Tua itu lalu kembali memberikan nasehat. “Hatimu, adalah wadah itu. Perasaanmu adalah tempat itu. Kalbumu, adalah tempat kamu menampung segalanya.

Jadi, jangan jadikan hatimu itu seperti gelas, buatlah laksana telaga yang mampu meredam setiap kepahitan itu dan merubahnya menjadi kesegaran dan kebahagiaan.”

Keduanya lalu beranjak pulang. Mereka sama-sama belajar hari itu. Dan Pak Tua, si orang bijak itu, kembali menyimpan “segenggam garam”, untuk anak muda yang lain, yang sering datang padanya membawa keresahan jiwa.

Demikianlah, hatimu adalah wadah itu. Perasaanmu adalah tempat itu. Kalbumu, adalah tempat kamu menampung segalanya.

Jadi, jangan jadikan hatimu itu seperti gelas, buatlah laksana telaga yang mampu meredam setiap kepahitan itu dan merubahnya menjadi kesegaran dan kebahagiaan.

Pembahasan: dalam kenyataannya, kita tidak bisa mencari Pak Tua dan anak muda yang bermasalah. Kita juga tidak bisa mencari telaga tempat pak tua menabur garam. Semua itu hanya ditemukan di dalam cerita.

Namun, isi cerita tersebut sangat menggugah kita sebagai pembaca. Isi cerita benar-benar menginspirasi kita. Inilah yang disebut dengan cerita inspiratif fiksi.

2. Jenis Teks Cerita Inspiratif Nonfiksi

Berkebalikan dengan teks cerita inspiratif jenis fiksi, pada jenis nonfiksi peristiwa yang menjadi obyek cerita bersifat nyata.

Demikian pula halnya dengan tokoh dan latar terjadinya peristiwa adalah dua hal yang nyata dan benar-benar ada serta terjadi di dunia nyata.

Baca Juga:

Kebahasaan Teks Cerita Inspiratif dan Contoh Soalnya yang Tepat

Berikut admin sajikan contoh teks cerita inspiratif jenis nonfiksi.

Contoh Teks Cerita Inspiratif Jenis Nonfiksi
Biografi B.J. Habibi

B.J. Habibie adalah salah satu tokoh panutan dan menjadi kebanggaan bagi banyak orang di Indonesia. Beliau adalah Presiden ketiga Republik Indonesia. Nama dan gelar lengkapnya Prof. DR (HC). Ing. Dr.Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie.

Beliau dilahirkan di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada tanggal 25 Juni 1936. Beliau merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA.Tuti Marini Puspowardojo.

Habibie menikah dengan Hasri Ainun Habibie pada tanggal 12 Mei 1962 dan dikaruniai dua orang putra yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal.

Habibi menjadi yatim sejak bapaknya yang meninggal dunia pada 3 September 1950 karena terkena serangan jantung. Setelah ayahya meninggal, ibunya menjual rumah dan kendaraannya kemudian pindah ke Bandung bersama anak-anaknya. Ibunya membanting tulang membiayai kehidupan anak-anaknya.

Masa kecil Habibie dilalui bersama saudara-saudaranya di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Sifat tegas dan selalu memegang prinsip yang diyakini telah ditunjukkan Habibie sejak kanak-kanak.

Habibie yang punya kegemaran menunggang kuda dan membaca, ini dikenal sangat cerdas sejak masih menduduki Sekolah Dasar.

Contoh teks cerita inspiratif selengkapnya dapat di unduh di (sini).

Artikel Pilihan Lainnya:

Demikian paparan lengkap mengenai jenis teks cerita inspiratif dan contohnya yang tepat. Semoga dapat menambah khasanah wawasan dan pengetahuan, serta keterampilan berbahasa Anda.

Terima kasih.