* John Gorrie, Inilah Biografi Sosok Penemu Mesin Air Conditioner AC Pertama di Dunia

John Gorrie, Inilah Biografi Sosok Penemu Mesin Air Conditioner AC Pertama di Dunia

Blogdope.comJohn Gorrie, Inilah Biografi Sosok Penemu Mesin Air Conditioner AC Pertama di Dunia. Mesin pengatur suhu udara atau Air Conditioner AC seperti sudah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian kalangan masyarakat. Di tengah terus meningkatnya suhu udara, apalagi di musim kemarau, kebutuhan AC menjadi semakin meningkat.

Dengan menggunakan mesin AC, suhu bisa diatur sedemikian rupa sehingga memunculkan kenyamanan. Pengaturan suhu bisa dikondisikan sesuai kebutuhan pengguna.

biografi penemu mesin ac
Mesin Air Conditioner (AC) dan Model (gambar: alodokter.com)

Baca : Rene Descartes, Biografi Penemu Teori Geometri Analitik

Bahkan seiring perkembangan teknologi AC, mesin ini mampu menyesuaikan suhu pendinginan udara secara otomatis. Dengan kata lain hampir tanpa campur tangan pengguna!

Tahukah Anda, siapa orang yang pertama kali menemukan AC? Simak paparan biografi penemu mesin Air Conditioner pertama di dunia berikut ini.

Riwayat Hidup John Gorrie sang Penemu Mesin AC

John Gorrie dilahirkan pada tanggal 3 Oktober 1803 di Pulau Nevis, Skotlandia. Beliau meninggal dunia pada tanggal 29 Juni 1855.

Profesi utamanya adalah sebagai seorang dokter. Selain itu ia juga seorang ilmuwan, penemu, dan aktivitas kemanusiaan.

John Gorrie memiliki latar belakang pendidikan medis di College of Physicians and Surgeons, Fairfield New York.

Sekira pada tahun 1833, ia memutuskan untuk pindah ke Apalachicola, sebuah kota di negara bagian Florida. Itu adalah sebuah kota pelabuhan yang indah.

Selain menjalani tugas utamanya sebagai seorang dokter, John juga aktif di masyarakat. Ia tercatat memiliki jabatan kemasyarakatan sebagai anggota dewan, postmaster, presiden Bank of Pensacola cabang Apalachicola, sekretaris Masonic Lodge.

Ia juga merupakan salah satu pendiri Gereja Trinity Episcopal.

biografi penemu mesin ac
Ilustrasi John Gorrie dan Mesin AC Hasil Penemuannya (source: twitter.com)

Baca Juga: Sigmund Freud, Biografi Penemu Teori Psikoanalisis

Latar Belakang Pemikiran Pembuatan Mesin AC

Sejak zaman Romawi, masyarakat sudah mengenal teknik pendinginan. Pada masa itu, mereka melakuannya dengan membuat semacam penampung air yang mengalir di dalam dinding rumah.

Efeknya suhu ruangan di dalam rumah tersebut dapat turun.

Tetapi hanya kalangan tertentu saja yang bisa memiliki rumah dengan sistem pendinginan seperti itu. Karena biaya pembangunannya sangat mahal.

Setelah Michael Faraday menemukan cara baru untuk mendinginkan udara menggunakan gas amonia pada tahun 1842, banyak pemikiran bermunculan tentang pendinginan ruangan.

Penemuan Mesin AC

Di sela-sela kesibukannya, John Gorrie masih menyempatkan diri untuk melakukan serangkaian penelitian. Penelitian yang dilakukannya terkait studi penyakit tropis.

Ketika itu terdapat hipotesis bahwa kualitas udara yang buruk dapat menyebabkan munculnya beragam penyakit. Untuk itulah pada beberapa kesempatan ia mendesak diadakannya pengeringan rawa-rawa. Selain itu juga melakukan pendinginan ruangan pada kamar pasien sakit.

Cara yang dilakukannya adalah dengan mendinginkan kamar menggunakan es yang diletakkan dalam baskom. Kemudian baskom tersebut digantung di langit-langit kamar.

Kebutuhan es yang semakin meningkat membuat John Gorrie melakukan percobaan untuk membuat es buatan. Proyek pembuatan mesin pendingin inilah yang mengantarnya untuk melepaskan praktik kedokterannya.

John Gorrie, Bapak Refrigerator

Tanggal 6 Mei 1851, ia menerima Paten Nomor 8080 untuk sebuah mesin pembuat es. Model mesin pembuat es John Gorrie dan artikel ilmiah yang dituliskan saat ini tersimpan di Smithsonian Institution.

John Gorrie terus berupaya untuk mengembangkan dan memproduksi mesinnya. Akan tetapi usahanya menemui kegagalan karena berbagai faktor. Salah satunya adalah faktor personal, yaitu meninggalnya pasangannya.

Ide John Gorrie untuk membuat mesin pendingin ruangan akhirnya diteruskan oleh Willis Haviland Carrier. Nama inilah yang akhirnya kita kenal sebagai penemu mesin AC modern.

Carrier adalah seorang insinyur dari New York. Ia merupakan orang yang menyempurnakan penemuan AC oleh Gorrie. Pada awalnya AC modern buatan Carrier ditujukan untuk keperluan percetakan dan industri lainnya.

Penggunaan mesin AC untuk keperluan rumah tangga baru berkembang pada tahun 1927. Ketika itu berawal dari pemakaian AC di sebuah rumah di Minneapolis, Minesota AS.

Biografi Ilmuwan Lainnya:

Demikianlah riwayat hidup John Gorrie sang penemu mesin AC. Admin berharap semoga biografi John Gorrie tersebut dapat menambah khasanah pengetahuan dan wawasan Anda semua.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply