KI-KD PAI SMP MTS Menurut Permendikbud 37 Tahun 2018

Blogdope.com – KI-KD PAI SMP MTS Menurut Permendikbud 37 Tahun 2018.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 diterbitkan sebagai bentuk perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016.

Peraturan Menteri ini mengatur tentang Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran pada Kurikulum 2013 untuk jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Selain itu, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 37 Tahun 2018 juga diterbitkan dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar peserta didik untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan hidup pada era digital.

Para penyusun kebijakan di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atas saran dan masukan para pemerhati pendidikan memandang perlunya menambahkan dan mengintegrasikan informatika pada setiap deskripsi kompetensi dasar. 

Muatan informatika ini selanjutnya menjadi kerangka dasar dan struktur pembelajaran berbasis Kurikulum 2013.

Pentingnya muatan informatika ini salah satunya dapat digunakan sebagai alat pembelajaran dan/atau dipelajari oleh peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler dan/atau masuk sebagai materi muatan lokal pada jenjang pendidikan dasar.

BACA JUGA :   Pengertian, Konsep, dan Pendekatan Penilaian

sementara pada jenjang pendidikan menengah (SMP/MTs), mata pelajaran informatika termuat dalam Kompetensi Dasar yang digunakan sebagai acuan pelaksanaan pembelajaran.

Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) pada Kurikulum 2013 yang diberlakukan pada jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah menambahkan KI-KD Informatika SMP/MTs urutan ke-60.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa tujuan kurikulum mencakup empat ranah kompetensi.  Keempat ranah kompetensi sasaran kurikulum tersebut meliputi:

  1. Kompetensi sikap spiritual
  2. Kompetensi sikap sosial
  3. Kompetensi pengetahuan
  4. Kompetensi keterampilan

Keempat kompetensi yang menjadi sasaran kurikulum tersebut diharapkan dapat tercapai melalui penyelenggaraan pembelajaran baik berupa kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Kompetensi sikap spiritual (KI-1) memiliki rumusan “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Sedangkan Kompetensi sikap sosial (KI-2) memiliki rumusan “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun dan pecara diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya“.

KI-KD PAI SMP/MTs menurut Permendikbud 37 Tahun 2018

Penjabaran rumusan kompetensi sikap spiritual (KI-1) dan kompetensi sikap sosial (KI-2) pada jenjang SMP/MTs dari kelas VII sampai dengan kelas IX adalah sama.

BACA JUGA :   Penilaian Sikap dalam Kurikulum 2013

Kedua bentuk kompetensi tersebut diharapkan dapat tercapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), melalui kegiatan keteladanan dan/atau pembiasaan serta budaya sekolah.  Kesemuanya dilaksanakan dengan teta memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Selama proses pembelajaran berlangsung, kegiatan penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dapat dilakukan, yang mana pada muaranya dapat digunakan sebagai pertimbangan bagi guru dalam rangka pengembangan nilai karakter peserta didik selanjutnya.

Rumusan Kompetensi Inti pengetahuan (KI-3) pada jenjang SMP/MTs untuk kelas VII sampai dengan kelas IX yaitu “Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata“.

Sedangkan rumusan Kompetensi Inti keterampilan (KI-4) pada jenjang SMP/MTs untuk kelas VII sampai dengan kelas IX adalah “Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Bagi Anda yang ingin mengetahui Kompetensi Dasar pengetahuan (KD-3) dan Kompetensi Dasar Keterampilan (KD-4) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) jenjang SMP/Mts untuk Kelas VII sampai dengan kelas IX selengkapnya dapat diunduh DI SINI.

Demikian artikel mengenai KI-KD PAI SMP-MTs menurut Permendikbud 37 Tahun 2018.  Semoga bermanfaat.

BACA JUGA :   Kompetensi Keterampilan 4CS