Kisi-kisi Asesmen Pembelajaran Awal Bahasa Indonesia Kelas IV SD

KISI-KISI ASESMEN PEMBELAJARAN AWAL BAHASA INDONESIA KELAS IV SD

kisi-kisi asesmen pembelajaran awal bahasa indonesiaUntuk menunjang pelaksanaan program BDR membutuhkan sumber belajar alternatif, baik untuk guru maupun peserta didik.

Dalam prosesnya juga dibutuhkan alat asesmen untuk menentukan capaian hasil belajar dan memetakan kondisi awal peserta didik. Artikel ini akan memaparkan kisi-kisi asesmen pembelajaran awal Bahasa Indonesia kelas IV SD.

Pelaksanaan program BDR (Belajar Dari Rumah) yang dicanangkan oleh Kemendikbud RI memang tak selalu mulus. Beragamnya kondisi sosial ekonomi, keterjangkauan teknologi, serta keadaan geografis di Indonesia menjadi variabel penentu keberhasilan pelaksanaan program.

Variabel-variabel tersebut pada akhirnya turut menentukan tingkat capaian hasil belajar peserta didik pada program BDR. Sebagai upaya preventif terhadap hal tersebut, dilakukanlah kegiatan asesmen pembelajaran awal.

Asesmen pembelajaran awal ini diperlukan untuk mengetahui hambatan dan kelemahan siswa pada saat pemberlakuan program BDR.

Kegiatan asesmen awal yang mencakup ranah kognitif dan non-kognitif diperlukan agar proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dapat disesuaikan dengan beragamnya kondisi siswa.

Hasil dari pelaksanaan kegiatan asesmen pembelajaran awal ini nantinya akan menjadi dasar bagi guru dalam merancang strategi pembelajaran yang tepat untuk diterapkan kepada peserta didiknya.

Desain asesmen pembelajaran awal yang diikuti dengan upaya remedial dan pengayaan sebagai bentuk tindak lanjut bermanfaat untuk memastikan ketiadaan kondisi tertinggal materi atau kerugian pada siswa.

Baca Juga: Modul Asesmen Diagnosis Pembelajaran Awal Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs

Kisi-kisi Asesmen Pembelajaran Awal Bahasa Indonesia Kelas IV SD

Dalam susunan kisi-kisi asesmen pembelajaran awal Bahasa Indonesia kelas IV SD, terdapat beberapa kompetensi dasar (KD) yang merupakan prasyarat pelaksanaan dan juga kompetensi dasar (KD) yang merupakan KD sasaran.

Kompetensi dasar prasyarat tersebut merupakan KD yang dibelajarkan di kelas III SD, sedangkan kompetensi dasar sasaran merupakan KD yang dibelajarkan di kelas IV. Selengkapnya sebagai berikut.

Baca Juga:  Pendidikan Berkualitas Kunci Generasi Emas

Kompetensi Dasar Sasaran Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD

Seperti telah disebutkan di atas, bahwa kompetensi dasar (KD) sasaran adalah kompetensi dasar-kompetensi dasar yang dibelajarkan di kelas IV SD. Kompetensi dasar-kompetensi dasar ini tercantum dalam kurikulum yang dibelajarkan di jenjang SD.

Adapun kompetensi dasar (KD) sasaran pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD terdiri atas:

3.1. Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.

3.3. Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.

3.6. Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.

3.7. Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi.

Kompetensi Dasar Prasyarat

KD 3.4. Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

Materi pokok yang terkandung dalam KD prasyarat tersebut yaitu: teks tentang ciri kebutuhan dan perkembangan makhluk hidup. Materi pokok ini disajikan kepada siswa melalui pembelajaran menggunakan media teks bacaan.

Tujuan pembelajaran KD ini mencakup dua hal, yaitu : 1) siswa mampu menjodohkan cara bergerak makhluk hidup dengan benar, dan 2) siswa mampu menyebutkan alat pernapasan makhluk hidup dengan benar.

Bentuk soal yang dapat dipakai sebagai asesmen pembelajaran awal KD ini berupa soal menjodohkan dan soal isian.

Keberhasilan capaian hasil belajar siswa pada KD ini merupakan prasyarat pembelajaran KD di kelas IV yaitu KD 3.1. Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.

KD 3.5. Menggali informasi tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan melalui wawancara dan/atau eksplorasi lingkungan.

Materi pokok yang terkandung dalam KD 3.5. adalah informasi tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan. Sedangkan tujuan pembelajaran sekaligus indikator soal terdiri atas: 1) siswa mampu menentukan cara merawat tumbuhan dengan benar, 2) siswa mampu menjelaskan isi wawancara berdasarkan teks yang disajikan dengan benar.

Baca Juga:  Berpikir Komputasi (Computational Thinking)

Bentuk soal yang dapat diagihkan berupa soal piihan jamak dan soal uraian.

Capaian hasil belajar siswa pada kompetensi dasar (KD) prasyarat ini akan menentukan desain dan strategi pembelajaran kompetensi dasar (KD) sasaran di kelas IV, yaitu KD 3.3. Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.

KD. 3.8. Menguraikan pesan dalam dongeng yang disajikan secara lisan, tulis, dan visual dengan tujuan untuk kesenangan.

Materi pokok yang terkandung dalam kompetensi dasar (KD) prasyarat ini adalah teks dongeng dan dialog percakapan dalam dongeng.

Adapun tujuan pembelajaran sekaligus indikator soal mencakup: 1) disajikan teks dongeng yang di dalamnya syarat akan pesan atau amanat, siswa mampu menuliskan pesan yang terkandung dalam teks dongeng dengan benar; 2) disajikan teks dongeng yang memuat dialog percakapan syarat akan pesan baik, siswa mampu menentukan pesan yang terkandung dalam dongeng dengan benar.

Bentuk soal yang dapat dipakai pada asesmen pembelajaran awal berupa soal isial dan soal pilihan jamak.

KD ini merupakan prasyarat pembelajaran KD sasaran di kelas IV yaitu KD 3.6. Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.

KD 3.9. Mengidentifikasi lambang/simbol rambu lalu lintas beserta artinya dalam teks lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

Kandungan materi pokok pada kompetensi dasar ini ialah lambang atau simbol rambu-rambu lalu lintas. Sedangkan tujuan pembelajaran sekaligus indikator soal yang dapat dipakai mencakup: 1) siswa mampu menentukan simbol dan arti rambu lalu lintas yang ditanyakan, 2) siswa mampu mengartikan tanda peraturan rambu lalu lintas dengan alasan yang benar.

Bentuk soal yang bisa dipakai dalam asesmen pembelajaran awal ini berupa soal pilihan jamak dan soal Benar-Salah (BS).

Baca Juga:  Prinsip Penilaian Karakter dan Pelaksanaannya

Kompetensi dasar (KD) ini merupakan prasyarat pembelajaran kompetensi dasar di kelas IV yaitu KD 3.7. Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi.

KD 3.10. Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.

Materi pokok yang terkandung dalam kompetensi dasar ini ialah ungkapan kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah sederhana.

Sedangkan tujuan pembelajaran sekaligus indikator soal yang dapat disarikan dari materi pokok tersebut mencakup: 1) disajikan dialog percakapan, siswa mampu menemukan kalimat saran pada percakapan tersebut dengan benar; 2) disajikan sebuah ungkapan kalimat saran yang salah, siswa mampu menentukan kesalahan konsep ungkapan tersebut dengan alasan yang benar.

Sedangkan bentuk soal yang dapat dipakai untuk mengukur ketercapaian asesmen pembelajaran awal pada materi ini berupa soal pilihan jamak dan soal Benar-Salah (B-S).

Keberhasilan pencapaian kompetensi dasar (KD) prasyarat ini menentukan strategi pembelajaran kompetensi dasar di kelas VI yaitu KD 3.7. Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi.

Bila Anda ingin memperoleh kisi-kisi asesmen pembelajaran awal Bahasa Indonesia kelas IV SD dalam format Microsoft Word (*.doc. *.docx), silahkan unduh / download pada tautan berikut.

DOWNLOAD KISI-KISI ASESMEN PEMBELAJARAN AWAL BAHASA INDONESIA

Demikian artikel terkait Kisi-kisi Asesmen Pembelajaran Awal Bahasa Indonesia Kelas IV SD. Sekiranya artikel ini bermanfaat, silahkan share atau bagikan.

Tuliskan juga komentar, saran, ataupun kritik demi tertingkatnya kualitas artikel di blog ini pada masa-masa yang akan datang.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *