Manfaat Tanaman Ciplukan, Si Kecil Ajaib Obat Stroke

Blogdope.com – Manfaat tanaman ciplukan, si kecil ajaib obat stroke. Banyak di antara kita yang belum mengetahui manfaat tanaman ciplukan. Tanaman ini banyak ditemui di areal persawahan. Bentuk tanaman ciplukan hampir menyerupai tanaman terong.

Ternyata, ciplukan memiliki manfaat sebagai obat penyakit stroke. Berikut paparan lengkap manfaat tanaman ciplukan, si kecil ajaib.

manfaat tanaman ciplukan untuk obat stroke
Khasiat Ciplukan, Tanaman Sederhana Obat Stroke

Manfaat Tanaman Ciplukan sebagai Obat Stroke

Apa itu penyakit stroke?

Penyakit stroke sampai saat ini masih menjadi momok menakutkan bagi kita. Bahkan penyakit stroke masih menempati peringkat atas sebagai penyakit yang dapat menyebabkan kematian mendadak di dunia.

Apabila tidak segera memperoleh penanganan yang cepat dan tepat, maka penyakit stroke ini dapat berkembang menjadi semakin parah. Faktanya tidak sedikit yang berujung pada kematian.

Stroke merupakan jenis penyakit serius yang sangat memerlukan penanganan yang tepat dan cepat.

Penyakit stroke terjadi akibat kondisi pasokan darah ke otak yang terputus. Putusnya pasokan darah ke dalam otak ini bisa diakibatkan oleh penyumbatan pembuluh darah oleh lemak. Bisa juga terjadi karena pecahnya pembuluh darah akibat tekanan darah.

Penyumbatan dan juga pecahnya pembuluh darah ini berakibat pada terjadinya kematian sel-sel pada sebagian wilayah otak.

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa otak kita akan dapat berfungsi dengan baik apabila mendapat pasokan oksigen dan nutrisi dengan baik.

Pasokan oksigen dan nutrisi ini mengalir ke dalam otak melalui pembuluh darah. Apabila terjadi gangguan terhadap aliran oksigen dan nutrisi melalui darah ini ke dalam otak, maka sel-sel otak akan mulai mati.

Semakin cepat dan tepat kasus stroke memperoleh penanganan medis, maka kemungkinan terjadinya kerusakan pada sel-sel otak menjadi semakin kecil dan resiko kematian pun dapat dihindari.

tanaman ciplukan obat stroke
Ilustrasi Penyakit Stroke

Waspadai Gejala Terjadinya Stroke

Penyakit stroke biasa memiliki gejala-gejala khas pada penderitanya. Tanda-tanda fisik yang menyertai gejala terjadinya stroke secara umum yang perlu kita ketahui sebagai berikut.

Gejala-gejala Penyakit Stroke yang Perlu Diwaspadai

1. Kualitas penglihatan semakin menurun, pandangan menjadi kabur dan buram.

2. Munculnya kesulitan memahami pembicaraan orang lain. Pada kasus-kasus lebih lanjut bahkan berkembang menjadi sulit berbicara.

3. Tingkat kesadaran menurun dan mengalami kebingungan.

4. Sering mengalami sakit kepala yang sangat hebat dan diikuti kaku leher, bahkan bisa mengarah pada terjadinya vertigo.

5. Kesulitan mengkoordinasi gerak dan keseimbangan.

6. Sering terjadi kebas dan kelumpuhan pada salah satu sisi badan.

7. Keadaan mata dan mulut pada salah satu sisi wajah terlihat seperti menurun.

Kenali Jenis-jenis Penyakit Stroke

Penyakit stroke terbagi menjadi dua jenis, yaitu stroke iskemik dan stroke hemoragik. Berikut penjelasan kedua jenis penyakit stroke tersebut.

1. Stroke Iskemik

Penyakit stroke iskemik merupakan jenis penyakit stroke yang paling sering terjadi. Angka terjadinya penyakit stroke iskemik berkisar di angka 85%.

Adapun penyebab terjadinya penyakit stroke iskemik ini adalah tersumbatnya aliran darah ke otak yang terjadi karena adanya gumpalan darah atau timbunan lemak (plak) di dalam lapisan pembuluh darah.

2. Stroke Hemoragik

Berbeda dengan penyakit stroke jenis iskemik, stroke hemoragik terjadi karena pecahnya pembuluh darah di dalam otak. Pembuluh darah yang pecah ini akan mengakibatkan darah menumpuk dan kemudian menekan jaringan otak di sekitarnya.

Secara medis, penyakit stroke hemoragik terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

Pertama, pendarahan intraserebral

Kedua, pendarahan subarachnoid

Jenis stroke hemoragik dengan pendarahan intraserebral merupakan jenis penyakit stroke hemoragik yang paling umum. Kondisi ini terjadi manakala pembuluh darah arteri di dalam otak pecah dan membanjiri jaringan sekitarnya.

Sedangkan pendarahan subarachnoid adalah pendarahan yang terjadi pada daerah antara otak dan jaringan tipis yang menutupinya.

jenis-jenis penyakit stroke
Jenis Penyakit Stroke dan Ilustrasi Daerah yang Terserang

Penyebab yang Memicu Terjadinya Stroke

Stroke merupakan jenis penyakit yang dapat terjadi kapan saja dan tanpa penyebab yang jelas. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengetahui penyebab umum yang dapat memicu terjadinya stroke.

Berikut beberapa penyebab umum yang memicu terjadinya serangan stroke.

1. Kadar kolesterol dalam darah yang tinggi

2. Tingkat obesitas atau kegemukan

3. Kebiasan merokok dan pola makan tidak sehat

4. Hipertensi atau tekanan darah tinggi

5. Memiliki riwayat penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskuler atau jantung

6. Kebiasaan mengonsumsi alkohol dan minuman keras lainnya.

Pengobatan Penyakit Stroke

Selain pengobatan yang dilakukan secara modern, ternyata penyakit stroke juga bisa diobati dengan menggunakan cara-cara alami. Salah satunya dengan memanfaatkan tanaman ciplukan.

Tanaman ciplukan meskipun terlihat tidak istimewa, tapi ternyata memiliki manfaat yang sangat penting untuk membantu mengobati penyakit stroke.

Dari serangkaian penelitian yang telah dilakukan berhasil membuktikan bahwa tanaman ciplukan efektif dalam mengobati penyakit stroke.

1. Mengonsumsi tanaman ciplukan dapat memperlancar aliran darah ke dalam otak

Tanaman buah ciplukan banyak mengandung vitamin C. Kandungan vitamin C inilah yang dapat membantu mengatur tekanan darah.

Selain itu, vitamin C juga dapat melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh dan membuang kandungan lemak-lemak jahat dari dalam tubuh.

2. Tanaman ciplukan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Pecahnya pembuluh darah dalam otak yang bermula dari hipertensi merupakan salah satu penyebab terjadinya serangan stroke.

Ternyata, daun tanaman ciplukan dapat berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Kandungan senyawa kimia berupa senyawa Physalin K pada daun tanaman ciplukan dapat membantu menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi potensi terjadinya stroke.

3. Membantu mengatur kadar gula dalam darah

Selain kondisi gangguan pembuluh darah, kadar gula dalam darah atau glukosa yang tidak terkontrol juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya stroke.

Diabetes adalah jenis penyakit yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah. Sebagaimana kita ketahui bahwa diabetes juga salah satu pemicu terjadinya stroke.

Meningkatnya kadar gula darah ini berawal dari menurunnya kadar hormon insulin sebagai pengatur kadar gula darah.

Tanaman ciplukan bisa dimanfaatkan untuk mengatur kadar gula dalam darah. Caranya dengan meminum rebusan daun tanaman ciplukan secara teratur.

4. Tanaman ciplukan ternyata juga dapat meningkatkan kinerja otak

Selain kandungan vitamin C, tanaman ciplukan juga mengandung vitamin B1 yang berfungsi sebagai suplemen otak. Keberadaan suplemen otak ini dapat meningkatkan kinerja otak secara keseluruhan.

Pada penderita stroke, fungsi kerja otak menurun yang berakibat terjadinya kesulitan bergerak dan berbicara.

Nah, faktanya tanaman ciplukan dapat menjadi suplemen otak sehingga kinerja otak dapat meningkat.

5. Ciplukan dapat membantu mengembalikan keseimbangan tubuh

Keseimbangan tubuh yang terganggu oleh penyakit stroke dapat pulih seiring dengan meningkatnya fungsi kerja otak.

Kandungan vitamin B1 dan vitamin C pada tanaman ciplukan dapat mengobati bagian tubuh yang tadinya sulit bergerak sehingga keseimbangan tubuh akan kembali normal.

6. Kebiasaan merokok sembuh berkat tanaman ciplukan

Kebiasaan merokok dapat berakibat pada terjadinya gangguan pada aliran darah, gangguan pernafasan, serta rusaknya otak. Ketiga kondisi gangguan pada tubuh tersebut merupakan pemicu terjadinya serangan stroke.

Tanaman ciplukan dapat bermanfaat untuk mengobati dampak dari kebiasaan merokok. Mengkonsumsi tanaman ciplukan secara rutin dapat memperbaiki sistem pernapasan dan meningkatkan asupan oksigen ke dalam otak.

7. Detoksifikasi tubuh

Penyumbatan yang terjadi dalam otak umumnya berawal dari tingginya kandungan racun dalam tubuh. Racun-racun yang terdapat dalam tubuh dapat dibersihkan dengan tanaman ciplukan.

Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam tanaman ciplukan dapat mengurangi timbunan racun yang terdapat dalam pembuluh darah.

Penyebab terbesar dari terjadinya serangan stroke adalah penyumbatan otak. Dengan tanaman ciplukan, tubuh menjadi lebih kebal terhadap racun dan bahan berbahaya. Salah satunya adalah radikal bebas.

Meskipun demikian, konsumsi air rebusan tanaman ciplukan harus diimbangi dengan mengkonsumsi lebih banyak air putih. Lebih dari 70% tubuh kita terdiri dari cairan.

Air putih ini berfungsi untuk menetralkan kondisi tubuh yang sedang berada dalam kondisi diobati. Organ ginjal yang berfungsi sebagai penyaring membutuhkan asupan air yang banyak sehingga kerjanya tidak berat. (Baca: Simak! Inilah 7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Organ Ginjal)

Demikianlah paparan lengkap mengenai manfaat tanaman ciplukan untuk mengobati penyakit stroke. Semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan Anda.

Artikel Populer yang Lain:

Terima kasih.

%d blogger menyukai ini: