Materi Descriptive Text Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Blogdope.com – Materi Descriptive Text Bahasa Inggris termasuk dalam salah satu tagihan mata pelajaran di jenjang kelas 8 SMP.

Pada artikel ini, admin Blogdope.com akan menyajikan materi dan soal Bahasa Inggris kelas 8 SMP Descriptive Text.

Descriptive Text merupakan sebuah bentuk teks yang menjelaskan tentang suatu hal.

Sebagai contoh teks untuk mendeskripsikan orang, benda, binatang baik dilihat dari sisi sifat-sifatnya, jumlah, bentuk, dan lain-lain.

Descriptive Text selain digunakan untuk mendeskripsikan, bisa juga bertujuan untuk menjelaskan, menggambarkan, atau mengungkapkan seseorang atau suatu benda.

Generic Structure Descriptive Text

Identification

Pada Descriptive Text, bagian struktur Identification merupakan bagian dari keseluruhan teks yang berisi kalimat-kalimat pembuka dan merupakan penggambaran dari sudut pandang umum terhadap suatu topik.

Identification juga dapat difungsikan sebagai pengenalan dari topik yang akan dijelaskan. Selain itu bisa juga disampaikan alasan pemilihan suatu topik untuk diceritakan dalam Descriptive Text.

Description

Bagian Description pada Descriptive Text memuat keseluruhan ciri umum sampai dengan ciri khusus.

Atau bisa juga merupakan penggambaran sifat-sifat yang terdapat dalam benda, orang, atau binatang yang akan dijelaskan.

Sebagai contoh, semisal Descriptive Text akan digunakan untuk menceritakan suatu tempat.

Deskripsi bisa dimulai dari keseluruhan ciri tempat tersebut semisal bagaimana pemandangannya, bentuk bangunan, cuaca, dan lain-lain.

Kemudian mengerucut ke detail yang khusus untuk melengkapi penjelasan umum yang disampaikan sebelumnya.

Struktur Text Deskriptif

Untuk dapat lebih memperoleh gambaran terkait Descriptive Text, amati generic structure dari Descriptive Text berikut.

MY DOG

(Identification)

My dad bought me a dog on my birthday. It is a male golden retriever dog. I really love him as my pet.

(Desription)

His name is Jiji. He has brown fur. His fur is really soft and he likes to be rubbed on his belly. He has a long tail and big body. I always take him for walk around because he really like it. Jiji is already as the part of our family.

Uraian:

  • Paragraf pertama dari contoh teks di atas merupakan bagian Identification. Pada bagian tersebut diceritakan hal-hal umum dari keseluruhan cerita. Dibuktikan dengan kalimat yang menyatakan bahwa penulis memiliki anjing jantan yang diberikan oleh ayahnya saat ia merayakan ulang tahun.
  • Paragraf kedua pada contoh teks di atas disebut bagian Description karena memuat penjelasan dari yang bersifat umum ke khusus. Indikatornya berupa kalimat yang menyatakan nama anjing penulis adalah Jiji. Anjing tersebut berbulu coklat dan halus. Penulis juga menceritakan sifat dan kebiasaan anjing tersebut.

Ciri-ciri Descriptive Text

  1. Menggunakan Simple Present Tense. Tenses ini digunakan karena dalam descriptive text kita akan menjelaskan suatu fakta atau kebenaran yang terdapat dalam suatu hal atau orang.
  2. Menggunakan banyak kata Adjective . Kata Adjective digunakan karena dalam descriptive text kita akan menjelaskan sifat – sifat dari suatu benda, manusia, atau binatang.
  3. Kita akan sering menjumpai banyak kata “is” atau relating verb (kata kerja penghubung) dalam descriptive text. karena ‘is’ itu berarti ‘adalah’ yang mengarahkan pada penjelasan benda,orang atau binatang yang sedang kita jelaskan.
  4. Descriptive text hanya fokus menjelaskan pada satu objek.

Berikut admin Blogdope.com akan menyajikan beberapa contoh Descriptive Text yang dilengkapi dengan terjemahannya.

Contoh Descriptive Text dan Terjemahannya

Teks 1

My House

My House is divided into two floors. On downstairs, I have all the important parts of the house such as the kitchen, bathrooms, storage room and parking garage. On upstairs I have one room where I keep the washer and dryer and one big terrace.

Downstairs, the floor is divided in eight rooms, four of them are bedrooms, other two are bathrooms and then one kitchen and one dining room.

In my bedroom, I have a lot of things inside, such as a television, a playstation 3, and many tropies.

In my sister’s bedroom, there is a computer and in the other two bedrooms are for my parent and my other sister.

Normally we eat in everywhere we want, but on Sunday we eat together in the dining room. I really love my house, the place where we could share everything together

Contoh Text Descriptive 1

Terjemahan:

Rumahku

          Rumahku terbagi menjadi dua lantai. Di lantai bawah, saya memiliki semua bagian penting rumah seperti dapur, kamar mandi, ruang penyimpanan dan garasi parkir. Di lantai atas saya memiliki satu ruangan di mana saya menyimpan mesin cuci dan pengering dan satu teras besar.

          Lantai bawah, lantai terbagi dalam delapan ruangan, empat di antaranya adalah kamar tidur, dua lainnya adalah kamar mandi dan satu dapur dan satu ruang makan.

          Di kamar tidur saya, saya memiliki banyak hal di dalamnya, seperti televisi, playstation 3, dan banyak piala.

          Di kamar tidur saudara perempuanku, ada komputer dan dua kamar tidur lainnya adalah untuk orang tua dan adikku yang lain. 

          Biasanya kita makan di mana saja kita mau, tapi pada hari Minggu kita makan bersama di ruang makan. Saya sangat mencintai rumah saya, tempat dimana kita bisa berbagi segalanya bersama.

Contoh Descriptive Text 2

Teks 2

PANDA

I went to the zoo yesterday and I saw panda for the first time. Panda is the very cute animal I’ve ever seen. It has little eyes with black spots around them. His body is black and white colored. Panda’s body is almost look alike with bear. Panda looks like tame animals but it’s actually not. They eats bamboo and they almost eat 40 kg bamboo in just one day. This animal from China. I like Panda because they’re cute.

Terjemahan:

Panda

Aku pergi ke kebun binatang kemarin dan saya melihat panda untuk pertama kalinya. Panda adalah hewan yang sangat lucu yang pernah saya lihat. Dia memiliki mata kecil dengan bintik-bintik hitam di sekitar mereka. Tubuhnya berwarna hitam dan putih. Tubuh Panda hampir mirip dengan beruang. Panda terlihat seperti binatang jinak tapi sebenarnya tidak. Ia makan bambu dan mereka hampir makan 40 kg bambu hanya dalam satu hari. Hewan ini berasal dari China. Saya suka Panda karena mereka lucu.

Contoh Descriptive Text 3

Teks 3

A TREE

There are three main parts of a tree. They are crown, trunk, and root. The crown is at the top of the tree. It consists of leaves, branches, and twigs. The crown filters dust and other particles from the air. The leaves produce food for the tree through photosyntesis.

The trunk or stem of a tree supports the crown and gives the tree its shape and strength. The trunk consists of some layers. The layers carry water and minerals up from the roots to the leaves, and they are carry sugar down from the leaves to the branches, trunk and roots.

Tree’s roots absorb water and nutrients from soil, store sugar and hold the tree upright in the ground. Some roots can go down more than four meters.

Terjemahannya:

Sebuah Pohon

          Ada tiga bagian inti dari sebuah pohon. Mereka adalah mahkota, batang, dan akar. Bagian mahkota ada di bagian atas dari pohon, yang terdiri dari daun, cabang, dan ranting. Bagian ini menyaring debu dan partikel-partikel dari udara. Daun memproduksi makanan dari phon lewat fotosintesis.

          Bagian batang dari pohon mendukung pohon dengan memberikan bentuk dan kekuatan. Bagian batang terdiri dari beberapa lapis. Lapisan itu membawa air dan mineral  dari akar sampai ke daun, dan lapisan ini juga membawa gula dari daun ke cabang , batang, dan akar.

          Akar pohon menyerap air dan nutrisi dari tanah, menyimpan gula, dan menahan pohon tetap berdiri di tanah. Beberapa akar bisa menancap sejauh lebih dari empat meter.

Sebagai bahan latihan, silahkan unduh / download soal Bahasa Inggris tentang Descriptive Text pada tautan di bawah ini.

DOWNLOAD SOAL BAHASA INGGRIS DESCRIPTIVE TEXT

Demikian paparan tentang Materi Descriptive Text Bahasa Inggris. Sekiranya artikel ini dirasakan bermanfaat, silahkan bagikan atau share.

Admin juga mengharapkan komentar, masukan, kritik, ataupun saran demi tertingkatnya kualitas artikel di blog ini pada masa-masa yang akan datang.

Selamat belajar, semoga sukses.

Thank you!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: