Materi Lengkap Past Perfect Tense dan Contoh Soalnya

Materi Lengkap Past Perfect Tense dan Contoh Soalnya – Halo! Kita berjumpa lagi pada seri postingan materi Bahasa Inggris. Kali ini kita akan bersama-sama belajar tentang Past Perfect Tense.

Pembahasan materi Past Perfect Tense ini masih ada kaitannya dengan Present Perfect Tense. Silahkan buka postingan tentang Present Perfect Tense untuk menyegarkan kembali ingatan kalian.

Mari, segera saja kita mulai pembahasan tentang materi Past Perfect Tense ini ya! Kita akan mulai dari pengertiannya dulu.

materi dan contoh soal past perfect tense bahasa inggris

Artikel Terpopuler:

Penjelasan Lengkap Materi dan Contoh Soal Report Text Bahasa Inggris

Penjelasan Materi Expressing Admiration Bahasa Inggris dan Contoh Soalnya

Materi Lengkap Past Perfect Tense dan Contoh Soalnya

Pengertian Past Perfect Tense Bahasa Inggris

Past Perfect Tense merupakan tense Bahasa Inggris yang berbicara tentang past dan perfect. Jika merunut dari pengertian harafiahnya, past berarti “lampau”, sedangkan perfect memiliki makna “sempurna”.

Dengan demikian, Past Perfect Tense kurang lebih bermakna tense dalam Bahasa Inggris yang memiliki tujuan untuk menyatakan aktivitas yang sudah sempurna terjadi pada masa lampau.

Lalu, apa perbedaan mendasar antara Past Perfect Tense dengan Simple Past Tense? Artikel Materi Simple Past Tense dilengkapi Rumus, Penjelasan, dan Contoh Soalnya menjelaskan secara lengkap karakteristik tenses ini.

Bukankah kedua-duanya sama-sama mengambil waktu kejadian pada masa yang telah lampau?

Sebenarnya, perbedaan antara Simple Past Tense dengan Past Perfect Tense terletak pada sifat kejadian yang menjadi objek cerita.

Simple Past Tense merupakan tenses Bahasa Inggris yang menjelaskan aktivitas yang telah berlangsung pada masa lampau, tanpa menyebutkan hubungannya dengan masa sekarang.

Di sisi lain, Past Perfect Tense berbicara tentang aktivitas yang telah bermula pada masa lampau dan masih ada hubungannya dengan masa kini. Selain itu bisa juga untuk menceritakan aktivitas yang imbas atau efeknya masih terasa hingga saat ini.

Penggunaan Past Perfet Tense dalam Kalimat Bahasa Inggris

Penggunaan Past Perfect Tense biasanya juga disertai dengan kalimat lain dalam bentuk Simple Past Tense.

Hal tersebut bertujuan untuk memperlihatkan sesuatu kejadian yang telah selesai terjadi, sebelumnya harus ada pekerjaan lain yang mendahuluinya.

Tadi dikatakan bahwa penggunaan Past Perfect Tense biasa disertai dengan penggunaan Simple Past Tense. Jadi dalam sebuah kalimat terdapat dua bentuk tense untuk menyatakan dua buah aktivitas sekaligus.

Nah kesimpulannya, untuk menyatakan kedua buah aktivitas tersebut menggunakan beberapa bentuk kata sambung, misalnya before, after, while, meanwhile, dan sebagainya.

Sedangkan keterangan waktu pada Past Perfect Tense haruslah berbentuk past. Kalian masih ingat contoh-contoh keterangan waktu untuk menyatakan bentuk lampau atau past?

Ya, contoh kata keterangan waktu bentuk lampau atau past misalnya: last day, last week, last year, yesterday, two days ago, three months ago, dan sebagainya.

Sekarang mari kita bicarakan fungsi Past Perfect Tense dalam kalimat.

Baca Juga: 

Penjelasan Materi Past Continuous Tense dan Latihan Soal

Materi Simple Past Tense Dilengkapi Rumus, Penjelasan, dan Contoh Soalnya

Fungsi Past Perfect Tense

Berikut beberapa fungsi khusus penggunaan Past Perfect Tense dalam kalimat Bahasa Inggris.

Pertama, Past Perfect Tense berfungsi untuk menyatakan aktivitas yang telah terjadi sebelum kejadian lainnya pada masa lampau.

Contoh kalimat: I had not turned off the computer before I went out two days ago. (Saya lupa tidak mematikan computer sebelum saya pergi keluar dua hari yang lalu).

Kedua, Bentuk Past Perfect Tense juga berguna untuk menunjukkan aktivitas yang terjadi pada masa lalu.

Contohnya: I had already bought the Iron Maiden compilation albums before you recommended me to buy it. (Saya telah membeli album kompilasi Iron Maiden sebelum kamu merekomendasikanku untuk membelinya).

Ketiga, Selain itu, Past Perfect Tense juga dapat digunakan bersamaan dengan Past Future Tense untuk membentuk Conditional Sentence Type 2.

Contoh: If you had eaten before you travel, you would not sick like this. (Jika kamu telah makan sebelum bepergian, kamu tidak akan sakit seperti ini).

Setelah memahami fungsi Past Perfect Tense dalam kalimat Bahasa Inggris, sekarang perhatikan rumus baku pada kalimat berbentuk Past Perfect Tense.

Rumus Kalimat Past Perfect Tense

Secara struktur kalimatnya, Past Perfect Tense terdiri dari dua bentuk rumus, yaitu rumus past dan rumus perfect.

Ingat kembali bahwa rumus Past memiliki ciri utama berupa penggunaan kata kerja bentuk ke-2 atau Verb 2. Sedangkan pada bentuk Perfect menggunakan have / has + Verb-3.

Oleh karena itu penting untuk diingat! Karena bentuk kedua atau Verb-2 dari have / has adalah had dan ciri utama bentuk perfect adalah kata kerja bentuk ke-3 atau Verb-3, maka apabila bergabung akan menjadi:

Subject + had + Verb 3

Sedangkan untuk bentuk kalimat negatif (negative) dan kalimat pertanyaan (interrogative) memiliki peraturan perubahan yang berbeda.

Untuk lebih lengkapnya silahkan simak rumus kalimat Past Perfect Tense dalam tabel di bawah ini.

Materi dan Soal Exercise Past Perfect Tense Kelas 9 SMP

Contoh Kalimat Past Perfect Tense

Perhatikan contoh kalimat Past Perfect Tense di bawah ini agar pemahaman kalian lebih mendalam.

1. She died last week when she had giving a birth her daughter. (Dia meninggal saat dia melahirkan anak perempuannya).

2. Ria had checked the list of travel equipments before she had travelling. (Ria sudah memeriksa daftar barang bawaan sebelum dia melakukan perjalanan).

3. I had never seen her before, I did not know who she was. (Saya tidak pernah melihat dia sebelumnya, Saya tidak tahu siapa dia).

4. It had been a long time after we graduated from college. (Itu sudah lama sekali setelah kita lulus dari perguruan tinggi).

5. Mrs. Dinar had already giving all the materials before she gave us an examination. (Bu Dinar sudah memberikan semua materi sebelum dia memberikan ulangan).

6. I had cooked the food before I go to work. (Saya telah memasak makanan sebelum saya pergi bekerja).

7. I had given everything I have, but you broke my heart by leaving so easily. (Saya telah memberikan segalanya yang saya punya, tapi kamu menghancurkan hatiku dengan meninggalkanku semudah itu).

8. The audience applaused after the artist had given a very beautiful performance. (Para penonton bertepuk tangan setelah sang artis memberikan penampilan yang sangat bagus).

9. Had you lived in Yogyakarta before you lived here? (Sudahkah kamu tinggal di Yogyakarta sebelum kamu tinggal di sini?).

10. How long had you used the computer when I went out? (Berapa lama kamu menggunakan komputer di saat saya keluar?).

Masih banyak contoh kalimat Past Perfect Tense yang bisa kalian temukan. Coba kalian buat beberapa buah ya…

Contoh Soal Latihan Bahasa Inggris Materi Past Perfect Tense

Sekarang saatnya mengukur keterampilan dan pemahaman kalian terkait materi Past Perfect Tense dalam kalimat Bahasa Inggris melalui soal-soal berikut.

Change the sentence into Past Perfect Tense!

1. I was sleeping when they came to my house.

A. I was slept when they came to my house.

B. I had slept when they came to my house.

C. I have slept when they came to my house.

The correct answer is C.

2. Dian had lived in Bali.

A. Had Dian live in Bali?

B. Had Dian lived in Bali?

C. Is Dian living in Bali?

The correct answer is : B.

3. I was working when Dinar came.

A. I had not work when Dinar came.

B. I had not worked when Dinar came.

C. I had not worked when Dinar came.

The correct answer is : B.

4. Saya bertemu Dinar setelah saya menghadiri sebuah pesta.

A. I meet Dinar after I had attended a party.

B. I had met Dinar after I attended a party.

C. I met Dinar after I had attended a party.

The correct answer is : C.

Kalian dapat memperoleh lebih banyak lagi dengan mengakses tautan Contoh Soal Latihan Materi Past Perfect Tense.

Simak juga video penjelasan materi past perfect tense dalam kalimat Bahasa Inggris di bawah ini.

Artikel Terkait:

Contoh Soal Simple Past Tense

Materi Simple Present Tense: Pengertian, Rumus, dan Contohnya

Materi Simple Past Tense Dilengkapi Rumus, Penjelasan, dan Contoh Soalnya

Semoga materi dan contoh soal Past Perfect Tense Bahasa Inggris kali ini dapat memudahkan kalian dalam belajar. Semoga sukses.

Thank you.