Materi Text Procedure Bahasa Inggris Kelas 9

Blogdope.comProcedure text Bahasa Inggris merupakan materi pokok pembelajaran Bahasa Inggris jenjang kelas 9 SMP. Nah, pada pertemuan kali ini kita akan belajar bersama-sama materi procedure text Bahasa Inggris kelas 9 SMP dan contoh soalnya.

Teks prosedur atau procedure text dalam Bahasa Inggris merupakan jenis teks Bahasa Inggris yang digunakan untuk menjelaskan rangkaian kegiatan untuk membuat atau memproduksi sesuatu.

materi procedure text bahasa inggris

Baca Juga:

Pengertian Procedure Text

Coba perhatikan kehidupan kita sehari-hari, pasti ada saat ketika kita pernah membuat sesuatu seperti menyelesaikan suatu hal, memasak, membuat minuman, memperbaiki sesuatu, dan sebagainya.

Kalian pernah mendengar misalnya cara membuat kue bolu? Atau resep praktis membuat kopi ala barista? Atau Cara cepat melakukan instal sistem operasi komputer?

Rangkaian kegiatan atau prosedur untuk melakukan sesuatu berdasarkan sebuah petunjuk itulah yang dijabarkan dalam procedure text.

Pengertian lebih tepat mengenai teks prosedur atau procedure text ialah suatu genre atau jenis tulisan yang menunjukkan bagaimana cara membuat sesuatu atau cara melakukan sesuatu dengan berurutan.

Dengan kata lain petunjuk untuk membuat sesuatu, step by step.

Sedangkan tujuan dari procedure text adalah untuk memberikan petunjuk tentang cara melakukan sesuatu melalui serangkaian Tindakan atau langkah-langkah yang runtut.

Generic Structure of Procedure Text

Teks prosedur atau procedure text memiliki struktur baku dalam penyusunannya. Struktur baku atau generic structure dari procedure text terbagi ke dalam tiga bagian utama.

Ketiga bagian generic structure of procedure text tersebut meliputi hal-hal sebagai berikut.

1. Aim / Goal (Tujuan)

Procedure text tentu saja memiliki tujuan, sebagaimana jenis teks Bahasa Inggris yang lain. Nah, tujuan inilah yang kita kenal dengan aim atau goal.

Tujuan procedure text biasanya berupa judul ataupun deskripsi tentang apa yang akan diproduksi atau dilakukan.

2. Materials (Materi atau bahan-bahan)

Materials merupakan bagian procedure text Bahasa Inggris yang berisi daftar bahan dan alat untuk menyelesaikan procedure text serta tujuannya.

Meskipun demikian, tidak semua jenis procedure text menggunakan materials.

Faktanya, terdapat tiga jenis procedure text yang tidak menggunakan materials atau alat-alat sebagai pendukungnya.

Adapun ketiga jenis procedure text tersebut selengkapnya sebagai berikut.

a. Procedure text yang menjelaskan tentang bagaimana melakukan suatu instruksi secara manual, atau bagaimana sesuatu dapat bekerja. Misalnya: How to use the computer, the cellular phone, the facsimile, the juicer, dan lain-lain.

b. Procedure text yang mendeskripsikan peraturan dari bagaimana melakukan serangkaian kegiatan tertentu. Misalnya: flight safety rules, electronic sport game rules, dan sebagainya.

c. Procedure text yang memberitahukan manusia tentang kehidupan atau yang terkait dengan sifat dan kebiasaan manusia. Contoh: How to be rich, How to be usefull for human kind, how to get a girlfriend, dan sebagainya.

3. Steps (Langkah-langkah)

Steps merupakan bagian terpenting dari sebuah procedure text Bahasa Inggris. Pada bagian inilah serangkaian langkah-langkah prosedur dijabarkan secara berurutan.

Langkah-langkah yang terdapat dalam steps ini harus dilakukan secara berurutan sesuai petunjuk. Hal ini bertujuan agar tujuan atau aim/goal dari procedure text dapat tercapai.

Lalu, bagaimanakah cara membedakan procedure text dari jenis teks lain dalam Bahasa Inggris?

Untuk membedakan procedure text dengan jenis teks lain dalam Bahasa Inggris sebenarnya sangat mudah. Bisa berawal dari mengenali ciri-ciri procedure text itu sendiri.

Paparan di bawah ini akan menjabarkan ciri-ciri procedure text Bahasa Inggris secara lengkap.

Nah, agar kalian lebih mudah memahami tentang materi procedure text Bahasa Inggris ini, silahkan simak vieo pembelajaran berikut ya.

Artikel Terpopuler:

Ciri-ciri Procedure Text

Secara khusus, procedure text Bahasa Inggris memiliki beberapa ciri yang membedakan dengan jenis teks yang lain.

Mari kita simak selengkapnya ciri-ciri procedure text.

1. Menggunakan bentuk Simple Present Tense.

Kalimat-kalimat dalam procedure text menggunakan bentuk Simple Present Tense. (Baca Juga: Rumus Tenses Bahasa Inggris Lengkap)

Kalian tentu masih ingat materi Simple Present Tense bukan? Kalau lupa, coba baca lagi artikel Simple Present Tense akan membantu kalian mengingat kembali agar tidak lupa.

2. Procedure text menggunakan pola kalimat perintah atau Imperative. Beberapa contohnya antara lain: “Cut the pineapple into pieces”, “Don’t mix the chocolate with cheeze”, “Heat the oil for 2 minutes”, dan sebagainya. Selengkapnya tentang kalimat perintah atau imperative sentence dapat di baca pada postingan Materi Imperative Sentence Bahasa Inggris dan Contoh Soalnya.

3. Pada procedure text terdapat kata keterangan atau adverbials untuk menyatakan rincian waktu dan tempat. Contohnya: “Cook the mixture for 15 minutes”, “Boil the water for 30 minutes”, “Slice the cheeze into thin pieces”, dan sebagainya.

4. Dalam kalimat-kalimat pada procedure text menggunakan sequence adverbs seperti first, second, next, then, finally, while.

5. Procedure text juga menggunakan action verbs, misalnya: slice, plug, crack, cut, chop, boil, heat, mix, put, dan seterusnya.

Nah, setelah kalian mengetahui bagaimana membedakan procedure text Bahasa Inggris dengan jenis teks yang lain melalui ciri-cirinya, sekarang cobalah untuk memahami contoh procedure text di bawah ini.

Contoh Procedure Text 1

Berikut disajikan contoh procedure text Bahasa Inggris yang sederhana dan mudah untuk praktik.

HOW TO MAKE APPLE JUICE

(Cara Membuat Jus Apel)

Ingredients (Bahan-bahan)

2 ripe green apples (2 buah apel hijau)

1 cup water (satu gelas air)

2 tablespoons sugar (2 sendok gula)

A few ice cubes (es batu secukupnya)

Steps (Langkah-langkah Pembuatan)

1. Wash the apples to remove any dirt. Then pel the ripe apples. (Cuci apel untuk membuang kotoran. Kemudian kupas apelnya).

2. Cut the peeled apples into small pieces. (Potong apel yang telah dikupas sebelumnya menjadi bagian-bagian yang lebih kecil).

3. Put them in a blender together with crushed ice, water, and sugar. (Masukkan ke dalam blender Bersama dengan es yang sudah dihancurkan, air, dan gula).

4. Blend until smooth. (Blender sampai halus).

5. Run the blended mixture through a sieve. (Saring apel yang telah diblender menggunakan saringan).

6. Throw away the leftover pulp and apple fibers. (Buang serat dan kotoran apel).

7. Serve the juice in glasses with a piece of apple attached to the side for garnish. (Sajikan jus di dalam gelas dengan potongan apel di ujung gelas sebagai hiasan).

Contoh Procedure Text 2

HOW TO MAKE FRIED RICE WITH CHICKEN SAUSAGE

(Cara Membuat Nasi Goreng dengan Sosis Ayam)

Ingredients (Bahan-bahan)

3 cloves of garlic (3 siung bawang putih)

2 onions (2 butir bawang merah)

An egg (sebutir telur)

1 table spoon of vegetable oil (1 sendok minyak goreng)

A plate of rice (sepiring nasi)

A tablespoon of sweet ketchup

Salt (garam)

3 chicken sausage (3 batang sosis ayam)

Steps (Langkah-langkah Pembuatan)

First, chop garlics and onions and chicken sausages into small pieces. (Pertama-tama, potong-potong kecil bawang putih, bawang merah, dan sosis ayam).

Second, heat vegetable oil on a frying pan. (Kedua, panaskan minyak goreng di wajan penggorengan).

Third, put the chopped garlic, onion, and chicken sausages into the hot vegetable oil. Fry them a while. (Ketiga, masukkan potongan bawang merah, bawang putih, dan sosis ayam ke dalam minyak panas. Goreng sebentar saja).

Fourth, add an egg into the pan and stir them. (Keempat, masukkan telur ke dalam wajan dan aduk-aduk).

Fifth, put one plate of rice. Add sweet ketchup. Fry and mix them around 5 minutes. (Kelima, masukkan sepiring nasi. Tambahkan kecap manis. Goreng dan aduk-aduk selama kurang lebih 5 menit).

Sixth, add to pinces of salt. Continue frying until the rice is mixed perfectly. (Keenam, masukkan 2 jumput garam. Lanjutkan mengaduk sampai rata sempurna).

Finally, put the fried rice on a plate. Fried rice with chicken sausage is ready to serve. (Akhirnya, letakkan nasi goreng di atas piring. Nasi goreng dengan sosis ayam siap untuk disajikan).

Bagaimana, sederhana dan sangat mudah bukan?

Setelah mempelajari materi procedure text Bahasa Inggris kelas 9 SMP di atas, ada baiknya kalian melanjutkan dengan berlatih mengerjakan soal-soal terkait procedure text di sini.

SOAL PROCEDURE TEXT BAHASA INGGRIS

Baca Juga:

Semoga paparan lengkap materi procedure text Bahasa Inggris kelas 9 SMP ini dapat membantu kalian mempelajari Bahasa Inggris dengan lebih baik lagi.

Selamat belajar dan semoga sukses.

Thank you.

%d blogger menyukai ini: