* Mengapa Kita Harus Belajar Matematika? - BlogDope.com

Mengapa Kita Harus Belajar Matematika?

Blogdope.com – Mengapa kita harus belajar matematika? Terkadang pertanyaan sederhana ini begitu menggelitik benak kita. Mengapa Matematika menjadi pelajaran yang selalu ada di setiap jenjang pendidikan. Apa arti penting Matematika dibanding pelajaran lainnya?

Membicarakan Matematika tidak akan pernah habis dalam bilangan waktu. Sifat ilmu Matematika sangatlah kompleks.

Mengapa Kita Harus Belajar Matematika?

belajar matematika
Mengapa Kita Perlu Belajar Matematika?

Artikel Terkait:

Penting, Hindari 6 Kesalahan Fatal Ini Saat Belajar Matematika!

Satu hal yang pasti, bagi sebagian besar orang, Matematika adalah ilmu yang sulit untuk dipelajari.

Meskipun demikian, tetap saja wajib bagi kita untuk belajar Matematika. Karena sifatnya itulah, pemahaman terhadap konsep Matematika menjadi sangat penting.

Ulasan berikut adalah 7 alasan penting mengapa kita harus belajar matematika yang admin sarikan dari berbagai sumber.

Alasan 1 – Matematika Melatih Keterampilan Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif

Perkembangan dunia pendidikan dewasa ini mensyaratkan kemampuan dan keterampilan berpikir logis, kritis, dan kreatif. Baca artikel Kompetensi Keterampilan 4CS: Critical Thinking, Communication, Collaboration, Creativity

Hanya mereka yang memiliki kemampuan untuk berpikir logis, kritis, dan kreatif yang mampu bertahan dalam persaingan dunia kerja yang dirasa semakin kejam.

Nah, Matematika adalah wahana yang tepat untuk melatih keterampilan berpikir logis, kritis, dan juga kreatif.

Mengapa?

Karena pada saat kita berusaha memecahkan suatu permasalahan matematik, secara tidak langsung kita dituntut untuk menemukan solusi.

Upaya untuk menemukan solusi tersebut dilakukan dengan berbagai cara, asalkan tidak melanggar aturan-aturan Matematika.

Bentuk kegiatan inilah yang membuat otak menjadi terlatih.

Alasan 2 – Belajar Matematika Mengajarkan Ketelitian, Kecermatan, dan Menghindari Kecerobohan

Dalam usaha menyelesaikan persoalan Matematika, satu prinsip yang harus selalu dipegang adalah: JANGAN BURU-BURU.

Perasaan terburu-buru justru memicu munculnya resiko salah yang lebih besar. Jadi, alangkah lebih baiknya jika kita melakukannya secara perlahan.

Secara prinsip, Matematika adalah ilmu yang terstruktur. Oleh karena itu, jika pada awal tahapan kita sudah salah, maka seterusnya pun bisa salah.

Mempelajari Matematika haruslah secara perlahan dan penuh kehati-hatian. Dengan membiasakan ketelitian, kecermatan, dan kehati-hatian dapat menuntun kita untuk bersikap sama dalam kehidupan sehari-hari.

cara belajar matematika
Belajar Matematika Pondasi Penting Keterampilan Abad 21

Baca Juga : Apakah yang Dimaksud dengan Peluang Matematika? Simak Penjelasan, Rumus, dan Contoh Soalnya

Alasan 3 – Belajar Matematika dapat Melatih Kesabaran

Faktanya, belajar Matematika dapat melatih kesabaran. Matematika memang sulit untuk dipelajari bagi sebagian besar orang. Tapi bukan berarti tidak bisa untuk dipelajari, bukan?

Dalam mempelajari ilmu Matematika, kita tidak bisa langsung menuju ke materi yang kita ingin pelajari. Melainkan harus mempelajari konsep yang paling dasar terlebih dahulu.

Jika belum menguasai konsep dasarnya, maka jangan pernah untuk mencoba mempelajari materi prinsip. Niscaya kita akan kesulitan.

Sebab kembali lagi, Matematika adalah sebuah ilmu yang terstruktur.

Selama proses belajar Matematika, pasti akan muncul liku-liku permasalahan dan kesulitan yang merangsang kita untuk merasa menyerah.

Di saat-saat seperti inilah kesabaran kita dilatih. Jika kita mampu melewatinya, maka kita akan menjadi semakin dekat dengan Matematika.

Alasan 4 – Mempelajari Matematika Secara Tidak Langsung Menunjang Bidang Lainnya

Seperti kata-kata bijak “Matematika adalah ilmu dari segala ilmu” memang benarlah adanya. Hampir di setiap disiplin ilmu dalam berbagai bidang selalu ada Matematika.

Misalnya ilmu Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Teknik, Kedokteran, Teknologi, Geografi, Komputasi, Perbankan, dan sebagainya.

Bahkan untuk ilmu bahasa-pun memerlukan keberadaan Matematika dalam kegiatan menulis kreatif. Ingat, Matematika memicu orang berpikir logis dan kreatif.

Alasan 5 – Dalam Kehidupan Sehari-hari, Matematika Sangat Berguna

Ilmu Matematika memegang peranan penting, bahkan teramat penting, dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dalam hal berdagang.

Proses jual-beli selama berdagang akan menjadi lancar dan dapat diterima oleh kedua belah pihak. Baik pihak penjual maupun pihak pembeli.

Alasan 6 – Belajar Matematika adalah Tuntutan

Mempelajari Matematika, atau bahkan sampai menguasainya, niscaya merupakan sebuah tuntutan seiring perkembangan zaman.

Kemajuan berbagai bidang kehidupan yang demikian pesat mengharuskan kita untuk mengerahkan daya dan kemampuan untuk berpikir logis, bersikap kritis, dan kreatif.

Ketiga-tiganya dapat diolah bersamaan dengan mempelajari Matematika.

Alasan 7 – Matematika Menjanjikan Lapangan Kerja yang Luas

Fakta ini yang menjadi dambaan banyak orang, yaitu lapangan kerja yang luas. Ya, belajar Matematika ternyata menjanjikan lapangan kerja yang sangat luas.

Karena hanya sedikit orang yang tertarik dan mau mempelajari Matematika secara mendalam. Di sisi lain, banyak kebutuhan pekerjaan yang memerlukan keahlian Matematika.

Sehingga peluang untuk memperoleh pekerjaan sangat terbuka lebar.

Artikel Penting Lain:

Nah, itulah 7 alasan mengapa kita perlu belajar Matematika. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

Pastikan Anda sudah subscribe email ke blogdope.com untuk memperoleh berita dan informasi terbaru yang pastinya akan sangat berguna untuk Anda ketahui.

Akhirnya, admin ucapkan selamat belajar Matematika, semoga sukses.

Terima kasih.

Leave a Reply