* Beragam Fakta Unik Orangutan, Primata Berkecerdasan di atas Rata-rata

Mengenal Orangutan, si Kera Besar Asli Asia dengan Berbagai Fakta Unik dan Menarik

Blogdope.comMengenal Orangutan, si Kera Besar Asli Asia dengan Berbagai Fakta Unik dan Menarik. Orangutan seringkali disamakan dengan simpanse, monyet, dan gorila. Meskipun pada kenyataannya masing-masing adalah jenis hewan yang berbeda.

Orangutan termasuk keluarga hewan kera besar. Uniknya, orangutan hanya ditemukan di Asia. Sedangkan kera besar jenis simpanse dan gorila ditemukan di benua Afrika.

Mengenal Orangutan, si Kera Besar Asli Asia dengan Berbagai Fakta Unik dan Menarik

fakta unik seputar orangutan
Orangutan, Hewan Primata asli Asia Berjuluk si Kera Besar

Baca Juga : Tupai, si Imut Berwajah Lucu dengan Aneka Fakta Unik dan Menarik

Secara ilmiah, terdapat tiga spesies orangutan. Pertama, spesies orangutan Borneo yang bernama latin Pongo pygmaeus. Spesies orangutan ini tersebar di seluruh Pulau Kalimantan dan Malaysia (Sabah dan Sarawak).

Kedua, spesies orangutan Sumatera atau Pongo abelii. Habitat hidup orangutan spesies ini berada di Pulau Sumatra.

Ketiga, spesies orangutan Tapanuli yang bernama latin Pongo tapanuliensis. Ini adalah spesies orangutan asli dari Tapanuli Selatan.

Pada postingan kali ini akan admin uraikan beragam fakta unik orangutan yang disarikan dari berbagai sumber.

Ragam Fakta Unik Orangutan

Fakta 1 – Orangutan Sangat Menyukai Tidur

Selain tupai, orangutan juga terkenal sebagai hewan yang lebih suka menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Aktivitas tidur orangutan dilakukannya di atas pohon-pohon besar.

Mereka bisa tidur sepanjang malam hingga pagi, kemudian orangutan kembali tidur di waktu siang.

Uniknya, orangutan akan mempersiapkan tempat tidur mereka dengan baik. Orangutan menata dedaunan dan ranting-ranting pohon sebagai alas tidur sehingga mereka dapat tidur dengan nyaman.

Dalam satu hari, orangutan membuat dua sampai tiga kali sarang untuk tidur. Ukuran lebarnya mencapai sekitar satu meter.

Kebiasaan membuat sarang dilakukan orangutan di pagi hari. Sarang ini dipergunakan untuk istirahat dan bermain.

Selain orangutan jantan, jenis orangutan betina juga membuat sarang khusus untuk melahirkan.

Baca : Tupai, si Imut Berwajah Lucu dengan Aneka Fakta Unik dan Menarik

Fakta 2 – Orangutan Sangat Suka Menjelajah

Di samping kebiasaannya yang sangat menyukai tidur, orangutan juga memiliki satu lagi kebiasaan yang unik. Orangutan sangat menyukai aktivitas menjelajah.

Jarang sekali kita melihat orangutan liar yang bermain di atas tanah. Begitu juga orangutan yang jinak dan bertempat tinggal di kebun binatang.

Berdasarkan serangkaian penelitian yang telah dilakukan, orangutan dewasa berjenis kelamin betina mempunyai daerah jelajah sampai sejauh 916 meter per hari. Luasan wilayah jelajah orangutan betina dewasa dapat mencapai 12,5 hektar.

Sedangkan pada orangutan dewasa berkelamin jantan, daerah jelajahnya mencapai 651 meter setiap hari. Adapun luas wilayah jelajahnya dapat mencapai 46 hektar.

Variasi jarak jelajah dan luasan daerah jelajah orangutan dipengaruhi dua faktor. Pertama, ketersediaan bahan makanan. Kedua, interaksi sosial.

fakta unik seputar orangutan
Orangutan Terancam Punah karena Perilaku Manusia

Baca Juga : Edelweis, Bunga Lambang Keabadian dengan Serangkaian Fakta Unik dan Menarik

Fakta 3 – Orangutan Berbeda dengan Monyet

Banyak orang menyamakan orangutan dengan sejenis monyet. Anggapan ini sepenuhnya tidak benar. Hewan orangutan tidak termasuk kategori monyet.

Orangutan termasuk ke dalam keluarga hewan kera besar, sama halnya dengan gorila, simpanse, dan juga lutung.

Ciri yang membedakan antara orangutan dengan monyet diantaranya orangutam tidak memiliki ekor yang panjang selayaknya monyet.

Keluarga primata berjenis monyet dalam bahasa Inggris disebut dengan monkey. Sementara itu, keluarga primata yang berjenis kera disebut dengan ape.

Fakta 4 – Buah adalah Makanan yang Paling Disukai Orangutan

Fakta unik orangutan berikutnya berkaitan dengan makanan yang paling disukai. Lebih dari 60% orangutan paling menyukai buah-buahan. Sementara sisanya lebih menyukai memakan daun-daun muda, kulit pohon, dan serangga berukuran kecil.

Dalam satu area jelajah, orangutan menghabiskan setidaknya 100 jenis buah yang menjadi menu makanan rutin mereka.

Selama tidak musim buah, orangutan akan mencari sumber makanan lain. Mereka pun memiliki cadangan lemak di dalam tubuhnya untuk mengantisipasi masa-masa sebelum musim buah.

Fakta 5 – Orangutan Diambang Kepunahan

Satu fakta yang menjadi keprihatinan dunia adalah bahwa ternyata populasi orangutan berada di ambang kepunahan.

Populasi orangutan saat ini menurun dengan cepat dan signifikan.

Adapun faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya penurunan populasi orangutan tersebtu diantaranya pembalakan hutan dan aktivitas perburuan secara liar.

Perlu Anda ketahui juga bahwa orangutan termasuk komoditas yang memiliki nilai jual tinggi sebagai hewan piaraan.

Organisasi internasional untuk konservasi alam dan sumber daya alam (IUCN) memasukkan orangutan ke dalam klasifikasi hewan yang terancam punah.

fakta unik dan menarik tentang orangutan
Orangutan, Primata dengan Kecerdasan Di atas Rata-rata

Baca Juga : Cantiknya Burung Merak dengan Warna-warni Bulu dan Segudang Fakta Unik Lainnya

Fakta 6 – Orangutan Hidup Berkoloni

Orangutan hidup secara berkoloni. Fakta unik ini berasal dari kuatnya ikatan batin yang dimiliki oleh orangutan. Terutama ikatan batin yang terjadi antara ibu dan bayi-bayi orangutan.

Selain hidup berkelompok, induk orangutan akan membiarkan bayi-bayi mereka bermain dan belajar bersama.

Di sisi lain, orangutan jantan meninggalkan induknya untuk mencegah terjadinya perkawinan sedarah (incest). Kedewasaan seksual orangutan jantan dicapai pada usia 15 tahun.

Fakta 7 – Jarak Kelahiran Bayi Orangutan Mencapai 7 Tahun

Salah satu faktor yang juga memicu terjadinya ancaman kepunahan populasi orangutan adalah jauhnya jarak kelahiran bayi orangutan.

Berdasarkan penelitian, orangutan berjenis kelamin betina akan melahirkan bayi setelah mengandung selama kurang lebih 8,5 bulan. Betina orangutan tidak akan melahirkan lagi sampai bayi sebelumnya mencapai umur 7 tahun.

Dalam dunia hewan, jarak kelahiran bayi orangutan menjadi yang terpanjang. Rentang kelahiran yang demikian jauh memungkinkan induk orangutan untuk memberikan perhatian penuh pada bayinya.

Ia akan mengajarkan keterampilan-keterampilan yang nantinya dibutuhkan oleh bayinya untuk bertahan hidup dan mandiri ketika sudah dewasa.

Selama tinggal dengan induknya, bayi orangutan akan memperoleh perlindungan. Selain itu ia juga akan diberikan pelajaran kehidupan di hutan. Utamanya kemampuan mencari dan menemukan sumber pangan penting.

Fakta 8 – Orangutan Memiliki Kemampuan Memecahkan Masalah dengan Cepat

Sudah sejak lama manusia mengenal orangutan sebagai hewan yang sangat cerdas. Saking cerdasnya orangutan dapat memiliki kemampuan memecahkan masalah dengan cepat.

Orangutan memanfaatkan hal-hal di lingkungannya sebagai peralatan pendukung kehidupan dan juga sebagai bahan obat-obatan.

Cara orangutan dalam memecahkan masalah dapat berbeda antara populasi orangutan yang satu dengan yang lainnya.

Mereka akan saling mempelajari bagaimana cara menyelesaikan permasalahan dari kawanan lain. Biasanya keterampilan baru ini akan saling dibagi pada saat bertemu. Ini terjadi terutama pada saat masa-masa ketersediaan bahan pangan yang tinggi.

Sedikit berbeda dengan orangutan yang berada di pusat rehabilitasi khusus. Di tempat yang menyediakan pakan tidak terbatas seperti itu, orangutan dapat mengembangkan dan berbagi keterampilan dengan sangat cepat.

Mereka saling mengajarkan keterampilan memancing, berenang menggunakan pelampung, dan juga cara menggunakan alat untuk memperoleh makanan secara efektif.

fakta unik tentang orangutan
Layaknya Manusia, Orangutan Menghindari Perkawinan Sedarah (Incest)

Baca : Beragam Fakta Unik dan Menarik di balik Keindahan Bunga Teratai

Fakta 9 – Long Call untuk Menarik Perhatian Lawan Jenis

Ketika sudah matang secara seksual, orangutan dewasa yang berusia sekitar 18 sampai 20 tahun mengembangkan karakteristik seksual sekunder mereka.

Tujuannya jelas, untuk menarik perhatian lawan jenis.

Orangutan jantan yang sudah dewasa mampu memanfaatkan bantalan pipi dan kantung suara, yang kemudian menghasilkan suara khas berupa long call.

Selain untuk menarik perhatian para orangutan betina, panggilan dengan suara panjang (long call) juga digunakan untuk memberi peringatan kepada sesama orangutan jantan lainnya.

Satu hal unik lagi, orangutan akan saling berkompetisi untuk menjadi yang paling kuat dan dominan pada kawanannya.

Artikel Menarik Lainnya:

Nah, itulah rangkaian fakta unik seputar orangutan yang perlu kita ketahui. Mari kita turut serta dalam upaya melestarikan populasi orangutan sekaligus mencegah kepunahannya.

Semoga artikel ini dapat menambah luas pengetahuan dan wawasan Anda semua.

Pastikan Anda sudah subscribe email ke blogdope.com agar tidak kektinggalan update informasi dan berita yang lain.

Terima kasih.

Leave a Reply