Mengenal Sejarah Perkembangan Aplikasi Microsoft Excel

Blogdope.comSejarah Perkembangan Aplikasi Microsoft Excel. Halo, Sahabat! Pada perjumpaan kali ini kita akan bersama-sama belajar tentang sejarah perkembangan aplikasi Microsoft Excel.

Tentu nama aplikasi Microsoft Excel sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita bukan?

perkembangan aplikasi microsoft excel
Aplikasi Microsoft Excel

Ya, tentu saja aplikasi yang satu ini tidak terdengar asing bagi telinga kita. Karena bisa dikatakan bahwa Microsoft Excel adalah nama terkemuka untuk jenis aplikasi atau perangkat lunak pengolah angka.

Sebelum kita mengulik lebih dalam lagi tentang aplikasi Excel, ada baiknya kita mengetahui pengertiannya terlebih dahulu.

Baca Juga:

Pengertian Blog Beserta Fungsi dan Contohnya

Pengertian Aplikasi Microsoft Excel

Microsoft Excel pada dasarnya merupakan program aplikasi yang berbasis spreadsheet dan diproduksi oleh Microsoft Corporation. Pada awal perkembangannya, Microsoft mendesain aplikasi ini untuk berjalan di bawah sistem operasi Microsoft Windows.

Akan tetapi seiring perkembangan zaman, aplikasi ini bisa juga berjalan di bawah sistem operasi yang lain dengan beberapa pengaturan.

Selain dengan menginstalasinya ke dalam perangkat komputer, aplikasi Microsoft Excel juga dapat dipergunakan secara daring atau online. Dengan artian kita tidak perlu menginstalnya ke dalam komputer, melainkan langsung mengoperasikannya melalui jaringan internet.

Saking terkenalnya, banyak sebutan untuk aplikasi Microsoft Excel. Ada yang menyebutnya dengan MS Excel, Microsoft Office Excel, atau bahkan Excel begitu saja.

Sebenarnya, banyak juga perangkat lunak atau aplikasi kompetitor Excel. Misalnya saja LibreOffice Calc, IBM Lotus, OpenOffice, dan lain sebagainya. Akan tetapi tetap saja, nama Excel selalu menjadi yang terdepan.

Aplikasi Microsoft Excel merupakan salah satu bagian dari paket program Microsoft Office yang diproduksi oleh Microsoft. Oleh karenanya, nama resmi dari aplikasi ini adalah Microsoft Office Excel.

Secara khusus, Excel didesain untuk membantu kita dalam melakukan pengolahan data-data berupa angka. Meskipun tentu saja tidak hanya untuk mengolah angka, Microsoft Excel juga dapat bermanfaat untuk hal-hal lain.

Silahkan Baca Juga:

Seluk Beluk Finlandia : Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Fitur Khusus Aplikasi Microsoft Excel

rumus excel
Ilustrasi Penggunaan Rumus dalam Aplikasi Microsoft Excel

Ciri khas yang membuat Excel menjadi terkenal adalah kelengkapan fitur dan rumus serta fungsi yang kemudian kita kenal dengan sebutan rumus Excel.

Tentu saja dengan keberadaan rumus Excel ini sangat membantu mempermudah kita dalam menyelesaikan beragam keperluan pekerjaan dan sekolah.

Rumus Excel dapat dipakai untuk menyelesaikan segala macam perhitungan, dari perhitungan yang sederhana sampai dengan perhitungan yang kompleks. Sedangkan jenis data yang bisa di olah bisa berupa data angka, teks, tanggal, waktu, atau kombinasi data-data tersebut.

Berkas pada aplikasi Microsoft Excel kita kenal dengan sebutan Workbook. Di dalamnya terdapat beberapa lembar kerja atau Worksheet atau yang sering kita sebut dengan nama sheet saja.

Apabila dibuat perumpamaan berupa buku, maka Workbook adalah buku itu sendiri secara keseluruhan sedangkan sheet adalah lembar-lembar kertas yang terdapat dalam buku.

Di dalam sheet inilah kita bekerja dengan tampilan lembar kerja berupa kolom dan baris. Bagian kolom dan baris tersebut kemudian saling berpotongan membentuk kotak-kotak kecil yang disebut dengan sel (cells).

Sejarah Perkembangan Aplikasi Microsoft Excel

Diluncurkan pertama kali pada tahun 1985, aplikasi Excel versi awal ini masih terbatas peruntukannya untuk sistem operasi MacOS atau Macintosh. Ketika itu aplikasi ini hanya bernama Excel saja.

Karena terjadi persaingan dagang dan hak kepemilikan serta paten yang berlaku internasional, Microsoft kemudian merubah nama aplikasi dari Excel menjadi Microsoft Excel. Di kemudian hari, Microsoft membeli hak paten dari produk aplikasi Excel.

Sekira tahun 1987, aplikasi Excel yang berjalan di bawah sistem operasi Microsoft Windows resmi diluncurkan dengan nama Excel 2.0. Satu tahun berikutnya, aplikasi Microsoft Excel menguasai pasaran perangkat lunak pengolah angka di seluruh dunia.

Tampilan antarmuka atau interface aplikasi Microsoft Excel mengalami perubahan desain yang masif pada saat Microsoft memutuskan untuk memasukkan aplikasi ini ke dalam paket program Microsoft Office.

Meskipun sudah mencapai popularitas yang mendunia, Microsoft tidak berhenti melakukan pengembangan terhadap aplikasi Excel. Salah satu contohnya adalah integrasi bahasa pemrograman Visual Basic for Application (VBA).

Dengan penambahan ini, Excel jadi memiliki kemampuan untuk menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan sendiri oleh pengguna ke dalam workbook-nya.

Bahkan seiring perkembangan dan kemajuan teknologi komputasi, pengguna dan programmer dapat membuat program komputer berbasis Excel dengan fitur Integrated Development Environment (IDE).

Excel juga menyediakan fitur untuk merekam aktivitas pengguna selama menggunakan aplikasi, sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan otomasi pengerjaan tugas.

Microsoft Excel menggunakan ekstensi file .xls mulai dari versi Excel 2.0 sampai dengan versi 11.0 atau yang kita kenal dengan nama Microsoft Excel 2003. Sedangkan pada versi Excel 12.0 atau nama resminya Microsoft Excel 2007, ekstensi yang digunakan berubah menjadi .xlsx.

Perkembangan Antarmuka atau Interface Aplikasi Excel

Berikut admin sajikan perkembangan tampilan antarmuka atau interface aplikasi Microsoft Excel dari tahun ke tahun.

Perkembangan tampilan antarmuka aplikasi Microsoft Excel ini hanya untuk versi aplikasi yang berjalan di bawah sistem operasi Microsoft Windows. Sedangkan untuk sistem operasi yang lain, Anda dapat memperolehnya dari sumber-sumber yang lain.

Perubahan perkembangan aplikasi Excel versi Windows sebagai berikut.

1. Microsoft Excel Versi 2.0 (1987)

2. Microsoft Excel Versi 3.0 (1990)

3. Microsoft Excel Versi 4.0 (1992)

4. Microsoft Excel Versi 5.0 (1993)

5. Microsoft Excel Versi 7.0 (1995). Selanjutnya disebut dengan Microsoft Excel 95.

microsoft excel 95
Tampilan Antarmuka Aplikasi Microsoft Excel 95

6. Microsoft Excel Versi 8.0 (1997). Versi aplikasi ini kemudian terkenal dengan sebutan Microsoft Excel 97.

7. Microsoft Excel Versi 9.0 (2000). Kita kemudian mengenalnya dengan nama Microsoft Excel 2000.

microsoft excel 2000
Antarmuka Aplikasi Microsoft Excel 2000

8. Microsoft Excel Versi 11.0 (2003)

Microsoft Excel 2003
Penampakan Antarmuka Aplikasi Excel 2003

9. Microsoft Excel Versi 12.0 (2007)

Microsoft Excel 2007
Tampilan Microsoft Excel 2007

10. Microsoft Excel Versi 14.0 (2010)

Microsoft Excel 2010
Antarmuka Aplikasi Microsoft Excel 2010

11. Microsoft Excel Versi 15.0 (2013)

Microsoft Excel 2013
Tampilan Aplikasi Microsoft Excel 2013

12. Microsoft Excel Versi 16.0 (2016)

Microsoft Excel 2016
Interface Aplikasi Excel 2016

13. Microsoft Excel Versi 2019

aplikasi microsoft excel 2019
Tampilan Aplikasi Microsoft Excel 2019

Artikel Terpopuler Lainnya:

Demikian pembahasan mengenai sejarah perkembangan aplikasi Microsoft Excel pada kesempatan kali ini.

Pada perjumpaan selanjutnya kita akan mempelajari bagian-bagian pada antarmuka pengguna aplikasi Excel dan fungsinya.

Selamat belajar, semoga sukses.

Terima kasih.

%d blogger menyukai ini: