Mengenal Sejarah Perkembangan Aplikasi Microsoft Word dan Fungsinya

Blogdope.com – Halo, Sahabat! Kita kembali bertemu pada seri postingan teknologi komputasi. Kali ini kita akan membahas tentang sejarah perkembangan dan fungsi aplikasi Microsoft Word.

Microsoft tak pelak menjadi perusahaan terbesar dalam kerangka aplikasi komputer. Perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates (Baca: Biografi Singkat Bill Gates, Pendiri Microsoft) dan Paul Allen ini merupakan penguasa bisnis perangkat lunak dunia beberapa dekade terakhir.

Sejarah dan Fungsi Aplikasi Microsoft Word

sejarah perkembangan aplikasi microsoft word
Aplikasi Microsoft Word dan Sejarah Perkembangannya

Dari sekian banyak produk perangkat lunak yang menjadi lini bisnis utama Microsoft, nama Microsoft Word menjadi salah satu penyumbang sumber pendapatan terbesar perusahaan bisnis ini.

Aplikasi Microsoft Word saat ini masuk dalam paket program Microsoft Office dengan versi terbaru rilis pada tahun 2019 dengan nama resmi Microsoft Office 2019.

Mari kita awali pembahasan mengenai sejarah aplikasi Microsoft Word dan fungsinya.

Baca Juga:

Mengenal Sejarah Perkembangan Aplikasi Microsoft Excel

Pengertian Aplikasi Microsoft Word

Aplikasi Microsoft Word, atau nama produk resminya Microsoft Office Word, merupakan aplikasi pengolah kata produksi Microsoft Corporation.

Sebagai aplikasi pengolah kata, Microsoft Word dapat bermanfaat untuk memproses, memformat, memanipulasi, dan menyimpan beragam dokumen berbasis teks menggunakan komputer.

Seiring perkembangan teknologi komputasi, Microsoft Word menjelma menjadi aplikasi pengolah kata terpopuler di dunia sampai saat ini.

Terdapat setidaknya 1 miliar perangkat yang memasang dan menggunakan aplikasi Microsoft Word sebagai pengolah kata.

Salah satu fitur yang menjadikan aplikasi Microsoft Word terkenal adalah kemudahan antar muka dari sisi pengguna. Selain itu juga terdapat beragam fitur canggih yang sangat bermanfaat bagi pengguna untuk meningkatkan produktifitas kerjanya.

Merebaknya penggunaan telepon seluler dan perkembangan teknologi yang menyertainya, membuat Microsoft ikut terjun dalam perlombaan pembuatan aplikasi yang bisa berjalan di atas sistem operasi telepon seluler.

Sekarang ini, kita dapat menggunakan aplikasi Microsoft Word pada perangkat telepon seluler utamanya yang menggunakan sistem operasi Android.

Baca Juga:

Seri Biografi Ilmuwan: Andre Marie Ampere Penemu Hukum Ampere

Meskipun faktanya aplikasi Microsoft Word versi ponsel tidaklah selengkap aplikasi pada versi desktop komputer, akan tetapi sudah sangat memadai untuk melakukan pengolahan dokumen berbasis teks.

Sejarah Singkat Perkembangan Aplikasi Microsoft Word

Mengenal sejarah perkembangan aplikasi Microsfot Word tak bisa lepas dari aplikasi pengolah kata sederhana yang bernama Word.

Charles Simonyi dan Richard Brodie, keduanya adalah mantan programmer pada perusahaan Xerox, adalah dua nama yang mengembangkan aplikasi Word.

Pada awal kemunculannya pada sekira bulan Oktober tahun 1983, aplikasi ini diluncurkan dengan nama Multi -Tool Word 1.0. Ketika itu, Charles Simonyi dan Richard Brodie sudah berstatus sebagai karyawan Microsoft sejak tahun 1981.

Aplikasi Multi-Tool Word dirancang untuk berjalan di atas sistem operasi komputer berbasis UNIX.

Sejak dari kemunculannya, Microsoft telah menerapkan konsep WYSIWYG (What You See Is What You Get). Konsep ini kurang lebih bermakna apapun yang terlihat pada monitor komputer maka itulah yang akan diperoleh pada saat tercetak pada mesin pencetak.

Perkembangan awal aplikasi Microsoft Word belumlah sepopuler sekarang. Pada zamannya, aplikasi pengolah kata dikuasai oleh program bernama WordStar dan Wordperfect.

Microsoft kemudian melakukan pengembangan aplikasi lebih lanjut dengan merilis versi 2.0 pada sekira tahun 1985.

Fitur-fitur yang ditambahkan ke dalam aplikasi Microsoft Word versi baru ini misalnya fitur pemeriksaan ejaan (spelling) dan penghitung jumlah kata (Word Counter).

Selain itu, Microsoft juga terus mengembangkan perangkat lunak ini untuk dapat berjalan pada sistem operasi selain UNIX, termasuk di dalamnya sistem operasi DOS dan Macintosh.

Tahap Perkembangan Aplikasi Microsoft Word

Tahun 1993, Microsoft merilis Word versi 6.0 yang bisa berjalan pada semua sistem operasi yang lazim digunakan pada saat itu. Word 6.0 juga menjadi versi terakhir yang bisa berjalan pada sistem operasi DOS dan juga versi terakhir yang penamaannya menggunakan nomor versi.

Pada versi berikutnya, Microsoft menamai perangkat lunaknya sesuai dengan tahun rilis produk perangkat lunak tersebut.

Perkembangan aplikasi Microsoft Word kurang lebih tergambar pada daftar urutan di bawah ini.

1. Word for DOS

2. Word for Windows (Tahun 1989 – 1995)

3. Microsoft Office Word 95 (Windows 95)

4. Microsoft Office Word 97 (Windows XP)

5. Microsoft Office Word 2000 (Windows 2000)

6. Microsoft Office Word 2003

7. Microsoft Office Word 2007

8. Microsoft Office Word 2010

9. Microsoft Office Word 2013

10. Microsoft Office Word 2016

11. Microsoft Office Word 2019

Selain versi-versi mayor tersebut di atas, juga terdapat aplikasi Microsoft Word versi minor (pengembangan dengan skala lebih kecil). Misalnya pada versi aplikasi Microsoft Word 98, Microsoft Office 2001, dan seterusnya.

Tampilan Antarmuka Pengguna Aplikasi Microsoft Word

Pada rilis aplikasi Microsoft Office Word versi mayor, terdapat perbedaan desain dan antarmuka dari sisi pengguna yang cukup besar.

Selengkapnya dapat dilihat di bawah ini.

1. Word for DOS

Aplikasi Word for DOS dirancang untuk bisa berjalan di atas sistem operasi DOS (Disk Operating System) yang sangat populer pada saat itu.

Tampilan antarmuka pengguna pada versi aplikasi ini masih sangat sederhana sesuai dengan tampilan antarmuka pengguna sistem operasi DOS.

2. Word for Windows (Tahun 1989 – 1995)

Sedangkan pada aplikasi Word for Windows yang berjalan di atas sistem operasi Microsoft Windows sudah mengadopsi serangkaian peningkatan sesuai dengan sistem operasinya.

Penggunaan menu dan icon meskipun masih berbentuk sederhana dan monokrom (satu warna) mulai diperkenalkan.

Kumpulan menu dan ikon tersebut menjadikan pengguna lebih mudah untuk memilih fitur sesuai kebutuhannya

3. Microsoft Office Word 95 (Windows 95)

Kemunculan sistem operasi Sistem Microsoft Windows 95 tak pelak menjadi tonggak perubahan terbesar pada perkembangan perangkat lunak Microsoft Word. Aplikasi yang pada awal perkembangannya berdiri sebagai sebuah aplikasi mandiri sekarang masuk pada paket aplikasi Microsoft Office.

Sehingga nama resmi dan nama dagang produk ini ialah Microsoft Office Word 95.

Dari sisi tampilan antarmuka, aplikasi ini sudah mengadopsi tampilan yang full color. Pun demikian halnya dengan ikon-ikon yang terdapat di dalamnya.

4. Microsoft Office Word 97 (Windows XP)

Microsoft Office Word 97 yang kemunculannya beriringan dengan pengembangan sistem operasi Microsoft Windows XP semakin menancapkan dominasi aplikasi ini sebagai pemain terbesar perangkat lunak pengolah kata.

5. Microsoft Office Word 2000 (Windows 2000)

Microsoft Office Word 2000 dirilis untuk mengikuti perilisan sistem operasi Microsoft Windows 2000, yang mana dikembangkan menyesuaikan tema milenial pada saat itu.

6. Microsoft Office Word 2003

Pada versi Microsoft Office 2003, sebenarnya tidak terlalu banyak penambahan fitur di dalamnya. Akan tetapi tetap saja tingkat popularitasnya semakin meningkat dan penggunaanya semakin meluas.

7. Microsoft Office Word 2007

Microsoft Office Word 2007 mulai memperkenalkan penggunaan ribbon menu dan office button. Ikon-ikon dikelompokkan sesuatu kategori fungsi umumnya dengan harapan dapat lebih mempermudah pengguna.

8. Microsoft Office Word 2010

Untuk menjawab keluhan pengguna terhadap keberadaan ribbon menu dan office button yang agak membingungkan.

Pada versi ini, Microsoft mengembalikan menu tradisional dengan tetap menyertakan ribbon menu sebagai opsional.

9. Microsoft Office Word 2013

Microsoft Office Word 2013 benar-benar merubah desain antarmuka pengguna menjadi lebih simpel dan elegan, di samping mempercepat waktu pemanggilan aplikasi untuk pertama kali.

Tentu saja pengalaman berharga ini sangat berpengaruh pada tingkat kepuasan pengguna.

10. Microsoft Office Word 2016

11. Microsoft Office Word 2019

Fungsi Aplikasi Microsoft Word

Microsoft Word secara umum memiliki fungsi untuk membuat, menyimpan, mengolah, dan mencetak dokumen berbasis teks. Selain itu, masih banyak fungsi dan kegunaan lain dari aplikasi Microsoft Word dalam kehidupan kita sehari-hari.

Apabila fungsi aplikasi Microsoft Word dibuat pengelompokan, setidaknya terdapat kelompok kegunaan aplikasi ini sebagai berikut.

1. Membuat dokumen dan makalah

Aplikasi Microsoft Word memungkinkan kita untuk membuat dokumen teks dan makalah. Dengan beragam fitur dan desainnya, aplikasi ini sangat memudahkan pengguna agar dapat membuat dokuemn teks yang bagus dan menarik.

Pada perkembangannya, kita dapat memasukkan beragam gambar, tata letak, dan ornamen dari sumber yang lain ke dalam dokumen Microsoft Word.

Sehingga berkas yang dihasilkan menjadi lebih menarik tampilannya.

2. Menyusun surat

Hampir semua bentuk surat dapat dibuat memanfaatkan aplikasi Microsoft Word. Banyaknya tools (alat) yang tersedia pada aplikasi Word memungkinkan pengguna untuk membuat beragam format surat sesuai kebutuhan.

3. Daftar Riwayat Hidup dan Resume

Format standar atau template daftar riwayat hidup (Curriculum Vitae) dan resume yang sudah tersedia di dalam aplikasi Microsoft Word sangat bermanfaat bagi pengguna.

Dengan demikian CV yang akan dibuat menjadi nampak lebih profesional. Selain itu, format standar tersebut masih mungkin untuk kita edit menyesuaikan kebutuhan dan keinginan pengguna.

4. Fungsi lainnya

Selain fungsi-fungsi yang telah dijabarkan di atas, Microsoft Word juga memiliki segudang fungsi lain yang tidak kalah bagus. Beberapa di antaranya misalnya untuk membuat laporan, poster, katalog, brosur, faktur, dan lain sebagainya.

Demikian pembahasan tentang mengenal sejarah perkembangan aplikasi Microsfot Word dan fungsinya dalam kehidupan. Semoga dapat menambah khasanah wawasan dan pengetahuan Anda dalam teknologi komputasi.

Terima kasih.

%d blogger menyukai ini: