* Biografi Charles Babbage Penemu Komputer Pertama di Dunia

Mengenal Sosok Charles Babbage sang Penemu Komputer Pertama di Dunia

Blogdope.comMengenal Charles Babbage sang Penemu Komputer Pertama. Perkembangan teknologi komputer tidak bisa lepas dari nama Charles Babbage. Beliau merupakan ahli Matematika yang kemudian kita kenal sebagai “Bapak Komputer”.

Pemikian beliau tentang sebuah komputer yang bisa diprogram menjadi terobosan besar teknologi komputasi.

Sebagian besar dari mesin percobaan yang dikembangkan oleh Babbage sekarang di simpan di Museum Sains London.

komputer PC
Ilustrasi Seperangkat Komputer Desktop

Baca : John Gorrie, Inilah Biografi Sosok Penemu Mesin Air Conditioner AC Pertama di Dunia

Riwayat Hidup Charless Babbage, si Bapak Komputer

Charles Babbage lahir pada tanggal 26 Desember 1792. Pada usia 79 tahun, tepatnya pada tanggal 18 Oktober 1871, beliau meninggal dunia.

Anak-anak dari Charles Babbage seluruhnya berjumlah 9 orang. Pada masa itu sangat lazim jika memiliki banyak anak. Sedangkan nama anak-anak dari keluarga Babbage adalah:

  • Pertama, Benjamin Herschel Babbage
  • Kedua, Charles Whitmore Babbage
  • Ketiga, Georgiana Whitmore Babbage
  • Keempat, Edward Stewart Babbage
  • Kelima, Francis Moore Babbage
  • Keenam, Dugald Bromheald Babbage
  • Ketujuh, Henry Prevost Babbage
  • Kedelapan, Alexander Forbes Babbage,
  • Kesembilan, Timothy Grant Babbage

Baca : Mari Mengulik Sosok Matt Mullenweg sang Penemu Platform Blogging WordPress

Sebelum penemuan mesin hitung, proses perhitungan yang dilakukan menggunakan tabel matematika seringkali mengalami kesalahan.

Kesalahan-kesalahan perhitungan inilah yang oleh Charles Babbage kemudian dijadikan hipotesis. Beliau berkeinginan untuk mengembangkan cara berhitung secara mekanik berbantuan mesin.

Ketika itu, sebuah purwarupa mesin hitung sudah dikerjakan oleh Wilhelm Schickard, Blaise Pascal, dan Gottfried Leibniz.

biografi penemu komputer
Charles Babbage, Biografi Sosok Penemu Komputer Pertama di Dunia(source: britannica.com)

Baca Juga: Biografi Blaise Pascal Penemu Mesin Hitung Pertama di Dunia

Gagasan awal tentang sebuah mesin hitung mekanik dituangkan oleh Babbage dalam rupa surat. Adapun surat tersebut ia tujukan kepada Masyarakat Astronomi Kerajaan. Sedangkan judul surat yang ditulis oleh Babbage adalah “Note on the application of machinery to the computation of astronomical and mathematical tables”

Surat bersejarah tersebut tertanggal 14 Juni 1822.

Sejarah Penemuan Komputer Pertama

Pada prosesnya, Charles Babbage berhasil menyelesaikan prinsip umum pemakaian komputer digital. Ia merancang sebuah mesin hitung yang diberi nama “mesin analitis”. Mesin tersebut secara prinsip mampu melakukan apa saja yang bisa dilakukan oleh kalkulator modern.

Sayang sekali pada masa itu teknologi belum cukup maju. Sehingga konstruksi awal mesin analis Babbage tidak sanggup terselesaikan. Selain memakan waktu, tentu saja membutuhkan biaya yang teramat besar.

Setelah Charles Babbage wafat, pemikirannya yang sangat cemerlang bahkan nyaris terlupakan dunia.

Baru pada tahun 1937, Howard H. Aiken meneruskan ide dan pemikiran Babbage mengenai mesin analis.

Aien merupakan seorang sarjana lulusan Harvard University. Ia kemudian bekerja sama dengan sebuah perusahaan Bernama IBM (International Business Machine) untuk menyelesaikan rancangan mesin komputer.

Akhirnya pada sekira tahun 1944, Aiken Bersama IBM berhasil membuat Mark I. Sebuah komputer untuk menanganni semua keperluan.

Tepat 2 tahun sesudah kemunculan Mark I, sekelompok insinyur dan penemu lain berhasil menyelesaikan ENIAC. Ini adalah sebuah mesin hitung elektronik pertama.

Sejak saat itulah teknologi komputer mengalami perkembangan yang sangat pesat.

komputer digital pertama di dunia
UNIVAC, Komputer Digital Pertama di Dunia (source: kompas.com)

Simak Artikel Lainnya: George Eastman, Biografi Ilmuwan Penemu Film Kamera Kodak

Penemu dan Penemuan yang Menginspirasi Charles Babbage

Mesin hitung tak pelak menjadi tonggak sejarah yang pengaruhnya sangat besar terhadap peradaban dunia. Bahkan akan menjadi teramat penting pada waktu-waktu yang akan dating.

Apa yang disumbangkan oleh Charles Babbage tidak lebih besar daripada apa yang telah dilakukan oleh Howard Aiken maupun John Mauchly dan J.O. Eckert.

Dua nama yang disebut terakhir adalah tokoh-tokoh utama perancang ENIAC.

Sumber Inspirasi Charles Babbage

Setidaknya terdapat 3 orang ahil yang telah menjadi pendahulu bagi Charles Babbage, yaitu:

Pertama, Blaise Pascal. Ia adalah seorang ahli matematika, filosofis, dan ilmuwan Perancis. Penemuannya berupa mesin penjumlahan mekanis pada tahun 1642.

Kedua, Gottfried Leibniz. Nama lengkapnya adalah Gottfried Wilhelm von Leibniz, seorang matematikawan dan juga filosofis. Ia merancang sebuah mesin yang dapat menjumlah, mengurangi, mengalikan, dan membagi.

Gottfried Leibniz juga adalah orang pertama yang menunjukkan betapa pentingnya “system binary”. Sistem binari merupakan system penjumlahan dengan dua digit angka. Pada zaman modern, sistem binari berkembang luas dan digunakan dalam mesin computer.

Ketiga, Joseph Marie Jacquard. Pada awal abad ke-19, ia menjadi orang pertama yang menggunakan sistem pengisian komputer untuk mengawasi alat tenun. Penjualan alat tenun berbasis komputer rancangan Jacquard berpengaruh besar terhadap pemikiran Babbage.

Mungkin juga hal ini yang mempengaruhi Herman Hollerith, seorang ilmuwan yang menggunakan sistem pengisian komputer untuk membuat kolom data di biro sensus.

Ketiganya memiliki sumbangan yang nilainya setara dengan sumbangan Babbage.

Baca Biografi Ilmuwan Lainnya:

Demikian riwayat hidup Charles Babbage, sosok penemu komputer pertama di dunia. Sumbangsih pemikiran dan karyanya menjadi tonggak peradaban yang tidak akan pernah terlupakan oleh dunia.

Sampai sekarang pun kita banyak terbantu dengan komputer dan teknologi di dalamnya.

Kiranya biografi Charles Babbage di atas dapat menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus berkarya.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply