Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Rutin Mengkonsumsi Air Putih

Blogdope.com – Menjaga kesehatan tubuh tidak selalu harus melalui tindakan medis. Ternyata, kita bisa menjaga kesehatan tubuh hanya dengan rutin mengkonsumsi air putih. Kok bisa? Inilah serangkaian fakta tentang manfaat air putih untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sudah sejak lama air putih terkenal memiliki banyak manfaat, utamanya untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

Trik Sederhana Menjaga Kesehatan dengan Rutin Konsumsi Air Putih

manfaat air putih untuk kesehatan
Rutin Meminum Air Putih Bermanfaat Menjaga Kesehatan

Dalam tubuh manusia, 70% bagiannya adalah cairan. Dengan demikian kebutuhan tubuh terhadap cairan tentu saja sangat tinggi. Kebutuhan cairan tubuh ini dapat terpenuhi dengan rutin mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup.

Akibat yang paling nyata jika tubuh kekurangan cairan adalah munculnya gejala dehidrasi. Bahkan gejala dehidrasi yang berlangsung dalam waktu lama dapat berakibat fatal karena dapat memicu munculnya beragam penyakit berbahaya.

Air putih juga merupakan minuman yang paling sehat dan tidak berbahaya bagi tubuh meskipun kita mengkonsumsinya setiap hari. Sebaliknya, kesehatan tubuh akan sangat terjaga dengan banyaknya air putih yang kita minum setiap harinya.

Nah, berikut ini serangkaian fakta manfaat minum air putih untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

Baca Juga: Kenali, Inilah 7 Fakta Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Minum Air Putih bagi Tubuh Manusia

1. Air putih dapat mengatasi dehidrasi

Mengatasi dehidrasi ternyata dapat dilakukan dengan cara sederhana, yaitu rutin mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup.

Dehidrasi merupakan gejala yang muncul akibat tubuh kehilangan banyak cairan sehingga penderitanya merasa lemas.

Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup terbukti dapat menghilangkan dehirasi dan menyegarkan tubuh.

2. Mengencangkan kulit

Kulit yang keriput dan tidak kencang bisa bermula dari dehidrasi yang terjadi pada tubuh. Dari beberapa penelitian terbukti bahwa aliran darah di kulit dapat meningkat jika kita meminum 500 ml air pada saat perut kosong.

Aliran darah pada kulit yang meningkat akan menyebabkan kulit menjadi tampak bersinar.

Selain itu, dengan meminum air putih sepanjang hari juga membantu tubuh melakukan detoksifikasi dan mengeluarkan racun tubuh sehingga kulit menjadi lebih bercahaya.

3. Menghindari gangguan pencernaan

Salah satu jenis gangguan pencernaan yang paling banyak ditemukan adalah asam lambung yang meningkat.

Meningkatnya asam lambung dapat dicegah dengan cara rutin minum air putih pada saat perut kosong.

4. Meningkatkan kesuburan rambut

Ternyata dengan rutin minum air putih dalam jumlah yang cukup dapat meningkatkan kesuburan rambut. Penelitian membuktikan bahwa air membentuk lebih dari seperempat berat untai rambut secara keseluruhan dan memberikan nutrisi pada rambut.

Demikian pula sebaliknya, jika asupan air yang tidak cukup dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh dan helai rambut terlihat tipis.

5. Meningkatkan imunitas tubuh

Imunitas atau sistem kekebalan tubuh dapat meningkat dengan cara minum air putih secara rutin dan dalam jumlah yang cukup pada saat perut kosong.

Sistem kekebalan tubuh yang terjaga kuat akan membuat proses metabolisme dalam tubuh berjalan dengan baik sehingga kita terbebas dari penyakit.

6. Mencegah batu ginjal

Tingginya kadar asam urat di dalam urine dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Kadar asam urat yang tinggi di dalam urine ini salah satunya disebabkan oleh makanan yang memiliki kadar purin tinggi. (Baca: Tahap-tahap Pembentukan Urine yang Perlu Diketahui)

Batu ginjal dapat dicegah dengan cara minum air putih yang cukup setiap hari. Air putih ini akan membantu mengencerkan asam yang menjadi penyebab tumbuhnya batu ginjal.

cara mudah menjaga kesehatan ginjal

Baca Juga: Inilah 7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal

7. Mengatur kalori

Kalori dalam tubuh perlu diatur terutama bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Air putih merupakan minuman non kalori yang sangat bermanfaat untuk menggantikan minuman berkalori tinggi.

8. Memulihkan otot-otot tubuh

Otot tubuh tidak akan dapat mempertahankan fungsinya dengan baik jika tidak terdapat cairan yang cukup pada sel-selnya. Imbasnya, otot akan merasakan kelelahan sehingga kemampuannya berkurang.

Dengan minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari, fungsi otot-otot tubuh dapat pulih sehingga dapat mempertahankan kinerjanya.

Baca Juga:

Begitulah paparan fakta manfaat minum air putih bagi kesehatan tubuh. Kesimpulannya, menjaga kesehatan tubuh tidak selalu harus dengan tindakan medis yang berbiaya mahal. Cukup dengan rutin minum air putih saja setiap hari.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

%d blogger menyukai ini: