Modul Pendamping PJJ Bahasa Indonesia SMP MTs Kelas 7

Modul Pendamping PJJ Bahasa Indonesia SMP MTs Kelas 7

modul pendamping pjj bahasa indonesiaBlogdope.com Modul Pendamping PJJ Bahasa Indonesia SMP MTs Kelas 7. Pandemi Covid-19 telah merubah sendi-sendi kehidupan, termasuk di dalamnya pendidikan.

Merebaknya wabah telah merubah paradigma dunia pendidikan.

Pendidik dan sekolah dituntut untuk tetap melaksanakan layanan pendidikan menggunakan moda daring atau pembelajaran jarak jauh.

Muatan kurikulum harus diadaptasi oleh pendidik disertai dengan usaha yang gigih untuk menyelenggarakan layanan pendidikan yang bermakna bagi peserta didik, apapun tantangan yang harus dihadapi.

Para pendidik harus melakukan adaptasi terhadap kurikulum dan tentunya berupaya sekuat tenaga agar peserta didik tetap belajar secara bermakna walaupun penuh tantangan.

Di sisi lain, peran serta dan keaktifan orang tua peserta didik dalam melakukan pendampingan belajar jarak jauh bagi putra-putrinya juga menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan pendidik menyelenggarakan layanan pendidikan.

Disadari maupun tidak, sebenarnya pandemi Covid-19 merupakan momen yang tepat untuk menjalin komunikasi yang lebih aktif antara pendidik, peserta didik, dan orang tua.

Terjalinnya komunikasi yang baik diantara ketiganya merupakan prasyarat terjalinnya kerjasama erat antar pelaku layanan pendidikan.

Kondisi pandemi Covid-19 bukan lagi menjadi alasan untuk menghalangi terselenggaranya layanan pendidikan dalam kondisi apapun.

Bahkan dalam kondisi manakala harus dilakukan karantina mandiri sekalipun.

Merupakan sebuah tantangan baru bagi para pendidik untuk melakukan adaptasi dengan tatanan kehidupan yang baru selama pandemi.

Paradigma pembelajaran dan layanan pendidikan telah berubah total, yang semula diselenggarakan dengan tatap muka, kini harus menggunakan moda pembelajaran jarak jauh berbasis daring.

Guna menjamin kualitas pendidikan dan kelancaran pelaksanaan program pembelajaran jarak jauh (PJJ), salah satu usaha yang dapat dilakukan oleh pendidik ialah menyusun modul pendamping belajar bagi peserta didik.

Baca Juga:  Lingkup Pelaksanaan Kegiatan PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan)

Penyusunan modul ini diharapkan dapat menjadi pendamping belajar dan mengajar.

Tidak hanya bagi pendidik melainkan juga bagi orang tua, peserta didik, atau siapa pun yang berkesempatan melakukan pendampingan belajar.

Modul Pendamping PJJ Bahasa Indonesia SMP MTs Kelas 7

Keberadaan modul pendamping PJJ Bahasa Indonesia SMP MTs kelas 7 diharapkan dapat memperlancar pelaksanaan proses pembelajaran jarak jauh.

Dari sisi pendidik, modul pendamping ini akan mempermudah perancangan kegiatan pembelajaran jarak jauh yang disesuaikan dengan kondisi peserta didik.

Tentu saja juga disesuaikan dengan kondisi perekonomian dan taraf kesejahteraan peserta didik dan keluarganya.

Selain itu, modul pendamping ini juga secara tidak langsung dapat meningkatkan keterampilan literasi peserta didik.

Perlu diketahui juga bahwa keterampilan literasi ini merupakan bentuk keterampilan pokok yang nantinya dapat menjadi bekal penting bagi peserta didik.

Penguasaan keterampilan literasi akan membentuk peserta didik menjadi pribadi dengan kemampuan memilah dan memilih informasi serta menganalisisnya.

Hasil analisis inilah yang nantinya akan menjadi dasar bagi pengambilan keputusan yang harus dilakukannya.

Keterampilan literasi yang tinggi juga dapat membentuk kecakapan hidup dan ketahanan peserta didik dalam menghadapi pandemi Covid-19 dan usaha adaptasi terhadap tatanan kehidupan yang baru.

Kegiatan pembelajaran dan layanan pendidikan yang tidak berlangsung dengan normal mensyaratkan pengintegrasian muatan literasi ke dalam kegiatan sehari-hari.

Tidak hanya pada saat peserta didik belajar, melainkan juga pada saat ia beraktivitas bersama keluarga dan lingkungannya, sehingga setiap kegiatan yang dilakukan menjadi bermakna dan menyenangkan.

Adapun tahapan literasi yang dapat dilakukan oleh sekolah selengkapnya sebagai berikut.

Tahapan Literasi Sekolah

tahapan literasi sekolah

  1. Semua mata pelajaran memetakan kompetensi dasar esensial.
  2. Kompetensi dasar yang bersifat esensial dipetakan lintas mata pelajaran dengan tujuan pembelajaran yang diperkirakan dapat dicapai oleh peserta didik dalam kisaran waktu yang tidak terlalu panjang.
  3. Perancangan materi ajar harus mempertimbangkan kontekstualitas terhadpa rutinitas kehidupan peserta didik sehari-hari.
  4. Pendidik melakukan pemilihan terhadap media pembelajaran yang akan digunakan. Media ajar harus mudah diperoleh peserta didik, bersifat kontekstual dengan pengalaman hidup peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Langkah-langkah pembelajaran harian dirancang oleh pendidik dengan menetapkan tujuan pembelajaran yang juga dapat diukur oleh orang tua tiap-tiap peserta didik.
Baca Juga:  Modul Bahasa Indonesia SMP MTs Kelas 9 Penunjang PJJ

Cara Menggunakan Modul Pendamping PJJ Bahasa Indonesia Kelas 7

Modul pendamping PJJ Bahasa Indonesia kelas 7 disusun dan dirancang untuk dapat dipergunakan sebagai pendukung pembelajaran baik secara daring maupun luring.

Pendidik tetap dapat berusaha untuk memperkaya isi modul dengan bahan bacaan secara daring dengan mencantumkan tautan-tautan yang bisa diperoleh.

Baca:

1. Modul Pendukung PJJ Bahasa Indonesia SMP MTs Kelas 8

2. Modul Bahasa Indonesia SMP MTs Kelas 9 Penunjang PJJ

3. Modul Penunjang PJJ Bahasa Indonesia SMP MTs yang Tepat

Sebaliknya, jika kondisi peserta didik terhalang oleh ketiadaan akses dan fasilitas belajar secara daring maka pendidik dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut.

Distribusi Modul Pendamping PJJ Bahasa Indonesia SMP MTs Kelas 7 Secara Luring

  1. Modul didistribusikan kepada peserta didik dan orang tua setiap minggu sebelum pembelajaran dimulai oleh pendidik.
  2. Orang tua juga dapat diundang untuk hadir dan menerima modul pendamping secara langsung ke sekolah.
  3. Pada saat distribusi modul, pendidik juga dapat menerima modul dan lembar kerja yang telah diselesaikan oleh peserta didik pada minggu sebelumnya.
  4. Pertemuan antara pendidik dan orang tua peserta didik dapat dimanfaatkan untuk konsultasi dan berbagi tips pendampingan belajar peserta didik.
  5. Pendidik mengarahkan orang tua peserta didik untuk melakukan pendampingan belajar berbantuan modul peserta didik yang terintegrasi dengan kegiatan literasi di rumah.
  6. Orang tua peserta didik harus selalu diingatkan untuk terus mendampingi dan mengawasi putra-putrinya dalam belajar dan mengerjakan lembar kerja dalam modul.
  7. Peserta didik tidak boleh dipaksa untuk menuntaskan pengerjaan modul dan lembar kerja apabila menemui kendala dan kesulitan yang sekiranya tidak dapat diselesaikan dengan bantuan orang tua.
  8. Pendidik melakukan penguatan dan peningkatan kapasitas orang tua pesreta didik dalam kegiatan pendampingan belajar bagi peserta didik dengan cara-cara yang baik, komunikatif, dan mudah dipahami.
  9. Kondisi perekonomian peserta didik dan tingkat kesejahteraan keluarganya harus tetap menjadi faktor utama penentuan pelaksanaan pembelajaran peserta didik.
Baca Juga:  Monitoring dan Evaluasi Program PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan)

Oleh sebab itu, pendidik seyogyanya melakukan pemetaan terhadap peserta didik, baik dari aspek kemampuan akademik maupun latar belakang ekonomi keluarga.

Hasil pemetaan ini nantinya dapat dirumuskan menjadi bentuk pendekatan dan strategi pembelajaran yang akan diselenggarakan oleh pendidik.

Tautan Unduhan Modul Pendamping PJJ Bahasa Indonesia SMP MTs Kelas 7

Bagi Anda yang ingin mendownload atau mengunduh modul pendamping PJJ Bahasa Indonesia SMP MTs kelas 7, dapat memperolehnya pada tautan di bawah ini.

  1. Modul Teks Deskripsi (DOWNLOAD)
  2. Teks Narasi (DOWNLOAD)
  3. Modul Teks Prosedur (DOWNLOAD)
  4. Teks Surat Pribadi dan Dinas (DOWNLOAD)

Demikian paparan terkait Modul Pendamping PJJ Bahasa Indonesia SMP MTs Kelas 7Sekiranya artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan atau share.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *