Modul Pendukung PJJ Bahasa Indonesia SMP MTs Kelas 8

Modul Pendukung PJJ Bahasa Indonesia SMP MTs Kelas 8

modul pjj bahasa indonesia smpBlogdope.com – Modul Pendukung PJJ Bahasa Indonesia SMP MTs Kelas 8. Pendidik dituntut untuk kreatif dan mampu menyelenggarakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) demi menyikapi merebaknya pandemi Covid-19.

Kemampuan adaptasi pendidik terhadap kurikulum yang diberlakukan darurat selama masa pandemi menjadi tuntutan utama.

Tentu saja diperlukan usaha dan komitmen untuk berjuang sekuat tenaga dari sisi pendidik untuk dapat tetap menyelenggarakan layanan pendidikan kepada peserta didik.

Peserta didik diharapkan dapat terus belajar dengan penuh makna meskipun harus menghadapi beragam tantangan yang muncul selama kondisi pembelajaran di era pandemi.

Di samping itu, peran serta aktif dari orang tua peserta didik juga menjadi bentuk tantangan tersendiri bagi para pendidik.

Pendidik harus mampu meningkatkan keterlibatan dan partisipasi orang tua dalam proses pembelajaran putra-putrinya.

Kerjasama yang terjalin secara sinergis antara pendidik, peserta diidk, dan orang tua menjadi kunci kesuksesan penyelenggaraan kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Bentuk penyelenggaraan layanan pendidikan yang tadinya berupa kegiatan tatap muka berubah secara total menjadi bentuk pembelajaran jarak jauh.

Jelas ini merupakan tantangan yang tidak mudah untuk dihadapi dan diselesaikan. Tidak saja bagi pendidik, melainkan juga bagi peserta didik dan orang tuanya.

Sebagai salah satu upaya untuk membantu peserta didik dalam belajar secara mandiri maupun ketika difasilitasi oleh pendidik, diperlukan alat bantu pembelajaran yang beragam.

Salah satu alat pembelajaran yang memegang porsi penting selama pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) ialah modul.

Keberadaan modul pembelajaran menjadi penting artinya manakala peserta didik harus belajar secara mandiri.

Modul Pendukung PJJ Bahasa Indonesia SMP MTs Kelas 8

Modul pendukung PJJ Bahasa Indonesia SMP MTs kelas 8 diharapkan dapat membantu pendidik dalam penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Baca Juga:  Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013

Bentuk bantuan diharapkan dapat dimulai dari tahap perancangan kegiatan pembelajaran jarak jauh disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik.

Serta harus menyesuaikan terhadap kondisi perekonomian dan taraf kesejahteraan keluarganya yang menjadi tanggung jawab sekolah masing-masing.

Secara tidak langsung, modul pendukung juga akan mampu meningkatkan kecapakan literasi peserta didik.

Pada prosesnya peserta didik diminta untuk aktif membaca dan menelaah modul pendukung yang disediakan oleh guru selama pembelajaran jarak jauh.

Kecakapan literasi merupakan bentuk kecakapan mendasar bagi peserta didik.

Peserta didik dengan kecakapan literasi akan memiliki bekal berupa keterampilan memilih dan menganalisis informasi secara kritis.

Informasi yang diperoleh dan telah dipilih untuk kemudian dianalisis tersebut pada akhirnya akan dapat dipergunakan sebagai dasar pengambilan keputusan.

Selain itu, kecakapan literasi juga dapat menumbuhkan kecakapan hidup dan sebagai bentuk upaya peningkatan ketahanan peserta didik selama proses adaptasi tatanan kehidupan baru akibat Pandemi Covid-19.

Muatan kecakapan literasi perlu diintegrasikan dalam rancangan kegiatan belajar peserta didik bersama keluarganya. Harapannya kegiatan pembelajaran menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik.

Modul pendukung pembelajaran jarak jauh Bahasa Indonesia SMP MTs juga diharapkan menjadi sumber inspirasi bagi pendidik untuk dapat merancang dan mendesain kegiatan literasi.

Adapun tahapan kegiatan literasi yang perlu dipersiapkan oleh pendidik sebagai berikut.

Tahapan Kegiatan Literasi Sekolah

tahapan literasi sekolah

  1. Pemetaan terhadap kompetensi dasar esensial pada semua mata pelajaran yang dibelajarkan di jenjang SMP MTs.
  2. Kompetensi dasar esensial lintas mata pelajaran diturunkan bobotnya dengan tujuan agar dapat dicapai oleh peserta didik dalam rentang waktu yang cenderung pendek.
  3. Pendidik merancang materi ajar berdasarkan tema yang bersifat kontekstual dan sesuai dengan situasi dan kondisi serta rutinitas dalam kehidupan peserta didik.
  4. Melakukan pemilihan terhadap media pembelajaran yang hendak digunakan. Media pembelajaran haruslah menarik, mudah diperoleh, serta terikat secara kontekstual dengan pengalaman kehidupan peserta didik.
  5. Langkah-langkah pembelajaran harian juga menjadi tuntutan bagi pendidik untuk dirancang dengan tujuan yang dapat diukur oleh orang tua peserta didik.
Baca Juga:  Penerapan Pendekatan Saintifik 5M dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013

Uraian di bawah ini akan memaparkan cara menggunakan modul pendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Cara Menggunakan Modul Pendukung PJJ Bahasa Indonesia SMP MTs

Modul pendukung PJJ Bahasa Indnesia SMP MTs untuk setiap jenjang dapat dipergunakan oleh peserta didik dalam kondisi belajar dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring).

Di sisi pendidik, apabila dimungkinkan dan tersedianya sarana fasilitas daring, juga dapat melakukan usaha untuk memperkaya wacana modul dengan menyertakan bahan bacaan secara daring dan utas-utas yang sekiranya diperlukan.

Baca Juga:

1. Modul Bahasa Indonesia SMP MTs Kelas 9 Penunjang PJJ

2. Modul Penunjang PJJ Bahasa Indonesia SMP MTs yang Tepat

3. Modul Pendamping PJJ Bahasa Indonesia SMP MTs Kelas 7

Distribusi Modul Pendukung PJJ Bahasa Indonesia SMP MTs Model Luring

Sebaliknya, jika kondisi peserta didik secara garis besar tidak memungkinkan untuk mengakses bahan belajar secara daring maka berikut hal-hal yang dapat dilakukan oleh pendidik.

  1. Modul didistribusikan oleh pendidik kepada peserta didik atau orang tua peserta didik sebelum kegiatan pembelajaran jarak jauh dimulai.
  2. Pada saat mendistribusikan modul pembelajaran yang baru, pendidik menerima modul sebelumnya yang berisi lembar kerja peserta didik dan telah selesai dikerjakan pada minggu sebelumnya sesuai ketentuan.
  3. Senyampang dapat bertemu dengan orang tua peserta didik, pendidik dapat berbagi pengalaman pembelajaran dan mengusahakan peningkatan dukungan pembelajaran oleh orang tua. Pendidik juga dapat menyerap bentuk-bentuk kendala dan permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik ketika mengikuti pembelajaran jarak jauh.
  4. Pendidik dapat memberikan contoh pendampingan kepada peserta didik dalam mempelajari modul belajar yang terintegrasi dengan kegiatan literasi.
  5. Orang tua peserta didik selalu diingatkan untuk dapat mendampingi dan mengawasi putra-putrinya dalam mempelajari modul dan mengerjakan lembar kerja yang ditagihkan.
  6. Peserta didik tidak boleh dipaksa untuk menuntaskan pengerjaan lembar kerja dalam modul apabila orang tua sendiri tidak dapat memberikan bantuan untuk menyelesaikannya.
  7. Pendidik mengupayakan untuk dapat memberikan penguatan dan peningkatan kapasitas pendampingan peserta didik yang dilakukan oleh orang tua dengan cara yang baik, komunikatif, dan mudah dipahami.
  8. Dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, pendidik dan sekolah tetap harus memperhatikan kondisi perekonomian dan tingkat kesejahteraan peserta didik dan orang tuanya.
Baca Juga:  Modul Pendamping PJJ Bahasa Indonesia SMP MTs Kelas 7

Agar program pembelajaran jarak jauh dapat berlangsung dengan baik, pendidik seyogyanya memetakan terlebih dahulu peserta didik yang menjadi tanggung jawabnya.

Pemetaan tersebut dapat didasarkan pada kemampuan akademik peserta didik yang diukur dengan instrumen penilaian yang valid, latar belakang keluarga peserta didik.

Hasil pemetaan yang dilakukan oleh pendidik tersebut kemudian dirumuskan menjadi pendekatan dan juga strategi pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan peserta didik.

Tautan Download Modul Pendukung PJJ Bahasa Indonesia SMP MTs Kelas 8

Berikut disampaikan tautan untuk mengunduh modul pendukung PJJ Bahasa Indonesia SMP MTs kelas 8.

1. Modul Teks Berita (unduh)

2. Modul teks Iklan (unduh)

3. Modul Teks Eksplanasi (unduh)

4. Modul Teks Persuasi (unduh)

5. Modul Buku Fiksi dan Nonfiksi (unduh)

Demikian paparan terkait Modul Pendukung PJJ Bahasa Indonesia SMP MTs kelas 8. Sekiranya bermanfaat, silahkan bagikan atau share.

Admin juga mengharapkan masukan berupa saran ataupun kritik demi tertingkatnya kualitas artikel di blog ini.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *