Otak Manusia, Organ Tubuh yang Rumit Tetapi Istimewa dan Misterius

Blogdope.com – Organ tubuh manusia yang paling istimewa adalah otak. Otak manusia berperan penting untuk mengendalikan seluruh aktivitas tubuh manusia. Inilah 15 fakta unik seputar otak manusia yang perlu Anda ketahui. (Baca juga: Fungsi Otak Manusia)

Aktivitas apapun yang dilakukan oleh manusia seluruhnya dikendalikan oleh otak. Otak manusia diciptakan oleh Tuhan sebagai bagian tubuh yang paling rumit, memiliki kemisteriusan, sekaligus mengundang decak kagum bahkan oleh kalangan ilmuwan.

Otak manusia memiliki tugas untuk menerima, menerjemahkan, dan juga membimbing tubuh manusia untuk merespons dan memberikan umpan balik atau feedback terhadap seluruh informasi yang berasal dari panca indera manusia.

Organ tubuh manusia yang satu ini merupakan sebuah jaringan istimewa yang memiliki kerumitan tak terbayangkan. Otak manusia sepenuhnya dapat bekerja dengan dukungan dan bantuan milyaran saraf penyusunnya serta hormon manusia.

Fakta Unik Otak Seputar Otak Manusia

Gerakan yang dilakukan oleh manusia, perilaku sehari-hari, dan fungsi tubuh homeostatis meliputi detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh, dan juga suhu tubuh seluruhnya dikoordinasikan oleh otak manusia.

Inilah 15 fakta unik seputar otak manusia yang perlu Anda ketahui.

Fakta 1 – Otak manusia masih berfungsi bahkan setelah tubuh mati

otak manusiaHal yang paling menakjubkan dari organ tubuh berupa otak manusia ini adalah otak manusia masih berfungsi dan bekerja di dalam kepala, meskipun kepala terpenggal dan terpisah dari tubuhnya.

Pada saat kepala manusia sudah terpisah dari tubuhnya, otak manusia masih akan bekerja selama kurang lebih 3 sampai 5 menit.

Fakta 2 – Berat Otak Manusia

Pada manusia yang sudah mencapai umur dewasa, berat otak bisa mencapai 1,3 kilogram dan komposisinya sebagian besar terbuat dari air yaitu 75%.

BACA JUGA :   Memutus Bagian Tubuh untuk Berkembang Biak, Kok Bisa? Inilah 8 Fakta Unik tentang Cacing Pipih.
Fakta 3 – Milyaran sel saraf menyusun komposisi otak manusia

otak manusiaSecara biologis dan ilmiah telah terbukti, bahwa komposisi otak manusia terdiri dari sel saraf atau neuron yang jumlahnya bisa mencapai bilangan miliaran. Menurut penelitian yang pernah dilakukan, otak manusia dewasa mengandung kurang lebih sebanyak 100 miliar sel saraf.

Fakta 4 – Menguap untuk mendinginkan otak manusia

Kebiasaan menguap pada manusia ternyata memiliki makna lain selain sebagai penanda kantuk dan keinginan untuk tidur. Kegiatan menguap ternyata juga memiliki fungsi untuk mengirimkan sejumlah oksigen ke otak manusia dengan tujuan untuk mendinginkan otak manusia.

Otak manusia yang dingin setelah dipakai untuk bekerja akan mendatangkan rasa rileks dan nyaman sehingga merangsang terjadinya kantuk dan keinginan untuk tidur.

Fakta 5 – Kepribadian manusia dapat berubah setelah mengalami operasi otak

Satu lagi fakta unik seputar otak manusia yang perlu Anda ketahui adalah bahwa kepribadian seorang manusia akan dapat berubah setelah manusia tersebut mengalami tindakan operasi pada otaknya.

Tindakan operasi yang dilakukan pada otak manusia sama sekali tidak akan membuat manusia tersebut menjadi bodoh.

Fakta 6 – Otak manusia mampu membangkitkan listrik

otak manusiaKetika seorang manusia sedang beraktivitas yang selalu melibatkan otaknya, otak manusia akan mampu menghasilkan atau membangkitkan listrik dengan daya sebesar 10 Watt. Dengan daya listrik sebesar ini bahkan mampu untuk menyalakan sebuah lampu.

Fakta 7 – Otak manusia mengandung lemak

Dalam tubuh seorang manusia organ tubuh yang paling banyak mengandung lemak adalah otak manusia. Di dalam otak manusia terdapat kandungan lemak sekitar 60 persen.

BACA JUGA :   Inilah 8 Fakta Unik Seputar Amoeba yang Perlu Anda Ketahui
Fakta 8 – Darah merupakan bahan bakar otak manusia

Darah merupakan bahan bakar utama otak manusia untuk dapat bekerja. Otak manusia akan dapat bekerja secara maksimal jika ia mendapatkan suplai darah secara terus menerus dan kontinu.

Berdasarkan fakta penelitian yang telah dilakukan, 30 persen aliran darah yang dipompa oleh jantung akan langsung dialirkan ke otak. (Baca Juga: Sistem Peredaran Darah Manusia).

Fakta 9 – Aktivitas olahraga menjamin kesehatan otak

Aktivitas olahraga menjamin kesehatan otak manusia. Seperti telah diketahui sebelumnya bahwa kegiatan olahraga sangat baik untuk kesehatan otak manusia. Selama aktivitas berolahraga dilakukan oleh manusia, aliran darah di dalam tubuhnya akan terpacu untuk beredar dengan lebih cepat, termasuk aliran darah ke dalam otak.

Hal ini akan mampu membantu dan menjaga kesehatan otak manusia.

Fakta 10 – Kecepatan transfer informasi otak manusia.

Kecepatan transfer informasi otak manusia bisa mencapai 268 mil per jam. Informasi yang berasal dari panca indera manusia ditransfer ke dalam otak dengan kecepatan setara kecepatan mobil balap Formula 1.

Sayangnya kecepatan transfer informasi ini akan menurun drastis bahkan melemah ketika seorang manusia berada dalam kondisi mabuk minuman keras.

Fakta 11 – Otak manusia tidak pernah merasa sakit

Organ tubuh manusia hampir seluruhnya memiliki reseptor rasa sakit, kecuali satu yaitu otak. Pada otak manusia sama sekali tidak memiliki reseptor rasa sakit.

BACA JUGA :   Fakta Unik Dibalik Keindahan Burung Kasuari

Sehingga otak manusia tidak akan pernah merasakan sakit meskipun sedang dikenai tindakan operasi sekalipun.

Fakta 12 – Otak berhenti tumbuh pada usia 18 tahun

Serangkaian penelitian ilmiah yang telah dilakukan pada manusia memperoleh simpulan bahwa otak manusia akan berhenti untuk tumbuh dan berkembang ketika seorang manusia mencapai usia sekitar 18 tahun.

Fakta 13 – Otak manusia mampu beradaptasi

Plastisitas adalah kemampuan otak manusia untuk berubah dan juga beradaptasi sesuai dengan kebutuhan.

Fakta 14 – Otak manusia jangan sampai stres!

Seorang manusia harus benar-benar menjaga sisi psikologisnya agar jangan sampai merasakan depresi dan stres.

Rasa depresi dan stres yang terjadi pada manusia memiliki akibat yang sangat buruk bagi otak manusia. Beberapa bentuk akibat buruk pada otak manusia yang disebabkan oleh depresi dan stres diantaranya penuaan sel otak, penuaan struktur dan fungsi otak manusia.

Fakta 15 – Ikan teri asupan terbaik untuk otak manusia

Seorang manusia yang mengkonsumsi ikan teri sepanjang hidupnya memiliki keuntungan berupa kesehatan jantung dan peningkatan kecerdasan otak.

Kandungan asam lemak dan omega 3 pada ikan teri yang tinggi dapat merangsang pertumbuhan kecerdasan otak serta menjaga jantung agar tetap sehat.

Demikian artikel mengenai 15 Fakta Unik Seputar Otak Manusia yang Perlu Anda Ketahui. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *