Pengertian Blog Beserta Fungsi dan Contohnya

Blogdope.com Pengertian Blog Beserta Fungsi, dan Contohnya. Halo, Sahabat! Pada kesempatan ini kita akan bersama-sama belajar memahami pengertian blog. Selain itu, dalam artikel ini juga akan membahas jenis dan fungsi blog pada umumnya serta contohnya yang tepat.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan blog? Kenapa blog sekarang menjadi trend untuk memperoleh penghasilan secara daring?

Nah, mari kita kulik lebih lengkap tentang pengertian blog dan jenis-jenisnya dalam penjelasan berikut.

pengertian blog dan fungsinya
Blog: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Pengertian Blog, Fungsi, dan Contohnya

Apakah blog itu?

Blog sebenarnya merupakan salah satu jenis media komunikasi online atau daring yang bersifat multifungsi.

Berdasar dari sifatnya yang multifungsi itulah, blog menjadi semakin populer keberadaannya belakangan ini. Bahkan menurut salah satu survey, kurang lebih 77% pengguna internet di dunia ternyata membaca blog!

Sungguh sangat luar biasa bukan?

Pada medio tahun 2020, terdapat kurang lebih 600 juta blog yang aktif di jaringan internet di seluruh dunia.

Secara umum, blog biasanya memuat beragam konten dalam rupa artikel, video, maupun foto. Sedangkan orang yang mengelola blog lebih dikenal dengan sebutan blogger.

Adapun topik konten yang terdapat dalam blog biasanya terfokus pada bidang tertentu. Misalnya pada bidang pendidikan, olahraga, kesehatan, teknologi, wisata, kuliner, dan lain sebagainya.

Selain sebagai media komunikasi daring dan pengelolaannya perorangan, blog juga dapat dikelola oleh banyak orang sekaligus untuk keperluan bisnis. Hal-hal terkait pengembangan bisnis, misalnya branding, publikasi, hingga promosi produk banyak memanfaatkan media blog.

Faktanya, lebih dari 55% marketer menitikberatkan fokus dan perhatian serta strategi pemasaran yang mereka lakukan pada pembuatan blog.

Lalu, apa yang membedakan blog dengan website? Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga:

Seluk Beluk Finlandia : Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Perbedaan Blog dan Website

Mungkin banyak di antara Anda yang bertanya-tanya, apakah perbedaan blog dengan website? Bukankah keduanya merupakan media komunikasi secara daring atau online?

Agar memperoleh pemahaman yang mendalam, silahkan simak paparan perbedaan blog dengan website berikut.

1. Website atau Laman Web

Website merupakan sekumpulan halaman daring atau online yang dapat diakses melalui jaringan internet dan menggunakan nama domain tertentu.

Isi dari sebuah website biasanya berupa informasi mengenai suatu produk jasa atau layanan. Konten mayoritas website yang berupa informasi produk jasa dan layanan inilah yang membuat website menjadi bersifat statis.

Sifat statis website turut mempengaruhi aspek desain dan kontennya. Desain website dibuat seminimalis mungkin, sedangkan dari aspek konten sebuah website tidak menuntut untuk selalu diperbarui.

Jika ditilik dari aspek kepemilikan, sebuah website biasa dimanfaatkan untuk keperluan organisasi, sekolah, lembaga, perusahaan, toko online, jasa bisnis, dan sebagainya.

2. Blog atau Weblog

Secara umum, blog atau weblog merupakan jenis website yang di dalamnya berisi konten-konten spesifik. Konten tersebut dapat berupa artikel, opini, pengalaman, informasi, pengetahuan, dan sebagainya.

Sifat blog biasanya dinamis sehingga konten di dalamnya perlu diperbarui secara rutin atau berkala. Dengan kata lain, konten blog inilah yang menentukan sukses atau tidaknya sebuah blog.

Bila menilik dari aspek kepemilikannya, blog lebih banyak merupakan milik perseorangan. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan perusahaan, layanan bisnis, dan lembaga pun mengelola blog untuk keperluan promosi dan pemasaran produk.

Baca Juga:

2 Langkah Percepatan Peningkatan Kualitas Pendidikan

Sejarah Perkembangan Blog

Sebelum belajar lebih lanjut tentang blog, kita perlu melihat lagi sejarah perkembangan blog. Berikut admin sajikan sejarah singkat perkembangan blog dari tahun ke tahun.

1. Justin Hall memprakarsai cikal bakal blog pada tahun 1994. Pada saat itu ia membuat jurnal pribadi online bernama links.net. Desain visualnya sangat sederhana dengan warna dasar berwarna putih polos.

2. Tahun 1997 istilah weblog muncul dan pertama kali diperkenalkan oleh Jorn Barger. Kata weblog sendiri merupakan gabungan dari kata web dan log yang kurang lebih menggambarkan aktivitas internetnya.

3. Peter Merholz mulai menggunakan istilah Blog pada tahun 1999. Ia merupakan seorang desainer website. Istilah blog ini kemudian mencapai puncak ketenaran yang imbasnya bisa terasa sampai sekarang.

4. Platform blog mulai muncul tahun 1999. Beberapa platform blog yang umum dikenal sekarang mulai diperkenalkan pada tahun ini, diantaranya LiveJournal, Blogger, dan Xanga.

5. Pada tahun 2001, blog mulai diperkenalkan di Indonesia. Tokoh yang pertama kali memperkenalkan blog di negara kita adalah Enda Nasution. Inilah yang membuatnya memperoleh gelar bapak blogger Indonesia. Indonesia memperingati hari Blogger Nasional pada tanggal 27 Oktober 2007.

6. Google mengakuisisi platform Blogger pada tahun 2003. Pada tahun ini juga lahir salah satu saingan Blogger yaitu WordPress. Keduanya memiliki keunggulan pengoperasian yang mudah dan gratis (pada saat itu).

7. Tahun 2018, WordPress menjelma menjadi platform blog yang paling populer. Tidak hanya membuat blog, melainkan WordPress juga dapat bermanfaat untuk membuat website dan bahkan toko online.

Struktur Umum Blog

Pada umumnya, tampilan dan struktur blog memiliki desain yang sangat beragam. Akan tetapi bila kita tilik struktur bakunya, ternyata kesemuanya memiliki kesamaan struktur.

Perhatikan gambar-gambar berikut.

struktur blog
struktur umum blog (Gambar: Niagahoster)

Struktur blog yang tersaji pada gambar-gambar di atas, memiliki beberapa unit bagian. Selengkapnya sebagai berikut.

1. Header, bagian paling atas dari sebuah blog yang berisi judul, deskripsi, dan menu utama blog.

2. Navbar, elemen atau bagian yang memuatmenu agar memudahkan pembaca memilih dan menjelajahi konten yagn terdapat dalam blog.

3. Main blog, bagian utama dari sebuah blog yang memuat postingan atau artikel. Pada bagian ini terdapat struktur misalnya judul postingan, tanggal terbit, mama penulis, kolom komentar, dan sebagainya.

4. Sidebar, merupakan area sisi samping yang biasanya memuat beberapa hal termasuk rekomendasi artikel paling populer, widget, iklan, ataupun informasi tambahan lainnya.

5. Footer, ini merupakan bagian bawah dari sebuah blog. Pada bagian footer inilah identitas penulis, kontak, form subscribe, dan alamat email dimasukkan.

Manfaat dan Fungsi Blog

Blog memiliki banyak sekali manfaat dan fungsi. Penjelasan selengkapnya sebagai berikut.

1. Blog sebagai sarana publikasi

Blog bisa menjadi salah satu sarana untuk menyalurkan hobi menulis dengan bebas. Kreatifitas dalam menuangkan ide bisa dengan bebas dikembangkan melalui blog.

Selain itu, blog juga bermanfaat sebagai sarana publikasi untuk mempromosikan produk, jasa, layanan, dan sebagainya. Dengan demikian blog dapat menghemat biaya publikasi dan promosi yang biasanya nilainya besar.

2. Bentuk portofolio online

Manfaat blog yang lain misalnya sebagai bentuk portofolio online. Apakah portofolio itu? Keberadaan portofolio merupakan hal yang sangat penting bagi seorang profesional, karena portofolio bisa dengan jelas mewakili dan menggambarkan skill dan pengalaman yang Anda miliki.

Portofolio online menggunakan blog dapat berisi hasil karya tulisan, foto, ataupun proyek yang pernah Anda kerjakan. Untuk mempercantiknya, kita dapat menggunakan tema dan desain blog yang lebih menarik.

3. Media Branding

Blog jgua dapat menjadi media branding yang sangat ampuh. Menulis artikel dengan topik tertentu akan membuat Anda terkenal sebagai seorang yang ahli pada suatu bidang. Dengan demikian calon konsumen tidak akan ragu menggunakan jasa Anda.

Demikian pula halnya dengan bisnis. Branding perusahaan bisnis dapat dibangun dengan mudah menggunakan blog.

Itulah sebabnya mengapa kita sebainya menulis dan mengelola blog dengan hanya satu topik tertentu saja (niche).

4. Promosi Produk atau Jasa

Promosi produk atau jasa menggunakan blog, mungkinkah? Jawabannya sangat mungkin.

Faktanya, lebih dari 70% orang lebih memilih mempelajari sebuah produk bisnis melalui artikel daripada melalui iklan.

Dengan menggunakan blog, Anda sebagai pemilik bisnis dapat menulis artikel seputar manfaat produk sampai tutorial penggunaan produk.

Artikel Populer Lainnya:

Nah itulah pembahasan mengenai pengertian blog dan fungsinya. Pada perjumpaan yang akan datang kita akan bersama-sama mengupdate pengetahuan kita tentang blog dengan mempelajari jenis blog, kustomisasi blog, dan cara memperoleh pendapatan secara online melalui blog.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

%d blogger menyukai ini: