* Pengertian Tes Potensi Skolastik (TPS) Lengkap dengan Jenis Soal dan Materi - BlogDope.com

Pengertian Tes Potensi Skolastik (TPS) Lengkap dengan Jenis Soal dan Materi

Blogdope.comPengertian Tes Potensi Skolastik (TPS) Lengkap dengan Jenis Soal dan Materi. Proses Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) mewajibkan calon mahasiswa baru untuk mengikuti Ujian Tes Berbasis Kompetensi (UTBK).

Faktanya, di dalam mekanisme UTBK terdapat beberapa jenis tes yang harus dilalui oleh para calon mahasiswa baru. Jenis-jenis tes tersebut memiliki karakteristik dan tujuan umum yang berbeda-beda.

Tes Potensi Skolastik (TPS): Pengertian, Jenis Soal, dan Materi Lengkap

pengertian tes potensi skolastik tps
Apa yang Dimaksud dengan Tes Potensi Skolastik (TPS)?

Mungkin Anda Melewatkannya: 

Wajib Baca! Soal Tes Potensi Skolastik TPS UTBK Tahun 2023 dan Pembahasannya

Salah satu jenis tes yang terdapat dalam UTBK ialah Tes Potensi Skolastik atau TPS. Bagi calon mahasiswa baru, Tes Potensi Skolastik (TPS) menjadi salah satu faktor sulitnya masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Untuk menambah referensi bagi para calon mahasiswa baru dalam menghadapi UTBK Tahun 2023 diperlukan sarana Latihan soal tes potensi skolastik TPS yang komprehensif.

Sebelum menuju ke bentuk dan contoh soal tes potensi skolastik atau tps dalam UTBK, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan tes potensi skolastik itu.

Pengertian Tes Potensi Skolastik (TPS) dalam UTBK

Tes Potensi Skolastik atau yang biasa di singkat dengan TPS, adalah tes yang mengukur kemampuan kognitif.

Adapun yang termasuk ke dalam kemampuan kognitif misalnya kemampuan penalaran umum dan kemampuan pemahaman.

Dengan kata lain, materi dan soal-soal yang diujikan pada tes potensi skolastik mencakup ruang lingkup kemampuan kognitif.

Tujuan pelaksanaan Tes Potensi Skolastik (TPS) secara umum untuk menguji kemampuan dasar peserta UTBK. Misalnya dalam hal logika, analisis, dan bentuk kemampuan kognitif lainnya.

Pelaksanaan UTBK pada tahun 2023 menguji 4 (empat) jenis kemampuan, yaitu:

1. Penalaran Umum

2. Pemahaman Bacaan dan Menulis

3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum

4. Pengetahuan Kuantitatif

Sedangkan fungsi khusus tes potensi skolastik (TPS) adalah untuk mengukur kemampuan kognitif yang diperlukan calon mahasiswa untuk mempredikasikan kemampuan menyelesaikan proses belajar di perguruan tinggi.

Jenis-jenis Soal Tes Potensi Skolastik (TPS) pada UTBK Tahun 2023

1. Soal Penalaran Umum

Pada materi kemampuan Penalaran Umum, terdapat setidaknya 3 (tiga) jenis soal yang diujikan. Ketiga jenis soal terkait penalaran umum di antaranya:

a. Kesesuaian pernyataan. Jenis soal yang terdapat pada tes kesesuaian pernyataan ini mengukur kemampuan calon mahasiswa dalam memahami isi tabel, teks, grafik, atau diagram sesuai dengan konteks yang tersaji pada teks.

b. Simpulan logis. Soal-soal simpulan logis menuntut kemampuan calon mahasiswa untuk membuat kesimpulan yang logis dari kondisi yang tersaji berdasarkan teks.

c. Penalaran analitik. Pada jenis soal penalaran analitik, calon mahasiswa harus dapat menganalisis dan menjawab soal berdasar data yang telah disediakan.

2. Soal Pengetahuan Kuantitatif

Soal TPS UTBK 2023 berjenis pengetahuan kuantitatif terdiri atas empat jenis, yaitu:

a. Pilihan ganda untuk soal logika dasar atau Matematika level dasar

b. Pertanyaan dengan informasi pilihan (1), (2), (3), dan (4)

c. Pertanyaan dengan dua informasi, dimana kita harus menganalisis informasi (analisis kecukupan data) yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan

d. Analisis perbandingan dua nilai, berupa suatu informasi dengan dua variabel dimana kita harus menentukan hubungan antara kedua variabel tersebut (calon mahasiswa harus mencari nilai salah satu variabel berdasarkan variabel yang lainnya dan informasi yang diberikan).

3. Soal Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Soal TPS UTBK yang berupa Pengetahuan dan Pemahaman Umum terdiri dari dua jenis soal dalam Bahasa Inggris dan dua jenis soal yang lain dalam Bahasa Indonesia.

a. Pada soal Bahasa Inggris, calon mahasiswa diharuskan untuk memahami inti bacaan dan kemudian membuat kesimpulan berdasar pada informasi di teks.

b. Pada soal Bahasa Indonesia, calon mahasiswa menghadapi soal-soal tentang ide pokok, kelebihan dan kelemahan paragraf, simpulan, penulisan kata, hubungan antarparagraf, makna kata, tanda baca, kata ganti, konjungsi, dan kalimat efektif.

4. Soal Pemahaman Bacaan dan Menulis

Jenis soal TPS UTBK pada bagian ini terdiri dari dua topik, yaitu sebagai berikut.

a. Pemahaman isi bacaan, dimana kemampuan kita untuk membaca dan memahami teks secara utuh diuji

b. Penalaran kebahasaan yang menguji pemahaman kita akan kaidah penulisan dalam Bahasa Indonesia secara benar dan baik.

Cakupan Materi Tes Potensi Skolastik TPS pada UTBK 2023

1. Penalaran Umum

Materi TPS UTBK ini mengukur kemampuan penalaran dan kecakapan calon mahasiswa dalam memilih dan menggunakan informasi yang relevan untuk memecahkan masalah secara logis (masuk akal).

Calon mahasiswa harus memahami bagaimana memperoleh informasi tak hanya dari paragraf atau teks, tapi juga dari kurva, grafik, dan tabel.

2. Pengetahuan Kuantitatif

Materi TPS UTBK ini mengukur kemampuan matematis sederhana dan pemahaman konsep Matematika calon mahasiswa, terutama dalam kerangka pemikiran yang terstruktur dan logis matematis. Materi kuantitatif mencakup aljabar, logika, peluang, statistika, dan geometri.

3 Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Materi TPS UTBK ini dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Calon mahasiswa perlu memperluas wawasan dengan berbagai bacaan untuk mengetahui lebih banyak antonim, sinonim, idiom, dan PUEBI.

4 Memahami Bacaan dan Menulis

Materi TPS UTBK ini mengukur kemampuan kita di bidang bahasa dan logika verbal. Calon mahasiswa harus memahami inti paragraf, pesan tersiratnya, dan simpulannya.

Download Paket Soal Tes Potensi Skolastik TPS Persiapan UTBK Tahun 2023 dan Pembahasannya

Di dalam membantu memberikan gambaran bentuk soal Tes Potensi Skolastik UTBK, berikut ini dibagikan Paket Soal dan Pembahasan Tes Potensi Skolastik (TPS).

Paket Soal dan Pembahasan Tes Potensi Skolastik ini dapat menjadi referensi belajar calon mahasiswa untuk persiapan UTBK Tahun 2023.

Anda dapat mengunduh soal Tes Potensi Skolastik (TPS) DI SINI.

Di dalam Paket Soal Tes Potensi Skolastik ini, soal terbagi dalam Soal Penalaran Umum, Soal Pemahaman Bacaan dan Menulis, Soal Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Soal Pengetahuan Kuantitatif.

Seluruh contoh soal Tes Potensi Skolastik tersebut sudah dilengkapi dengan pembahasan untuk mempermudah dalam

Paket Soal dan Pembahasan Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

Direkomendasikan untuk Anda:

Demikian Pengertian, Jenis Soal, dan Materi Tes Potensi Skolastik TPS UTBK Tahun 2023 dan Pembahasannya yang dapat admin sajikan pada kesempatan kali ini.

Semoga sajian pengertian tes potensi skolastik (TPS) untuk UTBK 2023 dan pembahasannya di atas dapat menjadi tambahan referensi bagi para calon mahasiswa baru.

Akhirnya admin ucapkan selamat belajar dan berlatih. Semoga sukses.

Leave a Reply

%d bloggers like this: