* Penjelasan Lengkap 4 Prinsip Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Penjelasan Lengkap 4 Prinsip Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Blogdope.comPenjelasan Lengkap 4 Prinsip Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila yang selanjutnya disingkat P5 adalah kegiatan kokurikuler berbasis projek.

Kegiatan P5 ini dirancang sebagai upaya untuk menguatkan capaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila.

4 Prinsip Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

proyek penguatan profil pelajar pancasila
Prinsip Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka

Artikel Terkait: Inilah 5 (Lima) Prinsip Pembelajaran Kurikulum Merdeka dan Contoh Penerapannya

Adapun karakter profil pelajar Pancasila dijabarkan secara rinci dalam Standar Kompetensi Lulusan.

Terkait pelaksanaan kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila ini dilaksanakan secara fleksibel. Baik ditilik dari muatan, bentuk kegiatan, maupun waktu pelaksanaannya.

Secara umum, kegiatan projek penguatan pelajar Pancasila dirancang secara terpisah dari kegiatan intrakurikuler.

Tentu pemisahan kegiatan ini memiliki tujuan khusus. Sehingga tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus selalu terkait dengan tujuan dan materi pelajaran pada kegiatan intrakurikuler.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila dapat mengikutsertakan peran masyarakat dan/atau dunia kerja. Terutama dalam merancang dan menyelenggarakan kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Sebelumnya kita perlu memahami terlebih dahulu apa dan bagaimanakah profil pelajar Pancasila itu sebenarnya.

Simak penjelasan lengkapnya pada uraian berikut ini.

Dimensi Profil Pelajar Pancasila

Selama ini muncul pertanyaan besar tentang produk akhir dari sistem pendidikan nasional di Indonesia.

Produk akhir tersebut berupa bagaimanakah profil kompetensi peserta didik yang ingin dihasilkan dari desain pokok sistem pendidikan nasional?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka pemerintah merasa perlu untuk mendesain profil pelajar yang termuat dalam Standar Kompetensi Lulusan.

Desan profil pelajar inilah yang nantinya secara resmi disebut dengan profil pelajar Pancasila.

Secara khusus, profil pelajar Pancasila memiliki sejumlah rumusan kompetensi yang melengkapi fokus pencapaian standar kompetensi lulusan pada tiap jenjang pendidikan.

Utamanya dalam hal penanaman karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Garis Besar Dimensi Profil Pelajar Pancasila

Kompetensi profil pelajar Pancasila sepenuhnya memperhatikan faktor internal yang terkait jati diri, ideologi, dan cita-cita luhur bangsa Indonesia.

Selain itu juga berkaitan dengan faktor eksternal berupa konteks kehidupan dan tantangan bangsa Indonesia di abad ke-21 dan revolusi industri 4.0.

Pemerintah melalui Kemendikbudristek mengharapkan pelajar Indonesia memiliki kompetensi untuk menjadi warga negara yang demokratis. Serta terbentuk menjadi manusia unggul dan produktif pada persaingan abad ke-21 yang semakin ketat.

Oleh sebab itu, pelajar Indonesia diharapkan dapat turut serta dalam pembangunan berskala global yang berkelanjutan. Serta tangguh dalam menghadapi beragam tantangan yang timbul.

Garis besar dimensi profil pelajar Pancasila terdiri atas:

1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.

2. Berkebhinekaan global.

3. Bergotong royong.

4. Mandiri

5. Bernalar kritis.

6. Kreatif.

Rangkaian dimensi profil pelajar Pancasila di atas menunjukkan bahwa profil pelajar Pancasila tidak hanya menitikberatkan pada kemampuan kognitif. Melainkan juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai bangsa Indonesia sekaligus warga dunia.

Prinsip Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

prinsip proyek penguatan profil pelajar pancasila
Prinsip Kunci Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Untuk melaksanakan projek penguatan profil pelajar Pancasila membutuhkan serangkaian pedoman baku.

Pedoman pelaksanaan kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila berupa 4 (empat) prinsip pokok.

4 (empat) prinsip projek penguatan profil pelajar Pancasila tersebut terdiri atas:

Pertama, Holistik

Kedua, Kontekstual

Ketiga, Berpusat pada peserta didik

Keempat, Eksploratif

Penjelasan lengkap 4 (empat) prinsip projek penguatan pelajar Pancasila selengkapnya sebagai berikut.

1. Prinsip Holistik

Makna holistik secara umum adalah memandang sesuatu secara utuh dan menyeluruh. Dengan kata lain tidak parsial atau terpisah-pisah.

Konteksnya dengan perancangan projek penguatan profil pelajar Pancasila kerangka berpikir holistik mendorong kita untuk menelaah sebuah tema secara utuh.

Selain itu juga untuk melihat keterhubungan dari berbagai hal dan memahami sebuah isu secara lebih mendalam.

Oleh sebab itu, cara pandang secara holistik juga mendorong kita untuk dapat melihat koneksi bermakna antar komponen dalam pelaksanaan projek profil.

Komponen pelaksanaan projek profil mencakup peserta didik, pendidik, satuan pendidikan, masyarakat, dan realitas kehidupan sehari-hari.

2. Prinsip Kontekstual

Kontekstual merupakan prinsip kedua dalam pelaksanaan kegiatan profil pelajar Pancasila. Prinsip kontekstual ini terkait erat dengan upaya mendasarkan kegiatan pembelajaran pada pengalaman nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan prinsip ini akan mendorong pendidik dan juga peserta didik agar menjadikan lingkungan sekitar dan realitas kehidupan sehari-hari sebagai bahan utama pembelajaran.

Kemudian satuan pendidikan sebagai penyelenggara kegiatan projek profil pelajar Pancasila harus membuka ruang dan kesempatan yang seluas-luasnya bagi peserta didik. Tujuannya agar peserta didik dapat mengeksplorasi berbagai hal di luar lingkup satuan pendidikan.

Sedangkan tema-tema projek penguatan profil pelajar Pancasila yang disajikan sebisa mungkin dapat menyentuh dan menjawab persoalan lokal yang terjadi di daerah masing-masing.

Menggunakan pengalaman dan pemecahan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari sebagai dasar projek penguatan profil pelajar diharapkan peserta didik dapat mengalami pembelajaran yang bermakna dan aktif.

Sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan seluruh peserta didik.

3. Prinsip Berpusat pada Peserta Didik

Salah satu pedoman penting dalam pelaksanaan kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila adalah prinsip berpusat pada peserta didik.

Berpusat pada peserta didik berkaitan dengan skema pembelajaran yang mendorong peserta didik menjadi subjek pembelajaran yang aktif mengelola proses belajarnya secara mandiri.

Termasuk agar peserta didik memiliki kesempatan untuk memilih dan mengusulkan topik projek profil sesuai minatnya.

Selanjutnya diharapkan pendidik dapat mengurangi peran sebagai aktor utama kegiatan belajar mengajar. Biasanya berupa kegiatan menjelaskan banyak materi dan memberikan banyak instruksi.

Sebaliknya, pendidik diharapkan menjadi fasilitator pembelajaran yang memberikan banyak kesempatan bagi peserta didik untuk bereksplorasi.

Biarkan peserta didik menggali potensi dirinya sendiri atas dorongan dari dalam diri sesuaid engan kondisi dan kemampuannya.

Dengan demikian diharapkan setiap kegiatan pembelajaran dapat mengasah kemampuan peserta didik. Utamanya dalam memunculkan inisiatif serta meningkatkan daya untuk menentukan pilihan dan memecahkan masalah yang dihadapi.

4. Prinsip Eksploratif

Prinsip eksloratif sebagai salah satu dari 4 prinsip projek penguatan profil pelajar Pancasila berkaitan dengan semangat untuk membuka ruang yang lebar bagi proses pengembangan diri dan inkuiri. Baik yang dilaksanakan secara terstruktur maupun bebas.

Pada bagian awal telah disampaikan bahwa projek penguatan profil pelajar Pancasila tidak berada dalam struktur intrakurikuler.

Dengan kata lain tidak terkait dengan berbagai skema formal pengaturan mata pelajaran peserta didik.

Oleh karenanya area eksplorasi dalam projek penguatan profil pelajar ini lebih luas dari segi jangkauan materi peserta didik, alokasi waktu, dan penyesuaian tujuan pembelajaran.

Keberadaan prinsip eksploratif ini juga diharapkan dapat mendorong peran projek penguatan profil pelajar Pancasila untuk menggenapkan dan menguatkan kemampuan yang sudah diperoleh peserta didik dalam kegiatan intrakurikuler.

Rekomendasi untuk Anda:

Nah, itulah paparan 4 prinsip projek penguatan profil pelajar Pancasila yang dapat Admin sajikan pada kesempatan kali ini.

Akhirnya admin berharap semoga uraian prinsip projek pelajar Pancasila di atas dapat menambah luas pengetahuan dan wawasan Anda. Terutama dalam memahami Kurikulum Merdeka dan implementasinya.

Terima kasih sudah berkenan berkunjung ke BlogDope.com. Semoga bermanfaat.

 

 

Sumber: Buku Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Revisi 2022

Leave a Reply

%d bloggers like this: