Penjelasan Materi Past Continuous Tense dan Latihan Soal

Blogdope.com – Materi Past Continuous Tense yang dibelajarkan pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas 8 SMP ini masih erat kaitannya dengan jenis tense past. Pada artikel kali ini akan dijelaskan tentang materi Past Continuous Tense dilengkapi dengan latihan soalnya.

Pada postingan sebelumnya, admin berkatpena.com telah menyajikan materi tentang Simple Past Tense. (Baca: Materi Simple Past Tense Bahasa Inggris Kelas 8 SMP).

Bentuk Past Continuous Tense merupakan sebuah bentuk tense yang menunjukkan sebuah kejadian, peristiwa, atau aktivitas yang sedang berlangsung di masa lampau.

Berikut paparan selengkapnya tentang materi Past Continuous Tense.

Pengertian Past Continuous Tense

Sebagaimana telah admin tuliskan di atas, Past Continuous Tense merupakan sebuah bentuk tense yang menunjukkan sebuah kejadian, peristiwa, atau aktivitas yang sedang berlangsung di masa lampau.

Beranjak dari pengertian tersebut dapat dikatakan bahwa pembicara sedang membicarakan bahwa dia melakukan sesuatu di masa lalu yang dengan jelas menyebutkan kapan waktu mulai dan waku selesainya.

Bentuk Past Continuous Tense memiliki bentuk yang hampir sama dengan Present Continuous Tense. Perbedaan keduanya terletak pada konteks waktu terjadinya peristiwa atau aktivitas.

Bentuk Past adalah masa lampau atau masa lalu, sementara bentuk Present konteks waktunya adalah kejadian masa kini atau sekarang.

Baca Juga:

  • Simple Present Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh Soal
  • Materi Comparative Degree: Penjelasan, Rumus, dan Contoh Soal
  • Materi Comparative Degree: Penjelasan, Rumus, dan Contoh Soal

Rumus Past Continuous Tense

Bentuk kalimat Past Continuous Tense memiliki dua unsur pokok, yaitu Past dan Continuous. Maka pola baku dari kalimat Past Continuous Tense adalah :

Subject + was / were + Verb-ing

Syarat utama dari bentuk Past adalah penggunaan kata kerja atau Verb bentuk ke-2, yaitu was atau were.

Sedangkan ciri utama dari bentuk Continuous adalah penggunaan kata kerja atau Verb – ing. Penggunaan Verb -ing ini erat kaitannya dengan peristiwa atau kejadian yang masih berlangsung.

Dari paparan di atas, dapat diambil simpulan tentang pola baku atau rumus Past Continuous Tense sebagai berikut.

Fungsi Past Continuous Tense

Past Continuous Tense memiliki beberapa fungsi dan/atau kegunaan. Fungsi Past Continuous Tense diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Past Continuous Tense berfungsi untuk menyatakan sebuah aktivitas atau kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lalu. Contoh kalimat: I was crying when you left me alone two years ago.
  2. Past Continuous Tense berfungsi untuk menunjukkan keberadaan aktivitas yang telah terjadi (Simple Past Tense) bersamaan waktunya dengan aktivitas atau kegiatan yang memiliki durasi kejadian lebih panjang yang sedang terjadi. Contoh kalimat: My daughter was studying when someone knocked the door.
  3. Past Continuous Tense berfungsi untuk menyatakan sebuah kebiasaan seseorang yang diulangi sampai beberapa kali. Contoh kalimat: She were always bullying her no matter what.

Contoh Kalimat Past Continuous Tense

Berikut admin sajikan beberapa contoh kalimat Past Continuous Tense dalam Bahasa Inggris.

  1. My fater was listening to Iron Maiden’s ongs when he worked with computer. (Ayahku sedang mendengarkan lagu-lagu Iron Maiden ketika dia bekerja dengan komputer)
  2. Narendra was eating chocolate cake when his friends came. (Narendra sedang makan kue cokelat ketika teman-temannya datang).
  3. My mother in law was not cooking breakfast when I wake up. (Ibu mertuaku tidak memasak ketika aku bangun tidur).
  4. The singer was not starts singing when the music starts playing. (Penyanyi tidak bernyanyi ketika musik mulai berputar).
  5. The students was listening to the explanation while the teacher gave his explanation. (Murid-murid sedang mendengarkan penjelasan ketika guru menjelaskan paparannya)
  6. They were seeing the accident of airplane on military airbase last week. (Mereka melihat kecelakaan pesawat di bandara militer minggu lalu).
  7. I was crying when you came last night. (Aku menangis saat kau datang malam kemarin).
  8. I was working with my computer when you knocked at my door. (Aku sedang bekerja dengan komputer ketika kau mengetuk pintuku).
  9. That man was laughing when he carried the baby. (Orang itu sedang tertawa ketika dia menggendong bayi).
  10. We were playing kites when the sun goes down. (Kami sedang bermain layang-layang ketika matahari terbenam).
  11. I was going to the music concert when my parents didn’t home. (Aku pergi ke konser musik ketika orang tuaku sedang tidak ada di rumah).

Agar lebih memahami penggunaan Past Continuous Tense, silahkan unduh atau download contoh soal Past Continuous Tense pada tautan di bawah ini.

DOWNLOAD CONTOH SOAL PAST CONTINUOUS TENSE

Demikian artikel mengenai Materi Past Continuous Tense Bahasa Inggris Kelas 8 SMP.  Sekiranya artikel ini bermanfaat, silahkan share atau bagikan.

Tuliskan juga komentar, saran, kritik demi tertingkatnya kualitas blog ini pada masa-masa yang akan datang.

Selamat belajar, semoga sukses.

Thank you.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: