Petunjuk Teknis Juknis Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif Tahun 2021

Blogdope.comPetunjuk Teknis Juknis Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif Tahun 2021. Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kemendikbudristek RI sudah mengeluarkan Juknis Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar Inspiratif Tahun 2021.

Pemberian apresiasi pada guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah inspiratif di lingkungan Ditjen Dikdas Kemendikbudristek sebagai salah satu wujud penghargaan dari pemerintah.

apresiasi guru dan tenaga kependidikan inspiratif tahun 2021
Petunjuk Teknis Juknis Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif Tahun 2021

Petunjuk Teknis Juknis Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif Tahun 2021

Penghargaan tersebut di maksudkan atas capaian prestasi dan kinerja guru, kepala sekolah, serta pengawas sekolah inspiratif.  Sedangkan indikatornya yang diukur selama penerapan kegiatan PTMT selama pandemi Covid-19.

Adapun kegiatan PTMT itu sendiri diterapkan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi learning loss secara nasional.

Dengan pemberian penghargaan ini pemerintah berharap dapat menumbuhkan motivasi dan meningkatkan profesionalitas guru, kepala sekolah, serta pengawas sekolah di jenjang Dikdas.

Selain itu juga sebagai wujud stimulus bagi penerima penghargaan agar meningkatkan karir kependidikannya.  Selain untuk menghadapi era baru adaptasi terhadap tata kehidupan yang baru. Muaranya adalah peningkatan kualitas pendidikan di tingkat nasional.

Tema Kegiatan Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif

Penghargaan dan apresiasi kepada guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah inspiratif di tingkat pendidikan dasar Tahun 2021 ini

merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2021 yang mengambil tema “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”.

Kegiatan pemberian penghargaan terhadap guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah inspiratif ini memiliki ruang lingkup kegiatan yang mencakup fungsi dan tugas guru serta kepala sekolah di jenjang pendidikan dasar.

Selain itu juga menyasar pengawas sekolah pada semua tingkatan dalam penyelenggaraan Evaluasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT).

Untuk menunjang terlaksananya kegiatan tersebut, maka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menerbitkan petunjuk teknis (juknis) kegiatan.

Adapun petunjuk teknis ini di publikasikan agar menjadi referensi untuk semua pihak yang terkait dengan pelaksanaan pemberian apresiasi kepada guru,

kepala sekolah di tingkat pendidikan dasar, dan pengawas sekolah seluruh tingkatan yang inspiratif tahun 2021.

Baca : Petunjuk Teknis Juknis Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif Tahun 2021

Latar Belakang Kegiatan Pemberian Apresiasi Guru, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah Inspiratif

Dalam mekanisme pendidikan nasional, status dan kedudukan pendidik serta tenaga kependidikan adalah vital.

Kaitannya dengan hal tersebut, dalam 5 tahun terakhir pemerintah sudah melakukan beragam usaha untuk memperkuat insfrastruktur pendidikan,

serta merubah strategi pembangunan nasional menjadi penguatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Baca : Selebaran Pengumuman Apresiasi Guru dan Tendik Hari Guru Nasional 2021.

Olah karena itu, peranan guru dan tenaga kependidik menjadi benar-benar penting sebagai ujung tombak pembangunan nasional.

Guru dan tenaga kependidikan sekaligus berperan sebagai agen perubahan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

Mengingat vitalnya peran guru dan tenaga kependidikan, maka dalam kegiatan pemberian apresiasi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah inspiratif tahun 2021 ini membutuhkan payung yang berkekuatan hukum tetap.

Maka di susunlah petunjuk teknis pemberian apresiasi kepada guru, kepala sekolah di tingkat pendidikan dasar, dan pengawas sekolah seluruh tingkatan yang inspiratif tahun 2021.

Dalam kaitannya dengan penyelenggaraan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) untuk mengantisipasi learning loss selama wabah pandemi Covid-19.

Perkembangan dan perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat menuntut peran aktif dari seluruh guru dan tenaga kependidikan.

Guru dan tenaga kependidikan harus memiliki peran yang lebih dari sekadar mengajarkan dan mengurus pembelajaran, tetapi juga mengganti skema belajar.

Program Merdeka Belajar

Penerapan Program Merdeka Belajar harus di integrasikan kepada seluruh peserta didik, di barengi dengan internalisasi nilai-nilai siswa Pancasila.

Wabah pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir selama 2 tahun terakhir ini tentu saja menjadi rintangan bagi pendidik dan tenaga kependidikan.

Tidak hanya dalam hal pelaksanaan kegiatan pembelajaran, melainkan lebih kepada penerapan strategi pembelajaran yang komunikatif, kolaboratif, inovatif, dan tahan krisis.

Melalui strategi pembelajaran yang dilaksanakan baik berbasis dalam jaringan (daring / online) maupun luar jaringan (luring / offline),

kegiatan PTMT diharapkan menjadi semakin menarik dan menumbuhkan motivasi belajar peserta didik sehingga dapat mengantisipasi terjadinya learning loss.

Keputusan bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 03/KB/2021, Nomor 384 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/4242/2021, Nomor 440-717 Tahun 2021 mengenai Petunjuk Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

Di tetapkan agar unit-unit pendidikan melakukan penyelenggaraan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Untuk menghadapi wabah Covid-19 yang turut berimbas pada dunia pendidikan, maka pendidik dan tenaga kependidikan dituntut untuk selalu bersikap dan bertindak inovatif.

Hal ini bertujuan agar pendidik dan tenaga kependidikan dapat menghasilkan pengembangan strategi pembelajaran berbasis daring ataupun luring untuk mencegah terjadinya learning loss.

Petunjuk Teknis Apresiasi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah Inspiratif

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) memperoleh penugasan dan tanggung jawab untuk melaksanakan pembimbingan terhadap pendidik dan tenaga kependidikan.

Landasan pemberian tugas dan tanggung jawab tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2021.  Mengenai Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan tugas dan tanggung jawab tersebut, maka Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan memberikan penghargaan dan apresiasi kepada guru dan kepala sekolah pendidikan dasar, dan pengawas sekolah inspiratif semua tingkatan.

Adapun pelaksanaan kegiatan penghargaan dan apresiasi tersebut berbarengan dengan puncak peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 yang mengambil tema “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”.

Petunjuk Teknis Penghargaan dan Apresiasi Guru, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah Inspiratif Tahun 2021

Petunjuk teknis penghargaan dan apresiasi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah inspiratif tahun 2021 ini di terbitkan agar dapat menjadi rujukan bagi peserta, pelaksana, dan pihak-pihak terkait dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Adapun ruang lingkup petunjuk teknis kegiatan penghargaan dan apresiasi kepada guru dan kepala sekolah jenjang pendidikan dasar.

Juga pengawas sekolah inspiratif di semua tingkatan mencakup pengertian, arah apresiasi, target dan syarat,

hasil yang di harapkan, proses aktivitas, proses penilaian, faktor dan tanda penilaian, tingkatan penilaian, dan tim penilai.

Tema Kegiatan

Sedangkan tema kegiatan penghargaan dan apresiasi untuk guru dan kepala sekolah jenjang pendidikan dasar, dan pengawas sekolah inspiratif tahun 2021 adalah “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”.

Tujuan Kegiatan

Penyelenggaraan kegiatan pemberian penghargaan dan apresiasi untuk guru dan kepala sekolah jenjang pendidikan dasar, dan pengawas sekolah inspiratif tahun 2021.

bertujuan untuk memberikan apresiasi pada kinerja atau kreasi guru dan kepala sekolah jenjang pendidikan dasar, dan pengawas sekolah.

Sasaran kegiatan ialah para guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah inspiratif yang mampu meningkatkan kinerjanya serta berperan aktif dalam penerapan PTMT dalam upaya mencegah terjadinya learning loss.

Baca : Juknis Penilaian Apresiasi Guru dan Kepala Sekolah Inspiratif Tahun 2021

Kelompok Apresiasi

Penghargaan dan apresiasi di berikan kepada guru dan kepala sekolah jenjang pendidikan dasar, dan pengawas sekolah inspiratif yang terbagi ke dalam beberapa kategori sebagai berikut.

1. Guru Sekolah Dasar (SD)

2. Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP)

3. Kepala Sekolah Dasar (SD)

4. Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP)

5. Pengawas Sekolah (TK, SLB, SD, SMP, SMA, SMK)

Petunjuk teknis apresiasi guru dan tenaga kependidikan jenjang Dikdas inspiratif tahun 2021 selengkapnya bisa di unduh pada tautan / link berikut ini.

UNDUH

Demikian panduan teknis juknis penghargaan guru dan tenaga kependidikan jenjang pendidikan dasar inspiratif tahun 2021. Terima kasih dan semoga bermanfaat.