* Terungkap! Beginilah Rahasia Kemampuan Super Kutu Loncat untuk Meloncat

Terungkap! Beginilah Rahasia Kemampuan Super Kutu Loncat untuk Meloncat

Blogdope.comTerungkap! Beginilah Rahasia Kemampuan Super Kutu Loncat untuk Melompat. Anda pernah melihat seekor kutu loncat? Bagaimanakah kemampuan loncatan yang dimiliki oleh kutu loncat?

JIka kita amati, ternyata seekor kutu loncat mampu melakukan loncatan yang teramat jauh. Bahkan jauhnya jarak loncatan kutu loncat dari titik awal bisa mencapai 200 kali panjang tubuhnya!

Sangat luar biasa.

Nah, mari kita kulik lebih dalam lagi tentang kutu loncat dan fakta rahasia kemampuan meloncatnya.

rahasia kutu loncat
Kutu Loncat dan Rahasia Kemampuan Meloncat yang Dimilikinya (gambar: efekto.co.za)

Baca : Inilah Fakta Unik dan Menarik tentang Kecoak, Jenis Serangga Tahan Radiasi Nuklir

Rahasia Kemampuan Kutu Loncat untuk Meloncat

Apa itu Kutu Loncat?

Kutu loncat adalah sejenis serangga berukuran kecil. Ia berasal dari suku Psyllidae. Sumber makanan kutu loncat berasal dari cairan tumbuhan.

Oleh sebab itu beberapa jenis kutu loncat merupakan hama berbahaya. Terutama bagi pertanian dan agroindustri.

Bersama dengan beberapa kutu hama tumbuhan, kutu loncat tergolong kelompok Sternorrhyncha. Kelompok ini dianggap bentuk hidup paling primitif dari kepik sejati (Hemiptera).

Sepanjang hidupnya, kutu loncat memiliki 3 fase hidup. Yaitu serangga dewasa, telur, dan nimfa. Daur hidup kutu loncat berawal dari telur sampai dewasa. Hal ini berlangsung antara 16-18 hari pada kondisi cuaca panas.

Sedangkan pada kondisi cuaca dingin, siklus hidupnya mencapai 45 hari. Dalam setahun, kutu loncat dapat mengalami 9-10 generasi.

Meskipun memiliki bentuk tubuh kecil, keunikan kutu loncat berupa kemampuan meloncatnya. Kutu loncat mampu meloncat sangat jauh. Belum diketahui bagaimana cara kutu loncat mentransfer energi untuk meloncat.

Melalui serangkaian penelitian, para ilmuwan dari Cambridge University akhirnya berhasil mengungkap rahasia kemampuan loncat seekor kutu loncat.

Mereka mampu mengungkap fakta bagaimana kutu loncat mampu meloncat secara cepat. Dan dengan jarak loncatan yang sangat jauh.

Kesimpulan dari penelitian tersebut menghasilkan pengetahuan kemampuan meloncat sejauh 200 kali panjang tubuh kutu loncat.

kepik sejati
Kepik, Jenis Binatang dengan Puluhan Ribu Spesies (gambar: id.wikipedia.com)

Baca Juga : Inilah 10 Fakta Unik dan Menarik tentang Kuda Nil yang Perlu Anda Ketahui

Apa Rahasia Kemampuan Super Kutu Loncat untuk Meloncat?

Dengan menggunakan alat rekam video berkecepatan tinggi, para ahli berhasil mengungkap rahasia kemampuan super kutu loncat untuk meloncat.

Rahasia loncatan kutu loncat terletak pada kaki belakangnya.

Kaki belakang kutu seekor kutu loncat berfungsi sebagai pengungkit saat hendak melakukan loncatan. Pada kaki belakang ini terdapat tulang besar. Struktur tulang pada kaki belakang membantu kutu loncat untuk mendapatkan gaya tarik.

Gaya tarik ini siap saat dapat dilepaskan untuk mengawali loncatan.

Saat melepas gaya tarik, kaki belakang kutu loncat yang berada dalam kondisi meringkuk akan menghentak tanah. Sehingga badan kutu loncat terdorong ke depan dan melenting jauh ke atas. Tak ubahnya seperti sebuah per yang dilepas.

Nah, begitulah kemampuan super seekor kutu loncat dalam melakukan loncatan. Sungguh luar biasa, bukan?

Baca Juga :

Inilah salah satu keadilan dan kuasa Tuhan Yang Maha Esa. Di balik bentuk dan ukuran badan yang sedemikian kecilnya, ternyata kutu loncat memiliki kemampuan yang tidak kita miliki.

Akhirnya, admin berharap semoga postingan tentang rahasia kemampuan loncat pada kutu loncat ini dapat menambah luas pengetahuan dan wawasan Anda.

Terima kasih.

Leave a Reply