* Biografi Guglielmo Marconi, Ilmuwan Penemu Radio - BlogDope.com

Riwayat Hidup Guglielmo Marconi, Ilmuwan Penemu Radio

Blogdope.com – Biografi Guglielmo Marconi Ilmuwan Penemu Radio. Radio pernah mengambil peran penting dalam sejarah peradaban umat manusia. Tahukah Anda siapa yang menemukan radio?

Berikut biografi singkat Guglielmo Marconi penemu radio.

Riwayat Hidup Guglielmo Marconi sang Penemu Radio

biografi guglielmo marconi penemu radio
Guglielmo Marconi, Ilmuwan Penemu Radio (gambar: profilpedia.com)

Baca Juga: Michael Faraday, Biografi Ilmuwan Penemu Listrik

Guglielmo Marconi lahir pada tanggal 25 April 1874 di Bologna, Italia. Ayahnya, Giuseppe Marconi berprofesi sebagai seorang pengusaha. Sementara ibunya, Annie Jameson berasal dari Irlandia.

Semasa kecil, Marconi sering diajak bepergian oleh orang tuanya untuk mengunjungi kerabat dan keluarga ibunya di daratan Inggris.

Itulah sebabnya, Marconi mampu berkomunikasi menggunakan dua buah bahasa sekaligus, yaitu bahasa Italia dan bahasa Inggris.

Oleh keluarganya, Marconi diberikan pendidikan secara privat di rumah. Selepas itu menuntut ilmu di institut teknik selama tujuh tahun.

Kurang lebih pada tahun 1855, kakek Guglielmo Marconi menjual perkebunan yang diwariskan oleh para leluhurnya. Uang hasil penjualan perkebunan itu digunakan untuk membeli vila Grifoni.

Vila Grifoni merupakan sebuah rumah untuk tuan tanah yang dikelilingi ratusan area tanah di daerah Pantecchio di dekat kota Bologna, Italia.

Di tempat inilah Marconi dibesarkan hingga menjelang usia 22 tahun. Bertempat di vila Grifoni ini jugalah, Guglielmo Marconi mendemonstrasikan hasil percobaannya berupa telegram tanpa kawat.

Telegram tanpa kawat yang diperagakan oleh Guglielmo Marconi bekerja menggunakan gelombang radio yang dihasilkan dari percikan listrik.

Baca Juga: Biografi Alexander Bain Ilmuwan Penemu Mesin Fax

Sejarah Penemuan Radio

Semenjak berusia 20 tahun, Guglielmo Marconi akrab dan tertarik dengan percobaan-percobaan kelistrikan yang pernah dilakukan oleh Maxwell, Kelvin, dan juga Hertz.

Marconi mengalami kegagalan pada saat mengikuti ujian masuk Universitas Bologna dan Akademi laut di Leghorn.

Seorang profesor pengajar di Universitas Bologna bersimpati padanya. Sang profesor melihat bahwa Marconi memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar.

Kemudian profesor tersebut memperbolehkan Marconi untuk mengikuti perkuliahan sebagai pendengar serta memberikannya izin untuk mempergunakan laboratorium sebagai sarana berlatih.

Beberapa tahun sebelumnya, Hertz melakukan percobaan dan mengemukakan teori pembuktian adanya gelombang elektromagnetik yang kasat mata. Gelombang elektromagnetik ini bergerak di udara dengan kecepatan udara.

Teori gelombang elektromagnetik yang dikemukakan oleh Hertz ini menimbulkan ide pemikiran pada diri Guglielmo Marconi.

Marconi berpikir bahwa gelombang elektromagnetik dapat digunakan untuk mengirim sinyal atau tanda.

Kurang lebih selama satu tahun ia bekerja keras melakukan percobaan-percobaan untuk merealisasikan ide dan pemikirannya. Pada tahun 1895, Marconi berhasil membuat peralatan yang sesuai dengan kebutuhannya.

Setahun berikutnya, ia berhasil memperagakan penemuannya dan memperoleh hak paten atas karyanya tersebut.

Guglielmo Marconi kemudian mendirikan perusahaan yang bernama “Marconi”. Perusahaan inilah yang nantinya menjadi cikal bakal stasiun radio pertama di dunia.

radio penemuan marconi

Baca Juga: Biografi Singkat Wilhelm Conrad Rontgen Ilmuwan Penemu Sinar Rontgen

Karya Besar Guglielmo Marconi bagi Dunia

Pada tahun 1901, Guglielmo Marconi berhasil meraih hadiah Nobel. Keberhasilannya tersebut semakin meningkatkan semangatnya untuk terus berinovasi. Setahun setelah keberhasilannya memperoleh Nobel, Marconi mengembangkan radio detektif magnetik.

Guglielmo Marconi berhasil mengirimkan berita radio sejauh 6.000 mil, dari Irlandia ke Argentina menggunakan kode tertentu yang dikenal dengan kode Marconi.

Pada tahun 1915 pengiriman suara melalui gelombang radio berhasil dilakukan dan memperoleh kesuksesan. Semenjak saat itu, penggunaan radio sebagai sarana komunikasi mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Marconi meninggal dunia pada tanggal 20 Juli 1937 di Roma, Italia. Warisannya berupa penemuan radio mengambil peranan penting dalam sejarah peradaban umat manusia sampai saat ini.

Baca Artikel Penting Lainnya:

Demikian artikel mengenal Riwayat Hidup Guglielmo Marconi Ilmuwan Penemu Radio. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply