Seri Biografi Ilmuwan: Andre Marie Ampere Penemu Hukum Ampere

biografi andre marie ampere penemu hukum ampere
Hukum Ampere

Blogdope.comBiografi Singkat Andre Marie Ampere Penemu Hukum Ampere. Andre Marie Ampere penemu Hukum Ampere lahir pada tahun 1755 di Kota Lyon, Perancis dan meninggal pada tanggal 19 Juni 1836 di Kota Marseille, Perancis.

Pada masa itu, Andre Marie Ampere dijuluki sebagai anak ajaib. Itu terjadi karena pada usia yang masih remaja, kurang lebih 12 tahun, beliau berhasil menguasai seluruh illmu matematika dan proses belajarnya berlangsung sangat cepat.

Baca Juga:

Karir Gemilang Andre Marie Ampere, si Anak Ajaib

biografi andre marie ampere penemu hukum ampere
Andre Marie Ampere, Si Anak Ajaib

Menginjak usia 26 tahun, Andre Marie Ampere diangkat menjadi profesor ilmu Fisika dan ilmu Biologi di Bourg pada tahun 1801.

Andre Marie Ampere juga diangkat sebagai profesor ilmu Matematika di Ecole Polytechnique, Paris kurang lebih delapan tahun setelah pengangkatannya di Bourg.

Pada saat bekerja, Andre Marie Ampere memiliki pendekatan yang berbeda dibandingkan dengan ilmuwan-ilmuwan yang lain.

Pada umumnya, untuk dapat menghasilkan sebuah karya penemuan seorang ilmuwan akan melakukan serangkaian eksperimen atau percobaan-percobaan. Tetapi tidak halnya dengan Andre Marie Ampere.

Sistem kerjanya dibalik. Andre Marie Ampere akan berusaha untuk merumuskan ide terlebih dahulu kemudian mempelajari ide-ide yang dirumuskannya tersebut hingga diperoleh simpulan.

Bukti bahwa pendekatan yang dipergunakan Andre Marie Ampere berbeda dengan ilmuwan-ilmuwan lain dapat dilihat pada saat beliau mempelajari penemuan yang dikemukakan oleh Hans Cristian Orsted sekitar tahun 1820.

Menurut Hans Cristian Orsted, sebuah jarum magnetik akan membelok bila arus pada kawat di dekatnya berubah. Gejala ini membuktikan adanya hubungan antara listrik dengan magnet.

Pemikiran Hans Cristian Orsted ini dianggap sebagai penemuan baru pada waktu itu. Gejala-gejala hubungan antara kelistrikan dan magnet tersebut kemudian berupaya diuraikan oleh Andre Marie Ampere.

Teori penemuan yang dikemukakan oleh Hans Cristian Orsted tersebut berhasil diuraikan dalam beberapa lembar kertas oleh Andre Marie Ampere hanya dalam waktu satu minggu.

Baca Juga:

Hukum Ampere, Hasil Pemikiran Terbesar Andre Marie Ampere

biografi andre marie ampere penemu hukum ampere
hukum ampere

Pemikiran paling fenomenal dan bersejarah adalah Hukum Ampere. Hukum ini menguraikan tenaga magnetik yang berada di antara dua arus listrik.

Teori-teori yang dikemukakan oleh Andre Marie Ampere sangat bermanfaat bagi perkembangan disiplin ilmu yang lain, utamanya ilmu Matematika dan elektronika. Di dalamnya termasuk pengembangan teori elektromagnetik.

Ilmuwan dunia yang dapat disebut sebagai pionir pengembangan teknik kelistrikan adalah Andre Marie Ampere.

Selain Hukum Ampere, Andre Marie Ampere menciptakan pula sebuah alat yang berfungsi untuk mengukur besar arus listrik. Alat yang diciptakannya ini merupakan purwarupa (prototipe) sebuah alat yang kita kenal sekarang sebagai Galvanometer.

Alat pengukur besar arus listrik ini awalnya didesain menggunakan satu jarum yang bebas bergerak ke kiri dan kanan untuk menyatakan besar kecilnya arus listrik.

Penemuan alat oleh Andre Marie Ampere ini kemudian disempurnakan pada tahun 1820 oleh ilmuwan berkebangsaan Jerman yang bernama Sweigger.

Dunia ilmu pengetahuan dan teknologi sampai sekarang masih menggunakan satuan Ampere untuk menyatakan besaran kuat arus listrik dan Amperemeter untuk mengukur kuat arus listrik. Kedua istilah tersebut digunakan untuk mengenang jasa Andre Marie Ampere.

Demikian artikel mengenai Biografi Singkat Andre Marie Ampere Penemu Hukum Ampere. Semoga bermanfaat.

%d blogger menyukai ini: