* Siapakah Leonard Kleinrock? Simak Biografi Tokoh Penemu Internet

Siapakah Leonard Kleinrock? Simak Biografi Tokoh Penemu Internet

Blogdope.comBiografi Leonard Kleinrock sang Tokoh Penemu Internet. Kita tentu tak asing lagi dengan internet, bukan? Hampir semua aspek dalam kehidupan tak bisa lepas dari internet. Mulai dari sekolah, kantor, tempat ibadah.. pokoknya hampir semua terikat dengan keberadaan internet.

Apalagi selama masa pandemi Covid-19 melanda dunia 2 tahun terakhir ini.

Hampir semua aktivitas luring lumpuh, kalau tidak mau dikatakan tidak ada lagi. Untunglah, teknologi internet sudah sangat maju. Sehingga aktivitas pekerjaan, sekolah, dan sebagainya tetap dapat berjalan. Meskipun harus dilakukan secara jarak jauh atau luring (online).

Tahukah Anda, siapa orang yang berjasa di balik penemuan internet? Simak biografi penemu internet berikut ini.

biografi penemu internet
Internet, Karya Besar Leonard Kleinrock untuk Kemanusiaan (sumber: kompas.com)

Baca Juga : Biografi Ma Huateng sang Penemu Media Sosial WeChat

Mengenal Riwayat Hidup Leonard Kleinrock

Siapakah Leonard Kleinrock? Mengapa kita perlu membaca riwayat hidupnya?

Kalau Anda termasuk orang yang banyak beraktivitas dengan internet dan aplikasi di dalamnya, maka sudah sepatutnya Anda berterima kasih pada beliau.

Karena atas ide dan pemikiran beliaulah, saat ini dunia sudah terhubung dengan mudahnya melalui internet.

Ya, Leonard Kleinrock dikenal dunia sebagai tokoh yang menemukan internet. Bahkan untuk menghormati jasanya, dunia sepakat menganugerahinya sebagai “Bapak Internet”.

Konsep pemikiran Leonard tentang pertukaran paket menjadi dasar bagi pengembangan teknologi internet saat ini.

biografi penemu internet
Sosok Leonard Kleinrock, sang Penemu Internet(source: steemit.com)

Sosok Inspiratif :

Mari Mengulik Sosok Matt Mullenweg sang Penemu Platform Blogging WordPress

Sejarah Berkembangnya Internet melalui Pertukaran Paket Data

Teknologi internet secara prinsip adalah pengembangan dari teknik pertukaran paket data antar jaringan komputer.

Pemikiran mengenai pertukaran paket melalui jaringan komputer inilah yang dikemukakan oleh Leonard Kleinrock.

Beliau aktif memprakarsai dan turut serta dalam membangun dan mengembangkan ARPAnet. Sebuah konsep hubungan antarjaringan komputer di seluruh kampus perguruan tinggi di Amerika Serikat.

Keberhasilan pengiriman pesan pertama melalui jaringan internet dilakukan oleh Charley Kline. Ia adalah seorang mahasiswa programmer yang berada di bawah bimbingan Leonard.

Pada tanggal 29 Oktober 1969 pukul 10.30 WIB, sebuah pesan bersejarah berhasil dikirim dari Boelter Hall 3420 di UCLA ke Standford. Bunyi pesan yang dikirim sebenarnya tertulis LOGIN. Tetapi transmisi terputus pada saat akan menuliskan huruf G. Sehingga pesannya hanya berbunyi LO.

Pesan bersejarah ini terkirim dari komputer SDS Sigma yang berada di Universitas California. Sedangkan yang dituju adalah Standford Research Institute yang berjarak 314 mil jauhnya.

Profil, Pendidikan, dan Karir Leonard Kleinrock

Leonard Kleinrock lahir pada tanggal 13 Juni 1934 di New York City, New York, Amerika Serikat. Beliau menamatkan jenjang sekolah menengah di Bronx High School of Science pada tahun 1951.

Selanjutnya beliau berhasil lulus dari City College of New York dengan gelar sarjana teknik elektro dan ilmu komputer pada tahun 1957.

Gelar prestisius beliau peroleh dari Institut Teknologi Massachusets (MIT, Massachusets Institute of Technology) pada tahun 1959. MIT adalah salah satu kampus terbaik yang ada di dunia.

Predikat Doktor teknik elektro dan ilmu komputer berhasil Leonard peroleh pada tahun 1963, sehingga beliau berhak menyematkan gelar Ph.D di belakang namanya.

Karir profesional Leonard berawal dari Fakultas Ilmu Komputer di Universitas California di Los Angeles (UCLA). Beliau bekerja sebagai seorang profesor ilmu komputer.

Pada tahun 1988, Leonard menjabat sebagai Ketua Kelompok Jaringan Penelitian Nasional untuk Kongres Amerika Serikat. Hasil kerja dan laporan dari kelompok ini sangat berpengaruh terhadap pengembangan Undang-undang Computing High Performance tahun 1991.

Undang-undang inilah yang menjadi dasar perkembangan internet yang kita kenal saat ini. Pendanaan sebagai imbas dari RUU itu selanjutnya digunakan dalam pengembangan aplikasi penjelajah (browser) web tahun 1993.

Browser yang dikembangkan tersebut dikenal dengan nama Mosaic. Pengembangannya dilakukan di National Center for Supercomputing Applications (NCSA).

Penghargaan Dunia untuk sang Penemu Internet

Atas jasa-jasanya, Leonard Kleinrock banyak menerima penghargaan. Baik dari pemerintah Amerika Serikat maupun lembaga-lembaga dunia. Salah satu contohnya adalah penghargaan yang berasal dari National of Science Amerika Serikat.

Itu adalah penghargaan bergengsi sebagai kehormatan ilmiah bangsa. Penghargaan ini diterimakan kepada Leonard oleh Presiden George W. Bush di Gedung Putih pada tanggal 29 September 2008.

Pada tahun 2007, Kleinrock juga menerima penghargaan National Medal of Science atas kontribusi fundamentalnya kepada teori Matematika dan jaringan data modern. Selain itu juga atas karyanya berupa spesifikasi fungsional pertukaran paket (packet switching).

Biografi Ilmuwan Lainnya:

Demikianlah riwayat hidup Leonard Kleinrock, seorang ilmuwan komputer yang berhasil menemukan konsep internet berupa pertukaran paket data.

Sungguh kita dan seluruh dunia patut berterima kasih atas apa yang telah menjadi karyanya.

Akhirnya, admin berharap biografi penemu internet di atas dapat menginspirasi kita semua untuk terus berkarya.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply