Soal Tes PPPK Kompetensi Manajerial Paket 1 Tahun 2021

Blogdope.com – Untuk menghadapi tes seleksi PPPK tahun 2021 memerlukan persiapan yang matang. Salah satunya dengan berlatih mengerjakan soal tes PPPK kompetensi manajerial. Soal tes PPPK kompetensi manajerial terdiri atas beberapa paket. Berikut soal tes PPPK kompetensi manajerial paket 1 tahun 2021.

Penyajian soal tes PPK kompetensi manajerial paket 1 tahun 2021 agar menjadi referensi belajar calon peserta tes seleksi PPPK tahun 2021.

Selain itu juga agar dapat menjadi gambaran terkait bentuk soal yang akan diujikan pada tes seleksi PPPK tahun 2021.

soal tes PPPK kompetensi manajerial paket 1
Tes PPPK Kompetensi Manajerial

Perbedaan mendasar antara materi soal tes PPPK dengan soal tes CPNS ialah ketiadaan seleksi kompetensi dasar pada tes PPPK. Sehingga yang diujikan pada soal tes seleksi PPPK hanya mencakup seleksi kompetensi bidang atau teknis.

Sedangkan kuota penerimaan PPPK pada tahun ini lebih besar daripada tahun-tahun sebelumnya. Tentu saja hal ini merupakan peluang bagi para calon peserta untuk dapat lolos menjadi PPPK tahun 2021.

Sebagai upaya membantu mempersiapkan diri untuk menghadapi tes PPPK tahun 2021, pada artikel ini disajikan soal tes PPPK kompetensi manajerial paket 1 tahun 2021.

Materi Tes Seleksi PPPK Tahun 2021

Soal-soal yang diujikan pada tes seleksi PPPK tahun 2021 mencakup beberapa materi sebagai berikut.

1. Kompetensi Bidang/Teknis

Tes kompetensi bidang atau teknis adalah pengukuran untuk mengetahui tingkat pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku yang dapat diamat, terukur, dan berkembang terkait bidang teknis jabatan.

2. Tes Bakat Skolastik

Tes Bakat Skolastik merupakan tes yang mengukur kemampuan potensial umum untuk memprediksi kemampuan seseorang jika memperoleh kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru.

3. Kompetensi Manajerial

Tes Kompetensi Manajerial adalah soal tes dengan materi pengetahuan, keterampilan, sikap atau perilaku yang dapat diamati, terukur, dan berkembang untuk memimpin dan mengelola organisasi.

4. Kompetensi Sosio Kultural

Tes Kompetensi Sosial Kultural adalah tes untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, sikap atau perilaku yang dapat diamati, terukur, dan berkembang terkait pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk.

5. Pertanyaan Wawancara

Wawancara adalah tanya jawab antara dua pihak, yaitu pewawancara dan narasumber untuk memperoleh suatu data tentang suatu hal.

Sajian tipe, jumlah soal, alokasi waktu, dan bobot soal pada tes seleksi PPPK tahun 2021 sebagai berikut.

Tipe Konten                                    Butir soal          Waktu          Bobot

Kompetensi Teknis                              50                   60                 60%

Tes Bakat Skolastik(penalaran)         40                   60

Manajerial                                             30                   25                  40%

Sosio-Kultural                                       20                   15

Pertanyaan wawancara                      10                  10

JUMLAH                                             150                  170                100%

Soal Tes Seleksi PPPK Kompetensi Manajerial Paket 1 Tahun 2021

Penyajian artikel terkait soal tes seleksi PPPK kompetensi manajerial paket 1 tahun 2021 dapat menjadi pilihan alternatif sumber belajar bagi calon peserta tes seleksi PPPK.

Adapun bentuk soal tes seleksi PPPK kompetensi manajerial paket 1 tahun 2021 ini berupa pilihan ganda dengan 5 opsi pilihan jawaban.

Untuk mempermudah bagi peserta tes seleksi PPPK, pada soal kompetensi manajerial ini sudah lengkap dengan kunci jawaban yang tepat.

Penanda kunci jawaban adalah opsi pilihan jawaban yang tercetak dengan huruf tebal.

BACA JUGA:

1.DOWNLOAD Soal Tes Seleksi PPPK Kompetensi Manajerial Paket 1

2.DOWNLOAD Soal Tes Seleksi PPPK Kompetensi Manajerial Paket 2

3.DOWNLOAD Soal Tes Seleksi PPPK Kompetensi Manajerial Paket 3

SOAL KOMPETENSI MANAJERIAL PAKET 1 TES SELEKSI PPPK TAHUN 2021
Pilihlah Jawaban yang paling Tepat!

1. Suatu saat Anda diberi tanggung jawab menjadi pemegang uang simpan pinjam di organisasi di mana Anda tinggal. lwan mendatangi Anda untuk mengetahui simpanan uang yang dipunyai oleh Marwis. Hal dilakukan oleh lwan dengan alasan Marwis mempunyai hutang ke lwan dan terkesan tidak mau membayar dengan alasan Tidak mempunyai uang padahal ia sangat membutuhkan uang tersebut untuk membayar uang sekolah anaknya. Jika saya pada kondisi tersebut yang akan saya lakukan dalam menghadapi lwan adalah …

A. Mencoba menasehati Marwis untuk membayar ke lwan langsung.

B. Memberi gambaran tentang keuangan Marwis tanpa menyebutkan jumlah nimimalnya.

C. Saya tidak akan memberi tahu jumlah uang

D. Memberi tahu lwan jumlah uang Marwis dengan pertimbangan lwan betul-betul membutuhkan uang tersebut.

E. Mendorong lwan untuk menagih karena saya tahu Marwis mempunyai uang di simpanan.

2. Menurut Anda pekerjaan yang bertanggung jawab dan Menpunyal integritas adalah orang yang …

A. Bekerja dengan penuh kehati-hatian, teliti, tetapi juga tepat waktu.

B. Menyelesaikan tugas dengan tepat.

C. Bekerja sesuai dengan tata aturan yang berlaku.

D. Mengacu pada perintah atasan.

E. Bekerja berdasar pada skala prioritas dan tuntutan kondisi sesaat. Jawaban A

3. Andi adalah seorang kabag di suatu dinas di Kabupaten Lumbung. Andi dikenal orang yang cukup patuh pada atasan. Suatu hari atasannya yang bernama Yanto pergi ke luar kota untuk urusan dinas yang cukup rahasia. Andi diminla untuk mengawasi pegawai secara ketat. Hal ini ditekankan oleh Yanto karena ia mendapat laporan bahwa banyak karyawan yang sering terlambat datang dan pulang sebelum waktu telah habis.

Yanto juga berpesan agar Andi tidak memberitahukan kepada siapapun kemana ia pergi karena tugas yang diembannya cukup rahasia. Andi menyatakan kesanggupannya untuk mengawasi karyawan dan memegang rahasia tersebut. Pada hari pertanna Yanto pergi, Andi menemukan 5 pegawai yang datang terlambat tanpa alasan yang jelas dan 7 orang yang pulang sebelum jam kerja selesai. Pada hari kedua Yanto, datang tamu pejabat penting dari provinsi yang mempunyai urusan penting berkailan dengan tugas, dan harus diselesaikan hari itu juga. la memaksa Andi untuk memberitahu ke mana atasan Andi karena sejak 2 hari terakhir Yanto tidak bisa dihubungi. Jika Anda Andi, tindakan yang Anda ambil dalam menghadapi tamu dari propinsi adalah …

A. Tetap tidak mengatakan kemana Yanto pergi karena sudah berjanji.

B. Memberi tahu ke mana atasanya pergi mengingat kondisi genting yang terjadi.

C. Berjanji akan segera menghubungi Yanto tetapi tetap memberilahu kemana Yanto pergi.

D. Mengatakan tidak tahu kemana Yanto pergi.

E. Mengatakan kepada tamu dari provinsi diri Anda tidak mempunyai kewenangan untuk memberikan informasi.

4. Andi adalah seorang kabag di suatu dinas di Kabupaten Lumbung. Andi dikenal orang yang cukup patuh pada atasan. Suatu hari atasannya yang bernama Yanto pergi ke luar kota untuk urusan dinas yang cukup rahasia. Andi diminla untuk mengawasi pegawai secara ketat. Hal ini ditekankan oleh Yanto karena ia mendapat laporan bahwa banyak karyawan yang sering terlambat datang dan pulang sebelum waklu kela habs. Yanto juga berpesan agar Andi tidak memberitahukan kepada siapapun kemana ia pergi karena tugas yang diembannya cukup rahasia. Andi menyatakan kesanggupannya untuk mengawasi karyawan dan memegang rahasia tersebut.

Pada hari pertama Yanto pergi, Andi menemukan 5 pegawai yang datang terlambat tanpa alasan yang jelas dan 7 orang yang pulang sebelum jam kerja selesai. Pada hari kedua Yanto, datang tamu pejabat penting dari provinsi yang mempunyai urusan penting berkailan dengan tugas, dan harus diselesaikan hari itu juga. la memaksa Andi untuk memberitahu ke mana atasan Andi karena sejak 2 hari terakhir Yanto tidak bisa dihubungi. Jika Anda Andi, tindakan yang Anda ambil dalam menghadapi tamu dari propinsi adalah …

Jika Anda Andi, tindakan yang Anda lakukan untuk mengatasi pegawai yang tidak disiplin adalah …

A. Menegur karyawan yang tidak disiplin sesuai kewenangan yang diberikan oleh Yanto.

B. Mencatat pegawai yang tidak disiplin dan dilaporkan ke Yanto ketika ia kembali ke kantor.

C. Mengingatkan secara tidak formal kepada pegawai yang tidak disiplin.

D. Diam saja karena kebetulan yang tidak disiplin adalah teman dekatnya.

E. Menegur dan      mengatakan     Anda    akan     mengatakan     kepada Yanto   atas ketidakdisiplinan mereka.

BACA JUGA:

1.DOWNLOAD Soal Tes Seleksi PPPK Kompetensi Manajerial Paket 4

2.DOWNLOAD Soal Tes Seleksi PPPK Kompetensi Manajerial Paket 5

5. Ridwan diminta menyimpan dokumen penilaian kinerja seluruh karyawan PT Maju Lancar oleh manajer SDM karena mendadak harus pergi, dengan pesan jangan dibuka karena datanya bersifat rahasia. Tidak ada seorang pun yang tahu bahwa Anda diberi kepercayaan tersebut. Dalam dokumen tersebut memuat data-data tentang pegawai- pegawai yang akan dipromosikan. Ridwan adalah salah satu pegawai yang akan dipromosikan tersebut. Jika Anda sebagai Ridwan, tindakan yang akan Anda lakukan adalah…

A. Melihat dokumen tersebut khusus dokumen yang berkaitan dengan diri Anda.

B. Melihat seluruh dokumen pegawai yang dicalonkan untuk promosi sekadar untuk mengetahui saja tanpa memberi tahu orang lain.

C. Tidak membuka dokumen karena sudah dipesan untuk tidak membukanya.

D. Mengajak satu teman yang Anda percaya untuk membuka sekedar untuk melihat data Anda tanpa membocorkan kepada orang lain.

E. Menanyakan langsung secara pribadi kepada manajer SDM tentang kesempatan Anda untuk dipromosikan.

6. Andang diminta untuk membentuk kelompok kerja dengan tugas yang cukup rahasia. Sebelum bekerja masing-masing anggota menuliskan pakta integritas unluk tidak memberitahukan kepada siapapun. Masing-masing anggola mempunyai lugas yang cukup spesifik namun oara pengerjaannya mempunyai aturan yang sama. Pada waktu tertentu mereka berkumpul untuk memberikan laporan capaian target. Di dalam proses tersebut ada salah satu anggota yang rnelanggar pakta integritas dengan menceritakan pekerjaannya kepada istrinya yang kebetulan menelpon dan menyatakan pekerjaan yang sedang dilakukan. Jika Anda Andang, hal yang Anda periksa berkaitan dengan hasil kerja adalah ….

A. Kesesuaian hasil dan target yang telah ditentukan.

B. Keakurasian dari hasil kerja yang telah ditentukan yang mencakup ketelitian, kualitas dan kuantitas.

C. Kesesuaian jumlah hasil kerja dengan kemampuan masing-masing anggota.

D. Kedisiplinan dalam mengerjakan tugas yang diberikan.

E. Membandingkan kontribusi masing-masing anggota terhadap capaian kelompok.

7. Andang diminta untuk membentuk kelompok kerja dengan tugas yang cukup rahasia. Sebelum bekerja masing-masing anggota menuliskan pakta integrilas unluk tidak memberitahukan kepada siapapun. Masing-masing anggola mempunyai lugas yang cukup spesifik namun oara pengerjaannya mempunyai aturan yang sama. Pada waktu tertentu mereka berkumpul untuk memberikan laporan capaian target. Di dalam proses tersebut ada salah satu anggota yang rnelanggar pakta integritas dengan menceritakan pekerjaannya kepada istrinya yang kebetulan menelpon dan menyatakan pekerjaan yang sedang dilakukan. Tindakan Anda jika Anda Andang dalam menghadapi anggota yang melanggar pakta integritas adalah …

A. Menegur dan mengingatkan kembali akan pernyataan yang sudah dibuat bersama serta meminta yang bersangkutan konsisten dengan apa yang sudah dinyatakan dalam pakta kesepakataan,

B. Sekadar mengingatkan saja mengingat anggota kelompok adalah orang dewasa yang mestinya sudah tahu apa yang harus dilakukan.

C. Mengingatkan dan meminta masing-masing anggota untuk membaca pakta integritas yang sudah disepakati.

D. Menegur dan menujukan pelangaran pakta integritas yang telah dilakukan.

E. Mengingatkan bahwa setiap pelanggaran ada konsekuensinya.

8. Jika saya menjadi anggota yang melanggar pakta integritas, maka ketika mendapat teguran biasanya saya…

A. Memberi alasan yang dapat diterima mengapa saya melanggar pakta integritas.

B. Saya akan menerima teguran tersebut karena memang salah meskipun menghadapi konsekuensi juga akan disalahkan oleh anggota yang lain.

C. Menemui Anda sebelum mendapat teguran.

D. Menunggu dipangil dan mempersiapkan jawaban-jawaban yang akan saya berikan.

E. Pasrah akan nasib yang saya terima.

BACA JUGA:

1.DOWNLOAD Soal Tes Seleksi PPPK Kompetensi Manajerial Paket 6

2.DOWNLOAD Soal Tes Seleksi PPPK Kompetensi Manajerial Paket 7

9. Secara umum orang yang mengatakan saya orang yang dapat dipercaya karena…

A. Saya orang yang ramah dan mau mendengar keluhan orang lain.

B. Saya orang yang terbuka.

C. Saya melakukan apa yang saya katakan.

D. Saya siap mernbantu tanpa memikirkan imbalan yang akan saya terirna.

E. Saya bersifat sabar dan penuh perhatian terhadap orang lain.

10. Akan ada libur nasional yang jatuh pada hari Selasa. Sudah menjadi kebiasaan umum di sebuah instansi pemerintahan, tempat Irma kerja, untuk melakukan bolos massal di hari Senin dengan alasan hari kejepit nasional. Menurut Anda, yang sebaiknya dilakukan oleh Irma adalah

A. Bertanya pada atasan langsung, apakah diizinkan untuk bolos massal di hari Senin.

B. Mempelajari aturan yang berlaku secara nasional dan mengikutinya secara konsisten.

C. Menolak bolos massal di hari Senin karena bertentangan dengan nilai-nilai dalam diri sendiri.

D. Masuk setengah hari di hari Senin, jika kantor sepi maka tidak melanjutkan kerja dan memutuskan pulang.

E. Mengikuti kebiasaan umum untuk bolos massal di hari Senin untuk menjaga toleransi dengan rekan kerja yang lain.

Bagi Anda yang ingin mengunduh soal tes seleksi PPPK kompetensi manajerial paket 1 tahun 2001 dapat memperolehnya pada tautan berikut.

UNDUH SOAL TES SELEKSI PPPK KOMPETENSI MANAJERIAL PAKET 1 TAHUN 2021 LENGKAP

Adapun pembahasan lengkap dan interaktif soal tes seleksi PPPK kompetensi manajerial dapat disimak pada tayangan video berikut.

Demikianlah artikel mengenai soal tes seleksi PPPK kompetensi manajerial paket 1 tahun 2021. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda semua. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: