Struktur Teks Cerita Inspiratif dan Contoh Analisisnya

struktur teks cerita inspiratif
Teks Cerita Inspiratif

Blogdope.com – Halo, Sahabat! Kita kembali bertemu dalam seri artikel tentang teks cerita inspiratif. Pada kesempatan ini kita akan bersama-sama membahas tentang struktur teks cerita inspiratif dan contoh analisisnya.

Pengertian teks cerita inspiratif adalah jenis teks berbentuk narasi yang menyajikan suatu inspirasi atau keteladanan bagi banyak orang.

Sedangkan jika kita berbicara mengenai tujuan, teks cerita inspiratif memiliki tujuan untuk menggugah keinginan seseorang agar berbuat baik.

Dengan demikian sah adanya jika teks cerita inspiratif terkenal juga dengan sebutan istilah cerita keteladanan atau cerita penuh hikmah.

Sebagaimana jenis-jenis teks yang lainnya, teks cerita inspiratif pun memiliki bagian-bagian dan unsur-unsurnya tersendiri.

Adapun unsur-unsur dari teks cerita inspiratif tersebut kemudian kita sebut dengan struktur teks cerita inspiratif.

Secara umum, struktur teks cerita inspiratif terdiri atas empat bagian, yaitu:

Pertama, orientasi

Kedua, komplikasi

Ketiga, resolusi

Keempat, koda

Baca Juga:

Kebahasaan Teks Cerita Inspiratif dan Contoh Soalnya yang Tepat

Uraian di bawah ini akan menjabarkan struktur teks cerita inspiratif lengkap dengan contoh analisisnya yang tepat.

Pembahasan Struktur Teks Cerita Inspiratif

1. Orientasi

Bagian orientasi merupakan salah satu unsur dari struktur teks cerita inspiratif yang baku. Pada bagian ini berisi pengenalan terhadap peristiwa, tokoh, atau latar cerita.

Sementara latar cerita yang menjadi obyek dapat berupa latar waktu, latar tempat, dan juga latar suasana.

2. Komplikasi

Komplikasi merupakan bagian struktur teks cerita inspiratif yang memuat penggambaran permasalahan yang dihadapi oleh tokoh utama. Adapun bentuk permasalahan tokoh utama tersebut dapat berupa konflik batin maupun konflik fisik dengan tokoh lainnya.

Selain itu, komplikasi dapat juga berupa insiden atau bagian yang menceritakan peristiwa dan kejadian yang terjadi pada tokoh.

3. Resolusi

Struktur teks cerita inspiratif berikutnya adalah resolusi.

Resolusi merupakan bagian yang di dalamnya memuat tahapan penyelesaian masalah. Peristiwa atau permasalahan yang berkembang sebagai bagian dari rangkaian peristiwa dan berlanjut dengan komplikasi menjadi kendur pada tahap resolusi.

4. Koda

Sementara itu, Koda merupakan bagian akhir atau bagian penutup dari sebuah teks cerita inspiratif. Pada bagian kesimpulan dan pesan moral dari keseluruhan cerita tersebut.

Simak Juga Artikel Berikut Ini : Cara Mudah Mengidentifikasi Teks Cerita Inspiratif yang Tepat

Contoh Analisis Struktur Teks Cerita Inspiratif

Berikut ini admin sajikan contoh analisis struktur teks cerita inspiratif yang tersaji berdasarkan urutan strukturnya.

1. Orientasi

Sultan Hasanuddin salah satu pahlawan dari Indonesia yang sangat kental dengan keberaniannya dalam membela bangsa ini dan mayoritas dari kita pun mengenal beliau dengan sebutan “Ayam jantan dari Timur”.

Beliau adalah sosok seorang pahlawan yang jasanya tidak akan pernah dilupakan oleh seluruh masyarakat Indonesia yang telah mengenal beliau.

Kita mengenal Hasanuddin pun melalui pendidikan kita saat di sekolah.

Sultan Hasanuddin lahir pada tanggal 12 Januari 1631 di Makassar, Sulawesi Selatan. Beliau merupakan putra dari Raja Gowa ke-15, yang bernama Manuntungi Daengattola Karaeng Lakiyung Sultan Malikulsaid.

Sultan Hasanuddin terlahir dengan namaI Mallombasi Muhammad Bakir Daeng Mattang Karaeng Bonto Mangape.

Nama tersebut merupakan pemberian dari seorang mursyid tarekat Baharunnur Baalwy Sulawesi Selatan sekaligus merupakan seorang guru tarekat dari Syeikh Yusuf dan Hasanuddin.

Beliau bernama Syeikh Sayyid Jalaludin Bin Muhammad Bafaqih Al-Aidid.

Sultan Hasanuddin merupakan anak kedua dari pasangan Sultan Malikussaid dengan I Sabbe To’mo Lakuntu yang merupakan putri dari bangsawan Laikang.

Hasanuddin memiliki saudara perempuan yang bernama I Patimang Daeng Nisaking Karaeng Bonto Je’ne.

Artikel Populer:

2. Komplikasi

Sultan Malikussaid selaku ayah dari Sultan Hasanuddin di angkat menjadi Raja Gowa ke-15 pada tanggal 15 Juni 1639 setelah menggantikan Sultan Alauddin, yang bukan lain adalah kakek dari Sultan Hasanuddin.

Pengangkatan ayahnya menjadi Raja Gowa dilakukan ketika Hasanuddin masih berumur 8 tahun.

Selama kepemimpinan ayahnya sebagai Raja Gowa yang ke-15, Hasanuddin sering di ajak untuk menghadiri perundingan hal-hal penting.

Ini dilakukan oleh Malikussaid dengan tujuan agar Hasanuddin belajar mengenai ilmu pemerintahan, diplomasi, dan juga strategi perang.

a. Sultan Hasanuddin sebagai Raja Gowa Ke-16 sering diajak oleh ayahnya untuk menghadiri perundingan membuat Hasanuddin memiliki pengetahuan mengenai pemerintahan.

Pada bulan November 1653 ketia Hasanuddin berusia 22 tahun, ia diangkat sebagai Raja Gowa yang ke-16 untuk menggantikan ayahnya.

Pengangkatan tersebut merupakan pesan dari ayahnya sebelum meninggal dan karena Hasanuddin memiliki sifat yang gagah berani serta memiliki pengetahuan mengenai pemerintahan, maka pesan tersebut disetujui oleh Mangkubumi kerajaan pada saat itu, yaitu Karaeng Pattingaloang.

Setelah menaiki tahta menjadi seorang Raja Gowa, ia mendapatkan gelar tambahan yaitu Sultan Hasanuddin Tumenanga Ri Balla Oangkana, hanya saja kita lebih mengenal beliau dengan nama Sultan Hasanuddin.

Masa pemerintahan Sultan Hasanuddin, kerajaan Gowa merupakan kerajaan besar di wilayah timur Indonesia yang menguasai jalur perdagangan.

Tepat pada masa pemerintahan yang dipimpin oleh Hasanuddin, Belanda yang dalam hal ini terwakili oleh Kompeni sedang berusaha untuk menguasai perdagangan rempah-rempah yang ada di sana.

b. Perjuangan yang dilakukan Sultan Hasanuddin Ketika Sultan Hasanuddin menjabat sebagai Raja Gowa.

Belanda mencoba untuk menguasai perdagangan rempah-rempah di wilayah timur Indonesia. Belanda melarang orang Makassar berdagang dengan musuh Belanda seperti Portugis dan lainnya.

Larangan tersebut ditolak keras oleh Sultan Hasanuddin, yang memiliki prinsip hidup sama seperti yang dimiliki oleh kakek dan ayahnya, yaitu bahwa Tuhan menciptakan bumi dan lautan untuk dimiliki dan dipakai secara bersama-sama.

Karena menentang usaha monopoli Belanda, maka Belanda berusaha untuk menghancurkan Kerajaan Gowa.

3. Resolusi

Pada tahun 1666, di bawah pimpinan Cornelis Speelman, kompeni berusaha untuk menundukan kerajaan-kerajaan kecil. Namun, masih belum berhasil untuk menundukkan Kerajaan Gowa.

Di lain pihak setelah Hasanuddin naik tahta, beliau berusaha untuk menggabungkan kekuatan kerajaan-kerajaan kecil di Indonesia bagian timur untuk melawan kompeni.

Kompeni terus melakukan perbaikan dan penambahan kekuatan pasukannya hingga membuat Kerajaan Gowa melemah.

Akhirnya terdesak pada tanggal 18 November 1667 bersedia mengadakan Perdamaian Bungaya di Bungaya.

Perjanjian tersebut merugikan pihak Kerajaan Gowa. Hal tersebut membuat Sultan Hasanuddin melakukan perlawanan kembali yang membuat kompeni meminta bantuan kepada tentara Batavia.

Pertempuran terus berlangsung, kegigihan dan keberanian dari Sultan Hasanuddin membuatnya mendapat julukan De Haantjes van Het Oesten yang memiliki “Ayam jantan dari Timur.”

Bantuan dari tentara luar yang membantu para kompeni akhirnya berhasil menembus Benteng Sombaopu yang merupakan benteng terkuat yang ada di Kerajaan Gowa pada tanggal 12 Juni 1669.

Setelah berhasil ditembusnya benteng terkuat yang milik Kerajaan Gowa, pada tanggal 29 Juni 1969, Sultan Hasanuddin turun tahta dan beliau digantikan oleh anaknya, yang bernama Mappasomba Daeng Nguraga yang bergelar Sultan Amir Hamzah.

Kematian Sultan Hasanuddin

Selepas 1 tahun Sultan Hasanuddin turun tahta dari Raja Gowa, pada tanggal 12 Juni 1670, pada usia 39 tahun, Hasanuddin menghembuskan nafasnya yang terakhir.

Kemudan beliau dimakamkan di suatu bukit di pemakaman orang-orang yang pernah menjabat sebagai raja di Kerajaan Gowa di dalam Benteng Kale Gowa di Kampung Tamalate.

Penghargaan untuk Sultan Hasanuddin

Sultan Hasanuddin diangkat sebagai pahlawan nasional pada tanggal 6 November 1973 berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 087/TK/1973.

Artikel Terkait:

Koda

Sebagai seorang pahlawan nasional yang memiliki andil yang sangat besar bagi Indonesia khususnya wilayah timur.

Kita sebaiknya untuk menghormati dan menghargai jasa Sultan Hasanuddin semasa hidupnya untuk menjaga keutuhan wilayah Indonesia.

Demikianlah pembahasan mengenai struktur teks cerita inspiratif dan contoh analisisnya yang tepat. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms: