* Struktur Teks Eksposisi yang Wajib Diketahui - BlogDope.com

Struktur Teks Eksposisi yang Wajib Diketahui

Blogdope.comStruktur Teks Eksposisi yang Wajib Diketahui. Teks eksposisi adalah bentuk tulisan yang bertujuan untuk menjelaskan atau memberikan informasi tentang sesuatu.

Pengertian teks eksposisi adalah teks yang berisi paragraf atau karangan yang di dalamnya terkandung sejumlah pengetahuan dan informasi.

Sebelum membahas lebih lanjut, pastikan Anda telah subscribe email ke blogdope.com agar tetap memperoleh pembaruan artikel dan informasi yang pasti bermanfaat.

Struktur Teks Eksposisi yang Wajib Diketahui

struktur teks eksposisi
Contoh Struktur Teks Eksposisi dan Penjelasannya

Artikel Terkait: 

Penting untuk Dipahami: Pengertian Teks Eksposisi, Ciri-ciri, Jenis, dan Contohnya

Teks eksposisi disajikan secara singkat, padat, akurat, dan tentunya mudah untuk dipahami.

Paragraf dalam teks eksposisi berisfat real, nyata, dan ilmiah. Dapat dikatakan bahwa teks eksposisi merupakan jenis teks nonfiksi.

Ada pendapat yang menyatakan bahwa teks eksposisi adalah jenis atau ragam teks yang memilik fungsi untuk menyampaikan gagasan-gagasan berupa pemikiran tentang sesuatu topik.

Ragam teks eksposisi sering digunakan dalam konteks komunikasi sehari-hari. Baik secara lisan maupun tulisan.

Umumnya, sebuah teks eksposisi dapat dilengkapi dengan grafik, gambar, atau statistik untuk memperjelas uraian.

Tidak jarang pula teks eksposisi berupa uraian tentang langkah atau cara atau proses kerja. Bentuk teks eksposisi yang demikian biasa disebut dengan paparan proses.

Materi pembelajaran teks eksposisi merupakan salah satu tagihan wajib bagi peserta didik. Terutama yang duduk di jenjang kelas VIII SMP semester 1.

Keterampilan dan pengetahuan mengenai teks eksposisi bertujuan agar peserta didik dapat mengidentifikasi, menyimpulkan, menelaah struktur dan kaidah kebahasaan, serta dapat menyajikan teks eksposisi.

Ciri-ciri Teks Eksposisi

Secara umum, ciri-ciri teks eksposisi diantaranya adalah :

Baca : Pengertian Report Text dan Ciri-cirinya

a. Menjelaskan informasi atau pengetahuan tentang sesuatu hal.

b. Gaya informasi yang bersifat memberi tahu atau menyampaikan informasi.

c. Penyampaian menggunakan bahasa baku dan disampaikan secara lugas.

d. Bersifat netral atau tidak memihak.

e. Fakta dipakai sebagai alat konkritasi dan alat kontribusi.

Tujuan Teks Eksposisi

a. Memberikan informasi yang disertai data dan fakta mengenai suatu permasalahan.

b. Mengangkat sebuah permasalahan melalui sudut pandang ilmiah yang disertai dengan teori penunjang dan bukti-bukti ilmiah.

c. Menjelaskan permasalahan tertentu secara terperinci sehingga pembaca dipastikan dapat memperoleh pemahaman yang utuh.

d. Menggambarkan permasalahan yang tengah dibahas secara komprehensif.

e. Menyampaikan data faktual terkait permasalahan tertentu.

f. Mengutarakan pendapat secara obyektif dan bertanggungjawab didasari oleh fakta dan data terkait.

Struktur Teks Eksposisi

struktur teks eksposisi
Contoh Teks Eksposisi dan Strukturnya

Sebuah teks eksposisi tentu memiliki struktur. Adapun struktur penyusun teks eksposisi terdiri atas: 1) judul, 2) pernyataan umum, 3) argumen atau alasan, 4) penegasan ulang.

Berikut penjelasan selengkapnya.

Baca Kembali : Struktur Teks Negosiasi yang Tepat beserta Contoh Telaahnya

1. Judul

Judul teks eksposisi hendaknya menggambarkan sesuatu yang dibahas dalam teks eksposisi. Selain itu, judul hendaknya ditulis dengan singakt, menarik, dan sarat makna.

Perhatikan contoh judul teks eksposisi di bawah ini.

“Dampak Kerusakan Daerah Aliran Sungai”

2. Pernyataan Pendapat atau Tesis

Tesis teks eksposisi adalah pernyataan awal penulis berupa pengenalan isu, masalah, atau uraian tentang topik yang akan dibahas.

Sebuah tesis biasanya berdasarkan pada suatu pernyataan yang nantinya diperkuat dengan serangkaian argumen.

Bagian tesis berfungsi untuk memperkenalkan topik, sekaligus menempatkan pembaca pada posisi tertentu.

Karena dengan teks tesis yang digunakan penulis ingin mengemukakan pendapat. Sehingga pembaca bisa berada pada posisi yang sependapat atau berseberangan dengannya.

Berikut disajikan tesis teks eksposisi.

Daerah aliran sungai di Indonesia kini telah banyak yang mengalami kerusakan. Kerusakan lingkungan pada daerah aliran sungai meliputi kerusakan pada aspek biofisik ataupun kualitas air. Akibatnya, fungsi hidrologis dan peran sungai dalam menjaga keanekaragaman hayati, nilai ekonomi, budaya, transportasi, dan pariwisata akan terganggu.

3. Argumen atau Alasan

Bagian dari teks eksposisi setelah pernyataan pendapat adalah argumen atau alasan. Panjang atau pendeknya bagian ini tergantung pada jumlah argumen yang diperkenalkan oleh penulis.

Sebagian besar argumen telah dinyatakan pada bagian pernyataan umum. Kemudian pernyataan itu disebutkan ulang dan dijabarkan dalam argumen.

Biasanya argumen berbentuk serangkaian paragraf.

Adapun pengembangan argumen menjadi bentuk paragraf ini dilakukan melalui penyajian contoh dan alasan.

Perhatikan contoh paragraf argumen atau alasan dalam teks eksposisi di bawah ini.

Saat ini sebagian Daerah Aliran Sungai di Indonesia mengalami kerusakan sebagai akibat dari perubahan tata guna lahan, pertambahan jumlahpenduduk serta kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pelestarian lingkungan DAS. Gejala Kerusakan lingkungan Daerah Aliran Sungai (DAS) dapat dilihat dari penyusutan luas hutan dan kerusakan lahan terutama kawasan lindung di sekitar Daerah Aliran Sungai kerusakan daerah aliran sungai yang terjadi mengakibatkan kualitas air yang buruk, keruh, juga kondisi debit air sungai menjadi fluktuatif antara musim penghujan dan kemarau. Selain itu, juga penurunan cadangan air serta tingginya laju sendimentasi dan erosi. Dampak yang dirasakan kemudian adalah terjadinya banjir di musim penghujan dan kekeringan di musim kemarau.

Kerusakan daerah aliran sungai juga mengakibatkan menurunnya kualitas air sungai yang mengalami pencemaran yang diakibatkan oleh erosi dari lahan kritis, limbah rumah tangga, limbah industri, limbah pertanian (perkebunan) dan limbah pertambangan.

4. Penegasan Ulang atau Simpulan

Penegasan ulang atau simpulan dilakukan didasarkan pada argumen yang telah disajikan pada bagian sebelumnya.

Pengulangan ini bersifat pilihan, sehingga tidak semua teks eksposisi memilikinya.

Contoh bagian penegasan ulang atau simpulan teks eksposisi sebagai berikut.

Kerusakan daerah aliran sungai di Indonesia telah menjadi masalah yang sangat serius. Kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab akan membawa dampak yang buruk bagi lingkungan. Aliran sungai yang tercemar limbah bukan saja mengakibatkan rusaknya ekosistem sungai, namun akan membawa masalah serius pula pada berbagai sektor kehidupan masyarakat.

Artikel Menarik Lainnya:

Demikianlah uraian mengenai struktur teks eksposisi yang penting untuk diketahui. Admin berharap semoga sajian dan paparan struktur teks eksposisi tersebut dapat menambah luas pengetahuan dan wawasan Anda.

Terima kasih sudah berkenan berkunjung, semoga bermanfaat.

Leave a Reply