Struktur Teks Laporan Hasil Percobaan dan Contoh Analisisnya

Blogdope.com – Struktur teks laporan hasil percobaan dan contoh analisisnya. Pada artikel sebelumnya telah dibahas masalah teks laporan percobaan secara umum, termasuk cara-cara yang mudah dan tepat untuk menulis teks laporan hasil percobaan (Baca: 5 Cara Mudah Menulis Teks Laporan Hasil Percobaan).

struktur teks laporan hasil percobaan
Struktur Teks Laporan Hasil Percobaan dan Contoh Analisisnya yang Tepat

Artikel berikut akan memaparkan secara lengkap struktur teks laporan hasil percobaan dan contoh analisisnya yang tepat.

Pengertian struktur teks laporan hasil percobaan mengarah pada bagian-bagian teks laporan hasil percobaan. Atau dengan kata lain dapat juga bermakna unsur-unsur yang membentuk teks laporan hasil percobaan secara keseluruhan.

Secara umum, fungsi teks laporan hasil percobaan untuk melaporkan hasil percobaan, karya ilmiah, atau laporan praktikum. Adapun tujuan penulisannya ialah untuk memberikan informasi tentang hasil percobaan yang telah berlangsung.

Berbicara tentang sifatnya, teks laporan hasil percobaan bersifat umum.

Isi teks laporan hasil percobaan berwujud paparan tujuan, proses, dan hasil percobaan. Di dalamnya menjabarkan tentang percobaan oleh peneliti.

Baca Juga:

Inilah 5 Cara Mudah dan Tepat Menulis Teks Laporan Hasil Percobaan

Berkenaan dengan sifatnya itulah, maka teks laporan hasil percobaan harus berbentuk baku dan tetap. Siapapun yang akan menulis teks laporan ini harus mengikuti struktur teks laporan yang baku.

Struktur Teks Laporan Hasil Percobaan

Pada paparan sebelumnya telah disampaikan bahwa struktur teks laporan hasil percobaan di antaranya memuat judul, tujuan percobaan, alat dan bahan, langkah-langkah kegiatan percobaan, hasil percobaan, dan kesimpulan.

Penjelasan lengkap untuk tiap-tiap komponen struktur teks laporan hasil percobaan sebagai berikut.

1. Judul

Judul teks laporan hasil percobaan tampil dalam bentuk kalimat yang sederhana dan tertulis tepat di bagian atas tengah kertas. Contoh judul teks laporan hasil percobaan yang tepat misalnya: Hasil Percobaan Membuat Kue Berbahan Baku Kentang.

2. Tujuan

Tujuan percobaan dapat berupa serangkaian pernyataan tentang sasaran kegiatan penelitian. Selain itu, tujuan percobaan dapat juga berupa kalimat pernyataan tentang sasaran kegiatan percobaan atau penelitian.

Kalimat pernyataan tujuan percobaan biasanya mengandung kata kunci memberitahukan, menjelaskan, memaparkan, menginformasikan.

Contoh tujuan percobaan misalnya:

Percobaan ini bertujuan untuk menjelaskan fungsi dan proses kerja prosesor komputer pada arsitektur x86.

Kegiatan percobaan ini bertujuan untuk memberitahukan cara menggunakan sel memori komputer secara optimal.

Kegiatan percobaan ini bertujuan untuk memaparkan fungsi dan proses kerja prosesor komputer pada arsitektur x86.

Percobaan ini bertujuan untuk menginformasikan cara menggunakan sel memori komputer secara optimal.

3. Alat dan bahan

Bagian alat dan bahan pada struktur teks laporan berisi rincian alat dan bahan  selama percobaan. Alat dan bahan percobaan harus tertulis secara jelas dan lengkap, serta menggunakan ukuran yang akurat.

Misalnya:

2 Botol Air Mineral Bekas Ukuran 1500 ml

Pewarna Makanan Biru dan Merah 2 Sachet

Air Secukupnya

4. Prosedur atau langkah-langkah kegiatan

Prosedur atau langkah-langkah kegiatan percobaan biasa juga disebut dengan metode penelitian. Di dalam bagian ini memuat tempat dan waktu percobaan, serta objek percobaannya.

Kalimat dalam prosedur atau langkah-langkah kegiatan percobaan biasanya berupa kalimat perintah halus.

Misalnya:

a. Isilah kedua botol air mineral bekas dengan air yang secukupnya

b. Beri tanda pada botol air mineral bekas,

5. Hasil

Pada bagian hasil percobaan ini mengemukakan hal-hal penting selama kegiatan percobaan, sesuai dengan rumusan tujuan dalam bagian pendahuluan.

Misalnya: Setelah melalui langkah-langkah tersebut, kini teleskop sederhana dapat digunakan untuk mengamati benda-benda di langit, seperti kawah bulan atau pun planet-planet terdekat dengan bumi.

6. Simpulan

Simpulan percobaan merupakan simpulan hasil percobaan, praktikum, atau penelitian. Pada bagian ini berisi pernyataan umum atau generalisasi dari hasil percobaan yang berhasil ditemukan.

Misalnya: “Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sinar matahari berwarna putih dapat berubah menjadi berwarna-warni akibat adanya proses pembengkokan cahaya.”

Selain keenam bagian di atas, suatu laporan hasil percobaan sering pula disertai latar belakang pentingnya percobaan, teori, dan daftar pustaka pada bagian akhirnya.

Artikel Terkait Lainnya:

Pengertian Teks Tanggapan Dilengkapi Penjelasan Struktur dan Contohnya

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan dan Contohnya yang Tepat

Contoh Analisis Struktur Teks Laporan Hasil Percobaan

Berikut contoh analisis struktur teks laporan hasil percobaan yang tepat.

 Percobaan Membuat Teleskop
Tujuan

Agar bisa mengamati benda-benda yang berada di langit, dibutuhkan alat yang canggih yang biasa disebut dengan teleskop. Teleskop adalah sebuah teropong besar yang dipakai di dalam astronomi.

llmu ini mempelajari benda-benda yang ada di langit atau luar angkasa.

Astronomi tidak akan bisa berkembang dengan baik. Hal ini karena banyak orang yang berpendapat bahwa astronomi membutuhkan teleskop yang mahan serta memiliki teknologi yang canggih.

Alat dan Bahan

Lensa objektif LUP / lensa cembung praktikum, biasa dijual di toko alat laboratorium, menggunakan diameter 5 cm.

Pipa PVC dan perlup dengan panjang kurang lebih 30 cm.

Perkakas seperti gergaji dan lem perekat.

Lensa okuler bisa juga dengan membeli lensa di toko alat laboratorium dengan menggunakan diameter 2,5 cm.

Langkah-Langkah Pembuatan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tentukan terlebih dahulu panjang badan teleskop. Dengan menggunakan rumus fisika yang sudah kita ketahui: fob + fok = L.

Potong pipa PVC yang panjangnya sudah diketahui tersebut.

Letakkan lensa objektif ke dalam sambungan pipa, kemudian sambungkan sambungan pipa yang sudah berisi lensa tadi di ujung paling depan pipa PVC yang sudah kamu ukur. Ingat, lensa objektif letaknya harus di depan lensa okuler. Pasangkan perlup di ujung paling belakang pipa.

Teleskop sederhana telah selesai kamu buat.

Hasil

Setelah melalui langkah-langkah tersebut, kini teleskop sederhana dapat berguna untuk mengamati benda-benda di langit, seperti kawah bulan atau pun planet-planet terdekat dengan bumi.

Simpulan

Untuk mengamati benda langit yang jaraknya jauh ternyata tidak selalu harus menggunakan alat yang memiliki teknologi yang sangat canggih. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan biaya yang relatif lebih murah dan sederhana.

Artikel Terpopuler:

Demikianlah pembahasan mengenai struktur teks laporan hasil percobaan dan contoh analisisnya yang tepat. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: