Struktur Teks Persuasi dan Contoh Analisisnya yang Tepat

Simak! Beginilah Struktur Teks Persuasi dan Contoh Analisisnya yang Tepat.

Blogdope.com.com Struktur Teks Persuasi dan Contoh Analisisnya. Teks persuasi merupakan jenis teks yang menjadi tagihan pembelajaran bagi peserta didik kelas VIII SMP MTs.

Salah satu bagian dari materi ajar terkait teks persuasi yang harus dikuasai oleh peserta didik adalah struktur teks persuasi.

Di dalam struktur teks persuasi dibahas pula mengenai bagian-bagian yang terdapat dalam sebuah teks persuasi.

Kaitannya dengan struktur teks persuasi, nantinya akan dibahas hal-hal pokok, yaitu struktur teks persuasi dan contoh analisisnya yang tepat.

Sedangkan tagihan aspek pengetahuan yang harus dituntaskan oleh peserta didik terkait teks persuasi mencakup: identifikasi jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan.

Identifikasi jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan bisa terkait tentang beragam hal positif dari permasalahan aktual dan kontekstual dari teks persuasi.

Paparan pada artikel ini akan membahas secara lengkap struktur teks persuasi dan contoh analisisnya.

Struktur Teks Persuasi

Struktur teks persuasi dapat dimaknai sebagai bagian-bagian yang membentuk keseluruhan teks persuasi.

Biasanya, teks jenis ini selalu diawali dengan pengenalan isu atau masalah yang terjadi, yang kemudian diikuti dengan paparan-paparan beberapa pendapat terkait isu yang dibahas.

Setelah paparan pendapat kemudian diikuti dengan ajakan-ajakan, dan diakhiri dengan bentuk penegasan kembali.

1. Pengenalan isu

Pengenalan isu biasanya diwujudkan berupa pengantar atau penyampaian terkait masalah dan isu yang menjadi dasar disusunnya tulisan atau artikel atau pembicaraan.

Contoh Pengenalan Isu:

Iklim kerja merupakan sesuatu yang berada di sekitar manusia yang dapat mempengaruhi kehidupannya.

Dalam kehidupan manusia, iklim kerja merupakan sebuah kesatuan antara ruang dan benda dan juga kesatuan makhluk hidup di dalamnya termasuk manusia.

Secara utuh, manusia harus memiliki kesadaran bahwa iklim kerja merupakan alat pengembangan kehidupan yang harus selalu dikondisikan agar tercipta suasana yang nyaman.

2. Rangkaian Argumen

Bagian berikutnya dari struktur teks persuasi adalah rangkaian argumen.

Pengertian rangkaian argumen ialah beberapa pendapat yang disampaikan penulis ataupun pembicara yang berkaitan dengan isu yang telah disampaikan pada bagian pengenalan isu.

Bagian rangkuman argumen dapat juga berisi beberapa fakta yang dapat memperkuat pendapat atau argumen yang disampaikan.

Contoh Rangkaian Argumen:

Ekosistem merupakan bagian dari lingkungan hidup yang tidak terpisahkan. Ekosistem itu sendiri merupakan sebuah tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan bentuk utuh suatu kesatuan saling mempengaruhi.

Kesatuan tersebut berfungsi untuk membentuk kesimbangan, stabilitas, dan juga produktivitas lingkungan hidup.

Kategori lingkungan hidup dibedakan menjadi tiga, mencakup: 1) unsur hayati (biotik), 2) unsur sosial budaya, 3) unsur fisik (abiotik).

Penjelasan dari masing-masing unsur tersebut di atas sebagai berikut.

Unsur hayati (biotik) merupakan unsur lingkungan hidup yang di dalamnya terdiri atas makhluk hidup seperti hewan, tumbuhan, jasad renik, dan manusia.

Sedangkan unsur sosial budaya ialah perwujudan lingkungan sosial dan budaya yang dibuat oleh manusia. Unsur ini dapat berupa sistem nilai, tatanan, gagasan, dan juga keyakinan perilaku manusia sebagai makhluk sosial.

Sementara unsur fisik (abiotik) ialah unsur lingkungan hidup yang di dalamnya termasuk makhluk tak hidup. Contohnya ialah tanah, air, cuaca, udara, iklim, dan sebagainya.

3. Pernyataan Ajakan

Bentuk berikutnya dari struktur teks persuasi adalah pernyataan ajakan.

Pernyataan ajakan merupakah bagian pokok dari sebuah teks persuasi. Di dalam pernyataan ajakan dinyatakan dorongan agar pembaca atau pendengar atau audiens secara umum untuk melakukan sesuatu hal yang diinginkan oleh pembicara atau penulis.

Ajakan merupakan serangkaian kata-kata atau perbuatan untuk mengajak atau mengundang.

Secara umum, kita mengenal beberapa bentuk ajakan diantaranya: imbauan, anjuran. Indikator kata yang biasa ditemukan untuk menandai ajakan misalnya: sebaiknya, usahakan, jangan, hindarilah, ayolah, marilah, hendaknya, dan sejenisnya.

Contoh Pernyataan Ajakan

Pengunjung yang akan memasuki lingkungan Rumah Sakit di masa Pandemi ini sebaiknya berpikir lebih cermat sebelum memutuskan.

Pengunjung harus ekstra hati-hati terhadap kemungkinan tertular Virus Covid-19 karena seringkali pihak Rumah Sakit abai terhadap kesehatan pegawainya.

4. Penegasan Kembali

Unsur dalam struktur teks persuasi selanjutnya ialah Penegasan Kembali. Bagian Penegasan kembali menyatakan penegasan atas pernyataan-pernyataan yang disampaikan sebelumnya.

Indikator yang dapat dipergunakan untuk menandai ungkapan penegasan kembali misalnya: demikianlah, oleh karena itulah, dengan demikian, jadi, sehingga, dan lain-lain.

Contoh Ungkapan Penegasan Kembali

Jadi, bagi Anda yang jarang berolah raga, sebaiknya mulai sekarang berpikirlah untuk meluangkan sedikit waktu untuk berolah raga.

Dengan rutin berolah raga meskipun sebentar, kesehatan jasmani dapat menjadi lebih terjamin.

Contoh Analisis Teks Persuasi 

Menjaga Kebersihan Lingkungan

Kota di pinggiran laut seperti Semarang, menyisakan beragam permasalahan kesehatan dan lingkungan.

Upaya termudah yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan adalah dengan perilaku membuang sampah pada tempatnya.

(Pengenalan Isu)

Seringkali ditemukan pada saat musim penghujan terjadi genangan atau bahkan limpahan air yang diakibatkan oleh penumpukan sampah di pintu-pintu air.

Sampah-sampah tersebut menutupi aliran air, sehingga meluap ke tempat-tempat sekitarnya.

(Rangkaian Argumen)

Semakin banyak sampah yang menutupi aliran air, maka sumbatan juga semakin besar. Sehingga saat hujan tiba dapat menyebabkan terjadinya banjir.

(Rangkaian Argumen)

Pemerintah tidak jemu-jemunya untuk mengajak masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

(Pernyataan Ajakan)

Jadi, Kebersihan lingkungan bukan hanya menjadi kewajiban pemerintah, melainkan juga kewajiban setiap individu.

(Penegasan Ulang)

 

Baca

  • Struktur dan Kebahasaan Teks Persuasi yang Tepat Lengkap
  • Menyimpulkan Isi Teks Persuasi dengan Teknik yang Mudah
  • Jenis-Jenis Teks Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs
  • Kebahasaan Teks Persuasi dan Contoh Analisisnya yang Tepat

Untuk memperdalam pemahaman mengenai analisis struktur teks persuasi dapat mengunduh Contoh Analisis Struktur Teks Persuasi lainnya.

Demikian paparan terkait Struktur Teks Persuasi dan Contoh Analisisnya yang TepatSekiranya artikel ini bermanfaat silahkan bagikan atau share.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: