* Tupai, si Imut Berwajah Lucu dengan Aneka Fakta Unik dan Menarik

Tupai, si Imut Berwajah Lucu dengan Aneka Fakta Unik dan Menarik

Blogdope.comTupai, si Imut Berwajah Lucu dengan Aneka Fakta Unik dan Menarik. Sebagian besar dari kita mungkin mengenal tupai sebagai binatang yang merugikan. Ia banyak berkeliaran di berkebunan dan memakan buah, terutama kelapa.

Tetapi tahukah Anda, ternyata binatang imut dan lucu ini menyimpan aneka fakta unik dan menarik?

Tupai, si Imut Berwajah Lucu dengan Aneka Fakta Unik dan Menarik

fakta unik tupai
Tupai, Binatang Imut Berwajah Lucu dengan Segudang Fakta Unik

Artikel Terkait: Edelweis, Bunga Lambang Keabadian dengan Serangkaian Fakta Unik dan Menarik

Tupai termasuk ke dalam kelompok hewan mamalia. Bentuk tubuhnya kecil dengan wajah yang lucu dan terkesan menggemaskan.

Dimensi tubuh tupai termasuk mungil. Bentuknya kecil dan ramping. Panjang kepala dan tubuh tupai berkisar 15 cm. sedangkan panjang ekornya sekitar 18 cm.

Ekor tupai menjuntai dibelakang tubuhnya, memanjang sampai ke atas punggung. Selain itu, ekor tupai juga berukuran lebar, tegak, berumbai. Bahkan di beberapa jenis panjang ekor tupai hampir menyampai panjang tubuhnya.

Sumber makanan utama tupai adalah kacang dan buah-buahan. Tetapi terkadang ia juga memakan aneka tumbuhan dan serangga berukuran kecil.

Kepandaian memanjat yang dimiliki oleh tupai tak perlu dipertanyakan lagi. Selain pandai memanjat, tupai juga memiliki indera penglihatan, pendengaran, dan penciuman yang sangat baik.

Di seluruh dunia terdapat setidaknya 278 spesies. Hampir di setiap benua kita dapat menjumpai spesies tupai. Habitat hidup alami tupai berada di dataran tropis, kawasan hutan hujan, daerah semi kering, sampai ke padang pasir.

Hanya di daerah kutub saja kita tidak atau jarang menjumpai spesies tupai ini.

Secara umum, tupai banyak ditemukan di hutan-hutan di benua Eropa dan Amerika Utara. Di Indonesia, tupai banyak ditemukan di Pulau Kalimantan atau Borneo.

Kita patut berbangga, karena berdasarkan beberapa penelitian menyatakan bahwa pulau Kalimantan kemungkinan merupakan pusat beragamnya spesies tupai.

Berikut ini beberapa fakta unik dan menarik seputar tupai yang admin sarikan dari beragam sumber.

Baca Juga : Mengenal Orangutan, si Kera Besar Asli Asia dengan Berbagai Fakta Unik dan Menarik

Ragam Fakta Unik Tupai

Fakta 1 – Tupai Tidak Sama dengan Bajing

Meskipun secara fisik kedua binatang ini memiliki kemiripan, tetapi tupai tidak sama dengan bajing. Secara ilmiah, hubungan kekerabatan tupai dengan bajing sangatlah jauh.

Tupai termasuk segolongan mamalia berukuran kecil yang memangsa serangga. Sehingga dahulu tupai dikategorikan ke dalam bangsa Insectivora atau pemakan serangga. Satu keluarga dengan cerurut.

Sedangkan keluarga bajing, termasuk bajing terbang masuk dalam golongan Rodentia atau hewan pengerat. Bajing memiliki kesamaan keluarga dengan tikus.

Hewan bajing inilah yang dikenal orang sebagai hama kelapa.

fakta tupai
Tupai Termasuk Keluarga Hewan Insectivora

Baca Juga :

Cantiknya Burung Merak dengan Warna-warni Bulu dan Segudang Fakta Unik Lainnya

Fakta 2 – Menghindari Predator dengan Berlari Zig-zag

Hewan-hewan memiliki cara yang berbeda-beda untuk menghindari hewan pemangsa atau predator. Demikian halnya dengan tupai.

Gerakan lari zig-zig yang dilakukan oleh tupai merupakan mekanisme perlindungan diri dari incaran predator.

Pada saat merasa terancam oleh keberadaan predator, tupai akan berlari dengan cara zig-zag. Strategi berlari zig-zag oleh tupai ini sangat tepat untuk melarikan dari serangan elang maupun predator alami tupai lainnya.

Fakta 3 – Kelembutan Bulu Ekor Tupai Menyerupai Selimut

Ekor tupai menjadi salah satu daya tarik yang membuat tupai banyak menjadi hewan yang diburu. Ciri khas tupai berupa ekor panjang yang menjuntai di atas punggungnya. Ekor tupai ini ternyata juga memiliki fungsi dalam kehidupannya.

Bulu ekor tupai sangat lebat dan berfungsi menyerupai selimut saat musim dingin. Dapat juga difungsikan menyerupai payung pada saat musim hujan.

Selain itu, ekor tupai ternyata juga membantu binatang ini menjaga keseimbangan saat melompat. Di samping juga dapat berfungsi sebagai alat komunikasi.

Fakta 4 – Tupai Ahli Menyembunyikan Makanan

Fakta unik tupai berikutnya terkait dengan keahliannya menyembunyikan makanan. Tahukah Anda, ternyata tupai sangat pandai menyembunyikan kacang dan bahan makanan lainnya selama musim dingin?

Dengan nalurinya, tupai akan melakukan berbagai cara melindungi persediaan makanannya dari incaran hewan lain. Termasuk dari sesama tupai.

Terkadang tupai melakukan aktivitas menggali lubang baru yang sulit dijangkau untuk menipu hewan lain. Terutama jika lubang tempat persediaan makanannya telah ditemukan oleh hewan lain.

Fakta 5 – Tupai Berjuluk Hewan Penidur

Selain fakta-fakta unik tupai yang telah admin sampaikan di atas, tupai memiliki satu fakta unik yang benar-benar menarik.

Apakah itu?

Faktanya, tupai adalah hewan yang sangat menyukai tidur. Bahkan selama musim dingin tiba, tupai banyak menghabiskan waktunya untuk tidur.

Bahkan, tupai mampu tidur sampai 20 jam lamanya setiap hari!

Saking lamanya tidur, ketika bangun seekor tupai akan menjadi sangat aktif. Sehingga suatu saat ia akan merasa sangat lelah.

fakta unik seputar tupai
Keunikan Tupai si Kecil Pengerat yang Hobi Tidur

Baca Juga : Beragam Fakta Unik dan Menarik di balik Keindahan Bunga Teratai

Fakta 6 – Penglihatan Tupai Sangat Tajam

Kemampuan penglihatan yang dimiliki oleh tupai sangatlah tajam. Ia dapat melihat apa saja yang berada di sekitarnya, bahkan dengan tanpa menggerakkan kepala.

Sebaliknya, kemampuan tupai untuk mengenali warna tidak cukup baik. Bahkan termasuk buruk. Oleh karena itulah, pada mata tupai terdapat lensa kuning.

Bagian lensa kuning pada mata tupai berfungsi sebagai kacamata hitam alami untuk menghindari sinar matahari.

Fakta 7 – Tupai Rajin Menyikat Gigi

Berbeda dengan jenis hewan lainnya yang hampir tidak pernah membersihkan mulut dan giginya sehabis makan. Tupai ternyata memiliki kebiasaan yang sangat baik.

Ia akan menyikat giginya dengan teratur!

Tupai selalu membersihkan giginya karena sering ia gunakan untuk mengunyah makanan. Sedangkan alat yang dipakai oleh tupai untuk menyikat giginya adalah ranting pohon.

Di samping menjadi alat untuk sikat gigi, ranting pohon ternyata juga dapat digunakan untuk mempertajam gigi tupai. Dengan kata lain tupai mengasah ketajaman giginya menggunakan ranting pohon.

Baca Juga :

Nah, itulah rangkaian fakta unik seputar tupai yang sangat menarik untuk kita ketahui. Binatang imut berwajah lucu ini membuktikan kebesaran kuasa Tuhan serta keadilan-Nya.

Akhirnya admin berharap semoga postingan fakta unik tupai ini dapat menambah luas pengetahuan dan wawasan Anda.

Pastikan Anda telah subscribe email ke blogdope.com agar tidak ketinggalan update artikel-artikel terbaru.

Terima kasih.

Leave a Reply